Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Ikan Cupang Hias Termahal Dan Gambarnya

Jenis Ikan Cupang Hias

 Pada artikel kali ini saya akan membahas jenis ikan cupang hias termahal beserta gambarnya. Mungkin diantara kalian masih banyak yang belum paham dengan berbagai macam ikan cupang yang ada saat ini. Untuk mengetahui itu semua, kamu bisa simak ulasan yang ada dibawah ini.

Jenis Ikan Cupang Hias Dan Gambarnya

Umumnya, cupang hias dipelihara karena keindahannya. Saat ini, cupang menjadi salah satu ikan air tawar yang banyak dikoleksi. Harga yang ditawarkan pun beragam. Mulai dari yang termurah hingga termahal, dilihat dari jenisnya. Apa saja jenis ikan cupang hias tersebut ? Kamu bisa mendapatkan jawabanya dibawah ini. 

Ikan cupang siam

Ikan cupang siam

Ikan cupang siam termasuk salah satu cupang hias yang peminatnya juga tidak bisa dibilang sedikit. Dengan harga yang tidak terlalu mahal, menjadikanya salah satu jenis yang banyak diminati. Cupang siam ini juga memiliki corak warna dan bentuk ekor yang berbeda beda.

Ikan cupang siam sisir

Ikan cupang siam sisir

Ikan cupang siam sisir ini memiliki penampilan yang sangat unik. Keunikan nya terletak pada bagian ekor yang berbentuk seperti halnya sebuah sisir. Maka tak heran jika orang Medan menyebutnya dengan sebutan ikan laga siam sisir.

Pada masanya, ikan ini sempat menjadi primadona. Namun saat ini, jarang sekali orang yang memelihara ikan cupang siam sisir ini. Tidak tau alasannya mengapa. Mungkin sudah banyak jenis cupang import yang beredar saat ini. Dan menjadi primadona baru. 

Ikan cupang double tail

Ikan cupang double tail

Ikan ini memiliki keunikan tersendiri. Keunikan tersebut bisa dilihat pada bagian ekornya yang terlihat ganda. Ikan cupang hias double tail saat ini bisa dibilang sulit di dapat dipasaran. Selain itu harga nya juga bisa dibilang cukup mahal.

Ikan cupang Halfmoon

ikan cupang Halfmoon

Nama ikan ini diambil dari bagian ekor nya yang membentuk seperti huruf D. Jika diamati, maka bagian ekornya terlihat seperti bentuk setengah bulan. Ikan cupang halfmoon juga memiliki banyak peminat serta warna nya pun sangat bervarias karena memang memiliki ekor serta sirip yang indah.

Harga ikan ini sangat beragam. Harganya bisa semakin mahal jika memiliki warna serta kualitas yang bagus. Ikan cupang halfmoon memiliki beberapa jenis yang dibedakan sesuai warna. Ada ikan cupang halfmoon rosetail, blue avatar, blue super red dan masih banyak jenis lainnya.

Ikan Cupang Aduan

Di Indonesia, ikan cupang untuk aduan biasanya disebut dengan ikan katong. Namun saat ini sudah banyak di perjualbelikan ikan sejenis katong dengan corak yang lebih menarik. Banyak orang yang menyebutnya dengan sebutan ikan cupang plakat. 

Cupang plakat dikenal berasal dari thailand. Walaupun ikan ini memiliki sifat petarung sejati. Namun corak pada tubuhnya menjadikannya banyak orang tertarik. Sehingga sayang jika untuk diadu. Karena akan merusak corak yang ada pada tubuhnya.

Ikan cupang katong

Ikan cupang katong

Katong merupakan ikan cupang aduan terganas yang paling diidolakan. Ikan cupang ini rajanya kalau untuk dijadikan sebagai aduan. Orang Medan menyebutnya dengan sebutan ikan laga katong. Untuk peminatnya jangan ditanya lagi.

Namun, jarang sekali ikan katong ini dijadikan sebagai ikan hiasan. Hal ini dikarenakan ia memiliki corak yang biasa saja. 

