Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri Ciri Kucing Persia Flatnose Asli Dan Mix Kampung

Ciri Ciri Kucing Persia

 Bingung ya, bagaimana cara mengenali ciri ciri kucing persia flatnose asli ? Gak perlu bingung, karena disini saya akan memberikan beberapa ciri yang identik dengan keaslian dari kucing persia ini. Untuk itu baca sampai habis artikel ini ya...

Kucing persia salah satu hewan peliharaan yang populer di banyak negara, salah satu nya Indonesia. Peminat kucing ini juga sangat banyak, terutama pada kaum hawa. Hari demi hari tentunya ada saja yang berminat mengadopsi nya.

Sebab, kucing persia memiliki bulu yang lebat, hidung pesek serta tubuh yang mencapai bobot hingga 12 kg. Hal ini yang membuatnya memiliki penampilan yang lucu serta tubuh yang buntal.

Namun masih banyak yang bingung nih, bagaimana sih mengenali ciri ciri kucing persia yang asli. Yuk langsung saja simak penjelasan dibawah ini.

Bagaimana Ciri Ciri Kucing Persia Flatnose Asli ?

Kucing persia memiliki beberapa ciri ciri yang dapat dengan mudah dikenali. Kucing ini berasal dari negara Iran dan merupakan ras kucing domestik yang memiliki bulu lebat dan hidung yang pesek atau biasa disebut dengan flatnose. Bulu lebat dan panjangnya tersebut merupakan sebuah mutasi alamiah. 

Hal ini lah yang membuat seorang bangsawan asal Italia membawanya ke Eropa pada tahun 1620-an. Dan kucing ini menjadi satu-satunya kucing pertama di Eropa yang memiliki bulu yang panjang. Adapun ciri ciri lainnya, bisa kamu baca dibawah ini.

1. Warna bulu 

Umumnya kucing persia memiliki bulu berwarna putih. Namun banyaknya kawin silang dengan jenis kucing lain membuat nya memiliki banyak warna bulu seperti solid color, silver color and golds, shaded and smoke, particolor, bicolor, tabbies dan himalaya.

2. Bulu yang lebat

Ciri yang kedua adalah memiliki bulu yang lebat dan lembut saat di sentuh. Bulu yang ia miliki juga terlihat menutupin seluruh anggota tubuh nya.

3. Bagian kepala dan muka

Kucing persia memiliki kepala yang terlihat lebih besar di bandingkan dengan kebanyakan jenis kucing lainnya. Selain itu, kucing ini memiliki pipi yang cubby dan hidung yang pesek. Maka tak heran ia juga di juluki sebagai kucing peaknose.

4. Bagian mata

bagian mata kucing persia

Kucing persia memiliki bola mata bulat dan sedikit lebar. Warna matanya bervariasi, umumnya kucing persia yang belum bermutasi memiliki warna mata kecoklatan. Namun untuk jenis kucing persia himalaya memiliki bola mata berwarna biru. 

Hal ini di sebabkan dari hasil kawin silang dengan kucing siam yang memiliki bola mata berwarna biru.

5. Telinga

Walau memiliki tubuh yang buntal dan kepala yang cenderung besar. Namun kucing ini memiliki telinga yang kecil. Ntah itu ketutupan oleh bulu yang lebat sehingga terlihat kecil atau memang kucing ini memiliki telinga yang kecil dan tidak terlalu panjang.

6. Kaki

Tidak seperti kucing lain pada umumnya. Di balik tubuh yang buntal ternyata kucing persia memiliki kaki yang pendek. Hal ini yang membuat kucing ini terlihat unik dan lucu.

7. Cakar

Kucing persia memiliki ukuran cakar yang sedikit besar dan sangat kokoh. Jika di perhatikan terdapat lima jari pada bagian depan dan empat jari pada bagian belakang.

8. Ekor kucing persia

Ekor kucing persia ini panjangnya hampir setengah dari ukuran tubuhnya. Bulu ekor nya juga sangat lebat dan juga lembut. Namun pada kucing persia anakan ekor yang di miliki tidak lah begitu panjang seperti saat dewasa.

Itulah 8 ciri - ciri yang terdapat pada kucing persia flatnose yang asli. Namun, bagaimana ciri kucing persia mix kampung ? Yuk lihat cirinya dibawah ini ...

Ciri-Ciri Kucing Persia Mix Kampung

Ciri-Ciri Kucing Persia Mix Kampung

Jika kucing persia di kawinsilangkan dengan kucing kampung. Maka anaknya akan terlihat sangat berbeda dengan jelas. Adapun ciri cirinya sebagai berikut.

1. Bagian ekor

Biasanya, pada bagian ekor anakan kucing hasil kawinsilang akan mengikuti jejak si persia. Dalam arti bulu ekor tersebut memiliki bulu yang lebat.

2. Warna bulu

Nantinya mixdome (mix domestik) ini akan memiliki warna bulu dari salah satu indukannya. Jika warna pada bulunya mengikuti si persia. Maka dipastikan anakan tersebut akan memiliki penampilan yang cantik.

3. Tubuh yang sedikit gemuk namun pendek

Nantinya anakan tersebut akan memiliki tubuh sedikit lebih buntal dibanding kucing kampung pada umumnya. Lalu anakan tersebut umumnya juga memiliki tubuh yang pendek mengikuti kucing persia.

