Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memandikan Kelinci Dengan Baik Dan Benar

Cara Memandikan Kelinci

 Mungkin sebagian orang berpikir "bolehkah kelinci dimandikan'' ? ''apa resiko memandikan kelinci'' ? Jawabannya boleh dan tidak ada resiko. Asal kan kamu tau cara memandikan kelinci dengan baik dan benar. 

Namun, sebelum memandikan kelinci peliharaan. Kamu harus tau terlebih dahulu umur kelinci yang akan di mandikan. Kelinci yang bisa dimandikan minimal berumur 5 bulan keatas, untuk jenis kelinci hias. 

Untuk jenis kelinci lokal, umur 3-4 bulan sudah boleh dimandikan. Jika anda ragu, lebih baik memandikan kelinci ketika sudah berusia 6 bulan. Pada usia tersebut, kelinci sudah cukup tahan jika ingin dimandikan.

Bagi kamu yang ingin mencoba memandikan kelinci peliharaan. Jangan takut !!! Ikutin saja panduan yang ada dibawah ini.

Cara Memandikan Kelinci Dengan Benar, Jangan Sampai Salah Yaa !!!

Sebelum kelinci dimandikan. Terlebih dahulu kamu harus menyiapkan perlengkapan mandi kelinci seperti, bak mandi, shampoo, handuk, sisir, cutton buds dan baby oil. Setelah semua sudah disiapkan, maka kita bisa memulai memandikan kelinci yang kita miliki.

1. Mempersiapkan air hangat

Agar kelinci mau dimandikan. Kamu harus menyediakan air hangat terlebih dahulu. Pastikan kondisi air tidak terlalu panas agar tidak merusak lapisan kulit badannya.

2. Memasukan kelinci ke dalam bak mandi secara perlahan

Memasukan kelinci tidak boleh dilakukan secara langsung, melainkan secara perlahan lahan. Hal ini bertujuan agar kelinci tidak terkejut dan tidak panik pada saat di mandikan.

Mulailah dengan membasuh badannya terlebih dahulu secara merata. Lalu kemudian, masukan kelinci dalam bak mandi secara perlahan. Apabila kelinci melawan saat dimandikan, jangan pernah memaksanya. Kamu bisa membuat ia tenang terlebih dahulu. Lalu masukan kembali ke dalam bak mandinya.

3. Mulai menyiram kelinci


Setelah kelinci sudah berendam di dalam bak. Langkah selanjutnya ialah mulai menyiram nya dengan perlahan. Siram bagian badan secara merata. Namun ingat, jangan sampai air masuk ke dalam telinga kelinci, ya..!

4. Pemberian shampo kelinci

Tidak hanya kucing saja, kelinci juga memiliki shampo khusus untuk membersihkan kotoran kutu bahkan bakteri sekalipun yang menempel pada bulu bulunya. Kamu bisa memberikan sedikit pijatan kecil kepadanya pada saat memberi shampo.

Jangan lupa juga, untuk membersihkan sela sela dan juga telinga kelinci dengan menggunakan cutton bud yang sudah di lumasi oleh baby oil secara perlahan.

5. Bilas hingga bersih

Langkah selanjutnya yaitu cara membersihkan kelinci dari pemberian shampo. Kamu wajib membilas busa shampo yang menempel pada kelinci sampai bersih dan tidak bersisa. Ingat, pastikan semua area yang diberi shampo sudah benar benar bersih.

6. Keringkan tubuh kelinci tanpa hair dryer

Setelah kelinci di bilas hingga bersih. Maka kamu harus mengeringkan tubuhnya menggunakan handuk kecil. Pastikan seluruh tubuhnya kering. Bila perlu kamu bisa menggunakan 2 handuk ketika handuk pertama sudah terasa basah.

Jangan mengeringkan dengan hair dryer jika tidak mengerti cara menggunakannya. Karena hal tersebut dapat merusak bulunya jika salah dalam penggunaanya.

7. Memotong kuku kelinci

Bila perlu, kamu bisa memotong kuku kelinci atau sekedar membersihkan kotoran kuku yang menempel. Hal ini bertujuan agar kelinci terlihat lebih bersih. Tak hanya itu, kuku yang kotor biasanya terdapat kuman yang bisa menyebabkan kelinci terserang penyakit.

Jika kamu tidak berani memandikan kelinci sendiri dirumah. Tenang saja, kamu masih bisa menyewa jasa grooming hewan yang ada di daerah tempat kamu tinggal. Cara memandikan kelinci ini bisa kamu terapkan pada semua jenis kelinci seperti anggora, kelinci lokal, kelinci new zealand dan jenis lainnya. 

Baca jugaJenis jenis kelinci anggora, lokal, pedaging hingga termahal

Post a Comment for "Cara Memandikan Kelinci Dengan Baik Dan Benar"