Ikan cupang padi/sawah

Ikan cupang padi/sawah

Mungkin sebagian orang sangat asing jika melihat ikan cupang aduan ini. Walau tidak seganas ikan katong, namun ikan ini juga bisa diadu. Untuk menemukannya sangat mudah. Biasanya ia sering dijumpai di areal persawahan. Uniknya ikan ini terlihat pucat ketika berada di sawah, hampir tidak ada warna. Tetapi ketika menjumpai lawan nya, maka ia akan berubah warna menjadi cokelat dan beberapa corak lainnya.

Ikan ini tidak banyak peminatnya. Adapun peminatnya tak lain adalah dari kalangan anak - anak sekolah dasar. Namun sekarang, ikan cupang ini sudah sulit ditemukan dibeberapa daerah.

Ikan cupang koi galaxy

Ikan cupang koi galaxy

Sesuai dengan nama nya. Ikan cupang hias yang satu ini memiliki corak yang hampir sama dengan ikan koi pada umumnya. Banyak orang menyebutnya dengan sebutan cupang koi. Walaupun penampilan nya seperti ikan katong, namun ikan ini memiliki corak yang indah sehingga ia pantas dijadikan sebagai ikan cupang hiasan saja.

Ikan cupang plakat

Ikan cupang plakat

Kata plakat sendiri di dapat dari bahasa Thailand yang berarti tarung. Ikan aduan ini tidak jauh berbeda dengan jenis katong diatas. Hanya saja ikan ini memiliki corak yang indah dan beragam. Sayang rasanya jika dijadikan sebagai ikan aduan. 

Apalagi ketika ikan ini dihadapkan dengan ikan sejenis. Maka corak yang ada pada tubuh akan terlihat sangat jelas.

Ikan cupang fancy

Ikan cupang fancy

Ikan cupang fancy juga salah satu jenis cupang hias aduan yang berasal dari thailand. Jika diamati, ikan hias ini memiliki corak yang tidak jauh berbeda dengan ikan cupang koi galaxy. Ikan ini juga banyak dipelihara sebagai ikan hiasan saja. Harganya pun cukup beragam, dari yang termurah hingga mahal sekalipun.

Jenis Ikan Cupang Hias Termahal

Walaupun hanya sebagai ikan hias. Namun siapa sangka harga ikan cupang ini bisa mencapai jutaan hingga puluhan rupiah. Dengan nilai harga segitu, tentu peminat dari ikan ini bukan lah orang sembarangan. Para kolektor ikan hias mau membayar mahal jika ia tertatik dengan ikan cupang tersebut.

Apalagi ikan tersebut berhasil memenangkan kontes warna di event tingkat nasional maupun international. Adapun ikan cupang hias termahal saat ini diantaranya.

Ikan cupang blue rim 

Ikan cupang blue rim

Cupang blue rim merupakan salah satu cupang termahal yang memiliki tampilan yang sangat cantik, unik dan juga rapi. Karena memiliki tampilan yang cantik, tak heran jika ikan ini sering di ikut sertakan dalam kontes ikan cupang hias. 

Lihat saja corak warna biru yang terdapat pada sirip maupun ekornya. Terlihat rapi satu sama lainnya. Selain itu, blue rim juga memiliki warna tubuh yang polos. Namun warna tersebut tidak pucat, melainkan warna putih susu yang unik.

Ikan cupang avatar

Ikan cupang avatar

Jenis ikan cupang termahal selanjutnya adalah ikan cupang avatar. Awalnya ikan ini hanya memiliki 2 varian warna saja yaitu hitam dan biru. Namun kini sudah banyak para breder yang berhasil mengkawinsilangkan sehingga bermunculan warna mutasi yang sangat beragam. 

Saat ini ikan cupang avatar cukup ngetrend dikalangan pecinta ikan hias. Sehingga ikan ini memiliki nilai bisnis yang cukup menguntungkan. Harganya pun dibilang cukup mahal untuk saat ini.

Itulah jenis ikan cupang hias termahal yang ada saat ini beserta gambarnya. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan kita semua. 

Post a Comment for "Jenis Ikan Cupang Hias Termahal Dan Gambarnya"