4. Bagian mata

Pada bagian mata akan terlihat jelas perbedaannya. Umumnya kucing mix kampung nantinya akan memiliki bola mata yang sedikit lebih gelap dari persia asli. Atau bisa juga mengikuti warna mata seperti indukan dari kucing kampungnya.

5. Warna corak

Semua orang tentu sudah mengetahui bagaimana corak warna pada kucing kampung. Begitu juga nantinya kucing mix kampung ini. Biasanya anakan tersebut akan memiliki corak yang sama seperti kucing domestik/kampung pada umumnya.

6. Bulu yang sedikit lebat dan lembut

Nah disini, anakan kucing tersebut akan memiliki bulu yang berbeda dari kucing kampung yang ada. Disini ia akan mendapatkan bulu yang sedikit lebat dan juga lembut mengikuti dari si persia. 

Bagaimana ? sudah taukan cara membedakan kucing persia asli dengan kucing mix kampung. Sebenarnya perbedaan dari keduanya sangat mencolok jika anakan memiliki corak warna seperti pada kucing kampung. Namun hal ini bisa saja membuat bingung, ketika anakan memiliki warna yang persis mengikuti dari si persia. 

Jadi sebelum mengadopsinya, maka perhatikan ciri kucing tersebut dengan sangat teliti. Agar nantinya kamu tidak salah dalam memilih kucing yang sedang kamu cari. Sebelum menutup pembahasan ini. Saya akan memberikan beberapa karakter atau sifat dari kucing persia ini, seperti yang sudah saya ulas dibawah ini.

Sifat Dan Karakter Kucing Persia

Kucing juga memiliki sifat dan karakter yang berbeda. Beda jenis beda pula karakter yang dibawakan. Maka untuk itu, sebagai pecinta kucing, kamu harus tau terlebih dahulu karakter dari kucing persia ini. Jika belum tau, maka kamu bisa membaca ulasan dibawah ini.

Dikenal santuy dan ramah

Sifat Dan Karakter Kucing Persia
Gambar oleh MorriganMagie dari Pixabay

Kucing ini type yang sangat ramah dan pendiam. Sifat dari persia ini adalah kucing yang suka dimanja. Persia dikenal sangat santai. ia lebih suka bersantai dari pada harus banyak bergerak. Jika ingin memelihara kucing untuk selalu berada dirumah. Kucing persia ini sangat cocok sebagai pilihannya. Ia tidak akan pernah bosan jika selalu dikurung di dalam rumah saja. 

Selain itu, persia ini sangat senang dengan suasana rumah yang tenang.  Jadi sangat tidak cocok mengadopsinya ketika suasana rumah terlalu bising. Kucing ini bahkan jarang sekali bisa di ajak bermain. Karena pada dasarnya ia memang tidak terlalu aktif seperti ras kucing lainnya.

Tidak banyak menuntut

Seperti penjelasan diatas, kucing ini terkenal santuy. Jadi ia tidak banyak menuntut kepada tuan nya. Walaupun begitu, kucing ini sangat mengenali tuan nya. Dia lebih senang di perhatikan dengan belaian pada bulunya. 

Kucing ini akan banyak menghabiskan waktu untuk tidur dan bermalas-malasan. Walaupun kucing persia ini tidak rewel, sebagai pemilik tentunya harus memperhatikan kesehatan serta memastikan makanan kucing selalu tersedia.

Kurang cerdas

Beberapa orang menganggap kucing persia ini salah satu kucing pemalas dan bodoh. Hal ini tidak lah terjadi pada semua ras kucing persia. Hanya sebagian orang saja yang menilainya seperti itu.

Tetapi kucing ini bukan lah hewan pemburu yang baik. Bahkan ada seseorang yang mengajak kucing persia peliharaan nya untuk bermain sesuatu. Tetapi ia mengatakan bahwa kucing nya bukan tidak ingin bermain. Tetapi memang kucing tersebut tidak mengerti cara bermain nya. 

Bersahabat

Sifat Dan Karakter Kucing Persia
Gambar oleh Andreas Roth dari Pixabay

Bagi sebagian orang bersahabat dengan kucing sangat menyenangkan. Terlebih kucing tersebut selalu berperilaku santai dan baik. Adakalanya kucing mau menyakar tuan nya ketika sedang bermain. Hal ini berbanding terbalik dengan kucing yang satu ini. Ia tidak akan melukai tuan nya dan akan selalu menjaga sikap tenang dan ramah. 

Terlebih kucing ini memang sangat senang diangkat serta di elus setiap saat. Sangat cocok jika dipelihara oleh wanita yang sayang terhadap kucing.

Kesimpulan

Jika ingin memiliki kucing yang ramah dan santai. Maka kucing ini bisa menjadi salah satu kategori sebagai hewan peliharaan yang baik. Walaupun begitu ada juga beberapa kasus yang berbanding terbalik dengan karakter kucing ini.

Baca jugaJenis jenis kucing peliharaan di Indonesia

Sampai sini dulu pembahasan kita mengenai ciri ciri kucing persia dan mix kampung ini. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan kita semua dalam mengenali perbedaan antara kedua kucing tersebut.


Post a Comment for "Ciri Ciri Kucing Persia Flatnose Asli Dan Mix Kampung"