Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Jenis Kucing Peliharaan Di Indonesia

Jenis Jenis Kucing

 Jenis jenis kucing peliharaan yang populer di Indonesia memang sangat menarik untuk dibahas. Kucing merupakan hewan peliharaan yang setiap hari bisa kita temui. Baik itu dijalan, sekitar rumah, maupun ditempat umum sekalipun.

Di Indonesia sendiri, kucing menjadi hewan peliharaan paling populer. Ada beberapa ras kucing yang sering dipelihara diantaranya kucing anggora, persia, kucing kampung dan masih banyak jenis lainnya. 

Asal Mula Kucing di Indonesia

Penasarankan asal mula kucing di Indonesia ? Kucing kampung atau kucing domestik yang setiap saat kita temui di Indonesia merupakan hasil perkawinansilang antara jenis ras kucing lainnya. Sebagian para peneliti tentang hewan kucing berpendapat. Bahwa kucing kampung berasal dari keturunan kucing afrika.

Awal mulanya kucing afrika ini dikawinsilangkan dengan kucing lokal. Dan hasil dari kawin silang tersebut dibawa keliling dunia. Alasan pemilik membawa kucing ini sebagai penjaga kapal dagang dari serangan tikus. Karena kucing tersebut dibawa keliling dunia. Maka disitulah terjadi mutasi gen, dan telah banyak sekali mengalami perubahan. 

Kucing kampung dikenal dengan sebutan Moggy yang artinya tidak memiliki ras. Selain itu mereka juga tidak memiliki karakter dan corak yang spesial. Walaupun begitu kucing ini tersebar diseluruh penjuru dunia salah satunya yakni di Indonesia. 

Ada dua jenis turunan dari kucing liar ini yakni domestic Shorthair (bulu pendek) dan Domestic Longhair (bulu panjang). Domestic longhair umumnya ditemukan pada daerah yang bersuhu dingin. Berbeda dengan domestic shorthair yang sering ditemukan di wilayah tropis seperti di negara Asia Tenggara.

Jenis Jenis Kucing Menurut Ras 

Para pecinta kucing tentu paham akan ras kucing yang dipeliharanya. Namun tidak sedikit pula yang paham akan jenis dari kucing tersebut. Untuk itu, disini saya akan memberikan penjelasan terhadap jenis jenis kucing yang paling sering dipelihara di Indonesia. 

1. Kucing Anggora

kucing anggora

Kucing anggora menjadi salah satu jenis kucing peliharaan yang banyak peminatnya di Indonesia. Kucing anggora berasal dari negara Turki, tepatnya di Ankara.

Anggora ini memiliki beberapa warna dasar seperti putih, cream, hitam, abu-abu, calico dan masih banyak lagi. Karakter kucing anggora ini terbilang sangat lincah, ramah dan juga sangat aktif. Anggora memiliki pergerakan yang sangat cepat sehingga sangat cocok jika kucing ini di ajak bermain atau berburu.

Anggora juga sangat bersahabat dengan ras kucing lainnya, selain itu ia juga dapat bersahabat dengan anjing. Dan pastinya anggora ini sangat penurut kepada pemiliknya. 

2. Kucing Persia

kucing persia

Kucing persia juga banyak di pelihara karena memiliki tampilan yang lucu serta unik. Kucing ini sering dikira sama dengan kucing anggora. Padahal antara persia dan anggora jelas sangat berbeda. Kucing persia merupakan satu - satunya jenis kucing flatnose atau berhidung pesek. Jika diamati wajahnya dari samping, maka akan terlihat seperti datar saja. 

Jika kucing jenis ini dikawinkan dengan ras kucing lain. Maka keturunannya akan mengalami beberapa perubahan seperti, hidung yang sedikit mancung, memiliki warna bulu baru, bentuk tubuh yang sedikit lebih ramping dan beberapa perubahan lainnya. 


Biasanya kucing persia disilangkan dengan kucing siam dan akan menghasilkan ras baru yaitu kucing persia himalaya. 

3. Kucing Himalaya

Jenis kucing himalaya

Seperti yang sudah dijelaskan diatas. Kucing siam himalaya merupakan hasil persilangan antara kucing persia dan kucing siam. Kucing himalaya ini biasanya di tandai dengan terdapatnya beberapa pola warna yang ada pada bagian tubuh. 

Biasanya pola warna ini di temukan pada bagian hidung, kaki, kuping dan ekor. Selain itu ia memiliki ciri seperti kucing persia pada umumnya, seperti gemuk, berbulu lebat dan memiliki kaki yang pendek. 

Tetapi himalaya memiliki hidung yang sedikit lebih mancung di bandingkan kucing persia pada umumnya. Jika dilihat dari sifatnya, kucing ini sangat suka di manja oleh pemiliknya. Jadi sebagai pemilik harus sering mengelus - elusnya pada saat ia berada di pangkuan.

4. Kucing Siam

Kucing siam

Ras kucing yang satu ini tidak lah begitu populer di bandingkan jenis kucing yang ada diatas. Walaupun begitu, jika di silangkan dengan ras persia maka akan menghasilkan keturunan ras baru yaitu himalaya.

Kucing siam memiliki mata berwarna biru. Selain itu ciri khas dari kucing ini ialah terdapat pola warna seperti halnya kucing himalaya. Sebenarnya pola warna dari himalaya terdapat dari ras kucing siam ini.

Kucing siam berasal dari Asia Tenggara tepatnya di Thailand. Sifat dari hewan ini mudah beradaptasi dengan hewan peliharaan lain serta dapat bersahabat baik dengan nya. 

5. Kucing kampung (Si oren)

kucing kampung

Hampir setiap rumah terdapat kucing kampung sebagai peliharaannya. Jika dipelihara dari anakan, maka kucing ini bisa sangat jinak kepada pemiliknya. Bahkan ia juga akan sangat manja dan suka mendekati pemiliknya. Memelihara kucing kampung juga sangat mudah.

Sebagai pemilik hanya perlu memberikan makan berupa ikan, daging dan juga makanan kucing yang banyak dijual ditoko hewan. Mendapatkannya juga tidak terlalu sulit. Sebab kucing ini akan datang jika dirumah terdapat banyak makanan. 

Itulah jenis jenis kucing peliharaan yang populer di Indonesia. Sebenarnya masih ada banyak ras kucing lainnya yang tidak di ulas disini. Selain harganya lebih mahal, jenis kucing lainnya tersebut juga jarang sekali ada yang memeliharanya disini. 

Post a Comment for "Jenis Jenis Kucing Peliharaan Di Indonesia"