Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

17 Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium Termurah Hingga Termahal

Jenis ikan hias air tawar

 Memelihara ikan hias pada sebuah aquarium merupakan sebuah hal yang sangat positif. Hal ini juga sangat membantu dalam melepas penat ketika seharian bekerja. Ada banyak jenis ikan hias air tawar yang bisa kamu pelihara. Bahkan ada juga beberapa jenis yang dapat hidup tanpa oksigen sekalipun.

Perawatannya juga bisa dibilang tidak begitu mahal. Hanya saja ada beberapa jenis yang memang membutuhkan filter dan aerator sebagai oksigennya. Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui jenis dan harga ikan hias air tawar ini. Langsung saja simak ulasan yang ada dibawah ini.

Jenis Ikan Hias Air Tawar Untuk Aquarium Beserta Harganya 

Dibawah ini ada sekitar 17 jenis ikan hias yang mungkin saja kamu menyukainya. Ikan hias ini terdiri dari ikan yang termahal, termurah, tercantik dan juga langka. Penasaran ? Yuk lihat jenisnya dibawah ini.

Ikan hias discus

ikan hias discus, gambar ikan hias discus
Gambar ikan hias discus

Discus merupakan salah satu ikan hias yang berasal dari Amazon, Amerika Selatan. Uniknya ikan ini memiliki bentuk seperti sebuah potongan kentang. Ikan discus memiliki sirip yang memanjang dan matanya berwarna merah. Ukurannya bisa mencapai panjang sekitar 15-25 cm.

Ikan ini termasuk ikan yang hidup berkelompok. Jadi kamu disarankan memeliharanya lebih dari satu dalam sebuah aquarium. Selain itu, ikan ini juga membutuhkan sebuah oksigen agar dapat bertahan hidup. 

Jika ingin lebih jauh mengetahui ikan discus ini. Kamu bisa membaca artikel yang berjudul Ikan discus : cara merawat, makanan dan jenisnya

Harga ikan discus sangat bervariasi dilihat dari jenis dan juga besar kecil dari ikan itu sendiri. 

Ikan hias rainbowfish 

Ikan hias rainbowfish

Ikan rainbowfish atau biasa disebut dengan ikan pelangi ini merupakan salah satu ikan hias air tawar yang dapat dijumpai di daerah Papua dan juga Australia. Ikan ini juga sangat bersahabat dengan jenis ikan lainnya. Sehingga kamu dapat mencampurnya dengan jenis ikan lain dalam satu aquarium.

Namun sayang, keberadaan ikan ini cukup langka. Sehingga sangat jarang terlihat di toko - toko ikan. Untuk harga dari ikan ini juga sangat bervariasi dari segi jenisnya. 

Bala shark

Bala shark

Tidak segarang namanya, ikan ini memiliki ukuran tubuh yang bisa di bilang sedang. Jika dilihat secara sekilas, bentuk tubuhnya seperti ikan hiu pada umumnya. Walaupun terdapat nama hiu, bukan berarti ia akan menjadi predator di aquarium. Perawatan juga bisa dibilang mudah karena bala shark ini dapat tinggal di air yang bersuhu normal. Serta dapat mengkonsumsi fitoplankton atau serangga kecil disekitarnya.

Harga ikan ini terbilang cukup murah, mulai dari 7 ribu - 20 ribu per ekornya.

Ikan black ghost

Ikan black ghost

Ikan hias unik ini berasal dari sungai - sungai yang ada di sekitar Amazon. Jika dilihat, penampilan dari ikan ini terlihat menyeramkan. Karena memiliki bentuk yang unik serta warna yang hampir keseluruhan berwarna hitam pekat. Sebagian orang menyebutnya dengan sebutan ikan penari balet.

Jika diperhatikan, gerakan dari ikan black ghost memang seperti sedang menari. Kelebihan dari ikan hias aquarium ini ialah sangat mudah dalam perawatannya. Bagi pemula sangat cocok jika ingin memelihara ikan ini.

Selain itu, ikan ini juga dapat dicampur dengan jenis ikan lainnya. Namun ia juga membutuhkan oksigen agar dapat bertahan hidup lebih lama. Harga ikan ini cukup murah, mulai dari 10 ribu - 20 ribu per ekornya.

Ikan guppy

Ikan guppy

Ikan guppy atau gobi merak masih sangat populer untuk dijadikan ikan hias pada aquarium kecil. Walaupun bentuk tubuhnya kecil, namun ia memiliki ekor yang lebar dengan berbagai motif yang cantik. Selain itu, ikan ini dapat dengan mudah berkembang biak tanpa oksigen sekalipun. 

Harga ikan guppy ini bisa dibilang paling murah diantara jenis ikan hias lainnya. Yaitu berkisar antara 5 ribu - 10 ribu rupiah per ekornya.

Ikan neon tetra

Ikan neon tetra

Ikan yang memiliki nama ilmiah aracheirodon innesi ini berasal dari sungai Amazon. Menariknya neon tetra, mampu memancarkan cahaya terang jika dalam ruangan yang redup. Ikan ini hidup secara kelompok dan memiliki ukuran yang kecil. Sampai saat ini, neon tetra masih menjadi pilihan ikan aquarium tercantik.

Jika ingin meminangnya, kamu hanya perlu mengeluarkan kocek sebesar 5 - 10 ribu untuk per ekornya.

Ikan swordtail

Ikan swordtail

Ikan hias yang paling banyak dipelihara selanjutnya adalah swordtail/ikan mas pedang. Ciri khas dari ikan ini ialah memiliki sehelai ekor bagian bawah yang memanjang seperti pedang. Namun ekor panjang tersebut hanya ada pada ikan yang berjenis kelamin jantan saja. 

