Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merawat Kucing Anggora Dengan Baik Untuk Pemula

Cara Merawat Kucing Anggora

 Cara merawat kucing anggora sebenarnya tidak lah sulit seperti yang dibayangkan. Jangan pernah beranggapan bahwa merawat kucing anggora ini ribet. Kalau dirawat dengan baik dan benar maka semuanya akan baik - baik saja.

Bagi pemula yang baru pertama kali memelihara kucing import ini, Jangan khawatir!!! Dengan mengikuti panduan yang ada dibawah ini. Nantinya kamu akan paham bagaimana cara memelihara kucing anggora yang baik dan benar. Langsung saja simak beberapa panduan berikut ini.

Cara Merawat Kucing Anggora Bagi Pemula Dengan Baik

Sebelum memelihara kucing anggora, ada beberapa hal yang harus kamu sediakan. Merawat kucing ras ini tidak sama seperti pada saat melihara kucing kampung. Anggora membutuhkan perawatan yang lebih ekstra dan tidak sembarangan. Adapun hal yang harus kamu sediakan berupa :

1. Kandang

Yups,, kandang sangat dibutuhkan ketika hendak memelihara hewan, khususnya kucing. Jika tidak ada kandang, maka kucing kamu akan leluasa liar, apalagi ia belum mengenali lingkungan dan si pemiliknya.

Untuk itu kamu harus sediakan kandang khusus kucing yang bisa kamu beli di petshop terdekat. Nantinya kamu bisa mengurungnya didalam kandang agar kamu tidak kehilangannya. 

2. Sediakan pasir kucing dan wadah pakan

Saat membeli kandang, jangan lupa juga untuk membelikan pasir kucing dan wadah pakannya sekalian. Fungsi pasir ini ialah untuk menetralisirkan pup kucing agar tidak bau. 

3. Makanan Kucing

Untuk menunjang pertumbuhan kucing. Kamu perlu membelikan makanan kucing yang bergizi serta bernutrisi yang cukup. Kamu bisa membaca artikel yang berjudul ''9 Makanan Kucing Terbaik Dan Murah Penuh Dengan Nutrisi''. Diartikel tersebut kamu akan mendapatkan refrensi sebelum memutuskan membeli makanan kucing yang cocok untuk anggora kamu.

Setelah menyediakan apa yang diperlukan diatas. Selanjutnya kita akan masuk ke pembahasan tentang perawatan kucing anggora dengan baik dan benar.

1. Sering Melakukan Interaksi Dengan Kucing Anggora

Saat sudah mengadopsi kucing anggora. Kamu harus rajin berinteraksi kepadanya agar ia mengenali kamu sebagai pemiliknya. Interaksi sangat diperlukan agar pemilik dan kucing saling mengenal satu sama lainnya.

Ada banyak cara berinteraksi yang bisa dilakukan diantaranya ialah sering memanggil namanya, mengelus bulunya, bermain dengannya dan menggendongnya. Lakukan hal tersebut agar anggora menjadi cepat jinak.

2 Beri kucing peliharaan nama

Kucing peliharaan kamu wajib diberi nama nih. Setelah diberi nama, kamu harus memanggilnya dengan nama panggilannya agar ia terbiasa. Jika sudah terbiasa, maka ia akan selalu mendekat apabila dipanggil dengan nama yang telah diberikan.

3. Memandikan secara rutin

cara memandikan kucing anggora di rumah
Gambar awkitty.com
Memandikan kucing anggora secara rutin sangat baik untuk menjaga kebersihannya. Kamu bisa melakukannya sendiri dirumah tanpa harus membawa ke salon hewan. Namun jika tidak paham cara memandikannya, sebaiknya bawa saja langsung ke salon hewan terdekat. 

Biasanya petshop juga menyediakan jasa untuk memandikan hewan. Kamu bisa menanyakan secara langsung dengan mendatangi petshop yang dekat dengan tempat tinggal kamu. Hal ini juga termasuk salah satu cara merawat bulu kucing agar tetap terlihat lebat.

4. Rajin memotong kuku

Ketika kukunya sudah terlihat panjang. Kamu harus rajin memotongnya secara perlahan. Buat suasana senyaman mungkin ketika ingin memotong kukunya. Jika belum berani, kamu bisa menggunakan jasa salon hewan agar masalah ini dapat diatasi.

Kuku yang kotor dan hitam akan membawa banyak sekali bakteri penyakit. Hal ini tentu sangat mengancam kesehatan kucing yang bisa dibilang sangat rentan.

5. Menyisir bulu

cara merawat bulu kucing

Bulu yang lebat merupakan salah satu ciri khas dari kucing anggora. Disini kamu juga harus rajin menyisirnya secara perlahan agar bulunya tertata rapi. Kamu bisa menggunakan sisir khusus kucing yang dapat dibeli ditoko hewan terdekat.

6. Membersihkan telinga kucing

Telinga kucing juga harus diperhatikan minimal dua minggu sekali. Jika telinga sudah mulai terlihat kotor, sebaiknya segera membersihkannya. Untuk membersihkan telinganya, kamu bisa menggunakan cuttonbud serta baby oil. Lalu bersihkan secara perlahan dan lakukan dengan senyaman mungkin. 

7. Menyikat gigi kucing

Agar terhindar dari penyakit periodontal. Maka sebagai pemilik juga harus rajin untuk menyikat gigi kucing peliharaan. Menyikat gigi kucing bisa dilakukan setelah memandikannya. Gunakan sikat khusus yang banyak dijual di toko online ataupun petshop.

8. Menjaga kesehatan 

Kesehatan kucing anggora juga harus diperhatikan. Jika mengalami gejala sakit. Maka segeralah membawanya kedokter hewan terdekat agar dapat di tangani dengan segera. Menjaga kesehatannya bisa dimulai dari rutin membuang kotorannya yang berada pada kandang.

9. Pemberian Makan

makanan kucing anggora

Berikan makanan kucing yang paling disukainya. Dan pastikan kucing anggora kamu tidak alergi dengan makanan yang diberikan. Ada banyak makanan kucing yang bisa kamu pilih sesuai refrensi yang sudah saya berikan diatas. 

Jika ia alergi dengan makanan yang diberikan, segeralah untuk membawanya ke dokter hewan. Dan jangan pernah memberi makanan yang dapat memicu alerginya. Berikan makanan yang mengandung protein tidak kurang dari 40%.

10. Berikan lingkungan yang nyaman

Cara Merawat Kucing Anggora

Buatlah suasana kucing menjadi nyaman ketika berada di lingkungannya. Sediakan beberapa mainan agar ia selalu aktif bergerak. Nantinya ia akan senantiasa bermain jika terdapat mainan yang diberikan kepada nya.

Kucing anggora merupakan kucing yang suka memanjat. Dia akan lebih suka memanjat pada rak-rak yang ada di sekitarnya. Sebagai pemiliki harus sesering mungkin melakukan interaksi terhadap kucing peliharaannya. Luangkanlah sedikit waktu untuk bersama kucing kesayangan agar hubungan pemilik dan si kucing menjadi lebih dekat.

Bagaimana, sudah taukan cara merawat kucing anggora dengan baik dan benar. Lakukanlah sesuai arahan diatas agar kucing menjadi sehat dan terawat.

Post a Comment for "Cara Merawat Kucing Anggora Dengan Baik Untuk Pemula"