Ikan ini sangat mudah untuk berkembang biak. Dan termasuk salah satu jenis ikan yang bisa dicampur dengan ikan kecil lainnya. Harganya juga sangat bervariasi tergantung dari jenis ikan itu sendiri.

Ikan botia

Ikan botia

Ikan botia termasuk jenis ikan hias air tawar dari family Cobitidae. Ikan ini paling cocok dipelihara pada aquarium yang memiliki ukuran cukup besar. Sebab ia mampu tumbuh dengan ukuran yang cukup besar. Ikan ini memiliki beberapa jenis yang populer, di antaranya ikan botia macan, badut, morleti, dan botia India. 

Terdapat dua jenis ikan botia yang berasal dari Indonesia yaitu ikan botia macan dan botia badut. Kedua jenis ini merupakan spesies ikan botia yang paling banyak di minati sampai saat ini.

Ikan komet 

Ikan komet

Ikan komet merupakan salah satu ikan yang paling banyak dipelihara untuk menghiasi aquarium. Salah satu alasan orang memeliharanya karena harganya yang murah dan  dapat beradaptasi di segala lingkungan. Selain itu, ikan ini juga dapat digabungkan berdampingan dengan jenis ikan hias lainnya. 

Taukah kamu, bahwa ikan komet merupakan jenis ikan mas koki tertua yang ditemukan dikawasan Amerika Serikat pada tahun 1980-an. Ikan ini memiliki banyak jenis, diantaranya ikan mas komet sara, komet slayer, komet yellow, komet hitam putih dan masih banyak jenis lainnya.

Ikan mas koki

Ikan mas koki

Siapa yang tidak mengenal ikan yang satu ini. Hampir di setiap aquarium yang di temui pasti ada yang memeliharanya. Mas koki ini sangat populer dijadikan sebagai ikan peliharaan aquarium. Hal ini di karenakan ia memiliki tubuh yang buntal dan terlihat lucu. 

Bagaimana tidak, ikan bertubuh buntal ini memiliki warna yang cantik serta tubuh yang menggemaskan. Selain itu, mas koki juga terdapat berbagai jenis, yang dimana setiap jenisnya memiliki penampilan yang menarik. 

Selain itu perawatannya juga mudah. Namun, ikan ini juga membutuhkan oksigen agar ia selalu dalam keadaan sehat.

Ikan molly

Ikan molly

Ikan molly termasuk ikan yang sangat mudah berkembang biak dan juga mudah dalam perawatannya. Ikan bertubuh buntal ini memiliki warna yang bervariasi, ada hitam, kuning, putih dan lain sebagainya. Molly juga dapat hidup di akuarium tanpa menggunakan oksigen dan aerator.

Tiger barb 

Tiger barb

Sesuai dengan nama nya, ikan ini memiliki corak warna layak nya seekor harimau. Ikan yang berasal dari Sumatera dan Kalimantan tersebut. Termasuk salah satu ikan yang hidup secara berkelompok. Ikan ini sangat menyukai makanan seperti cacing darah, daphnia, hingga artemia. Jika ingin lebih praktis, bisa memberikan pakan berupa pelet saja. 

Ikan Louhan

Ikan Louhan

Louhan adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang sangat terkenal pada masanya. Saat ini louhan sudah mulai jarang diminati. Ikan hias predator ini memiliki bentuk kepala yang sangat khas, yaitu terdapat benjolan pada kepala nya. Semakin dewasa, maka benjolan pada kepala louhan juga ikut membesar. Harga ikan ini juga bisa dibilang fantastis, pada masa nya. 

Ikan arwana

Ikan arwana

Ikan arwana juga memiliki daya jual yang cukup mahal. Walaupun harganya terbilang mahal, tetapi ikan hias predator yang satu ini tetap banyak diminati para pecinta ikan hias. Dan kebanyakan yang memeliharanya adalah masyarakat dari kalangan atas. 

Bisa dibilang ikan arwana ini salah satu ikan air tawar termahal. Tak sedikit pula yang beranggapan bahwa ikan arwana  mampu membawa keberuntungan bagi yang memeliharanya. 

Baca jugaIkan arwana : jenis, cara merawat dan fakta menariknya

Ikan buntal/Dwarf Pufferfish

Ikan buntal/Dwarf Pufferfish

Ikan satu ini asalnya dari negara India. Dwarf pufferfish menyukai kehidupan yang menyendiri. Walaupun memiliki ukuran yang kecil, tetapi ia termasuk ke dalam kategori ikan predator yang pintar dan juga aktif. 

Ikan Manfish

Ikan Manfish

adalah jenis ikan hias air tawar yang banyak di temui pada toko ikan. Manfish juga sangat mudah dipelihara karena bisa disatukan dengan jenis ikan hias lainnya. Terdapat banyak sekali pilihan warna yang bisa di pilih sesuai selera. Harganya pun tidak terlalu mahal dan tidak membuat kantong kamu jebol.  

Ikan oscar

Ikan oscar

Jenis ikan predator sungai Amazon ini memiliki penampilan yang terlihat seram dan sangat agresif. Ikan oscar merupakan salah satu type ikan yang suka menyendiri. Perawatan ikan ini tidak jauh beda dengan louhan. Jika akuarium sudah terlihat kotor maka segeralah untuk membersihkan nya. 

Itu lah jenis ikan hias air tawar aquarium yang termurah hingga termahal. Namun ingat, tidak semua jenis ikan diatas dapat dicampur dengan ikan lainnya. Sebab ada beberapa ikan predator yang hanya dapat dipelihara menyendiri pada satu aquarium saja.

Post a Comment for "17 Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium Termurah Hingga Termahal"