Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Jenis Burung Cenderawasih Yang Berhabitat Di Tanah Papua

Jenis Burung Cendrawasih

 Burung cendrawasih merupakan salah satu satwa endemik yang berasal dari Indonesia Timur khususnya papua, Pulau selat torres, Papua nugini dan Australia Timur. Namun, beberapa jenis burung cenderawasih ini telah menjadi satwa endemik yang hanya ditemukan di area kehutanan di Papua. 

Nama cendrawasih sendiri diberikan oleh pemerintah Indonesia untuk jenis burung endemik Papua dan beberapa daerah lain di sekitarnya. Dalam dunia internasional, cendrawasih ini diberi nama sebutan Bird of Paradise.

Mengapa dinamai seperti itu ? Karena kombinasi warna-warna yang menakjubkan seperti biru, merah, hijau, kuning dan bahkan emas yang ada pada bulunya itu benar - benar terlihat sangat indah.

Asal Mula julukan "The Bird of Paradise"

Kehadiran cendrawasih pada saat itu belum dikenal di dunia. Konon katanya, ada anggota dari tim Megelhan yang bernama Antonio Pigafetta melakukan perjalanan untuk berkeliling dunia. Saat itu ia mengunjungi Indonesia, kemudian dia bertemu dengan seorang raja Maluku. Raja tersebut kemudian memberikannya sepotong kulit cendrawasih untuk diberikan kepada raja Spanyol. 

Kemudian Antonio Pigafetta membawanya ke Spanyol pada tahun 1522. Ketika itu ada yang menarik, sovenir itu lebih dari satu bagian. Karena itu, salah satu bagian sovenir juga diberikan kepada seorang uskup(pimpinan gereja setempat) yang bernama Villadolid di Roma untuk mempelajari secara ilmiah.

Para ahli hewan kala itu benar-benar terkejut serta terkagum pada keindahan burung cendrawasih ini, di karenakan kombinasi warna bulu keemasan serta berwarna zamrud. Kemudian, burung cendrawasih ini hanya terlihat seperti mitos bagi orang-orang Eropa. Maka dari itu untuk keindahan burung ini, mereka menamakannya The Bird of Paradise.

Jenis Burung Cenderawasih yang Ada di Papua

Ada beberapa jenis cendrawasih yang merupakan endemik dari Provinsi Papua yang dikenal di dunia dan juga dilindungi. Untuk mengetahuinya kamu bisa membaca ulasan dibawah ini.

1. Cendrawasih kuning kecil

Burung cendrawasih kuning kecil Paradisaea minor
Cendrawasih kuning kecil

Burung cendrawasih kuning kecil (Paradisaea minor) adalah yang paling populer meskipun jumlahnya sangat terbatas. Cendrawasih kecil ini memiliki warna merah dan coklat di bagian belakang serta memiliki mahkota berwarna kuning.

Sementara itu, untuk burung berjenis kelamin jantan memiliki warna hijau di area leher serta terdapat kombinasi warna putih dan kuning di bagian ekornya. 

Habitat burung cendrawasih kuning kecil

Cendrawasih kuning kecil dapat ditemukan hampir seluruh wilayah Papua dan beberapa pulau lain di sekitarnya.

2. Cendrawasih botak

Burung cendrawasih botak
Cenderawasih botak

Cendrawasih botak (Cicinnurus respublica) adalah salah satu burung cenderawasih yang masuk daftar dilindungi. Burung ini berukuran kecil. Panjangnya hanya mencapai 21 cm saja. Cenderawasih botak jantan memiliki ciri-ciri bulu berwarna merah, hitam dan cokelat. Sedangkan bagian tengkuk berwarna kuning, kaki berwarna biru dan terdapat dua bulu ekor berwarna ungu yang melingkar.

Sedangkan burung betina memiliki warna bulu coklat dengan kulit kepala biru muda. Cenderawasih ini dikatakan botak karena pada bagian kepala terdapat kulit yang berwarna biru muda terang dengan pola garis hitam.

Habitat burung cendrawasih botak 

Cendrawasih botak hanya ditemukan pada hutan dataran rendah di pulau Waigeo dan Batanta yang terletak di kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat.

3. Cendrawasih raja

Burung cendrawasih raja
Cenderawasih Raja

Cendrawasih Raja (Cicinnurus regius) memiliki panjang tubuh mencapai 16 cm. Satwa ini memiliki daerah penyebaran di seluruh hutan dataran rendah di pulau Papua dan pulau-pulau terdekatnya. Burung ini termasuk dalam burung cenderawasih terkecil. Dalam bahasa Inggris, ia disebut dengan julukan "living gem". 

Cenderawasih raja jantan memiliki warna merah tua terang dan bagian dada berwarna putih dengan kaki berwarna biru terang. Selain itu juga memiliki dua ekor yang memanjang dan ujungnya berhiaskan uliran bulu berwarna hijau zamrud. 

Habitat burung cendrawasih raja

Tersebar luas diseluruh hutan dataran rendah pulau Papua dan juga pulau terdekatnya. Dialam liar burung ini menyukai makanan seperti buah buahan. 

4. Burung cendrawasih merah

cendrawasih merah

Cendrawasih merah atau red bird of paradise (paradisaea rubra) merupakan satwa endemik yang hanya dapat ditemukan di daerah tertentu saja. Cendrawasih merah ini termasuk dalam satwa yang beresiko punah. Hal ini disebabkan oleh hilangnya habitat hutan yang masih terus berlanjut.

5. Cendrawasih astrapia nigra

cendrawasih astrapia nigra

Burung cendrawasih astrapia nigra saat ini sudah jarang ditemui dan masuk ke dalam daftar burung yang dilindungi. Burung ini hanya dapat ditemui di beberapa tempat saja khususnya di Indonesia bagian Timur.

Cendrawasih ini merupakan burung yang memiliki ukuran tubuh yang besar. Panjangnya saja bisa mencapai 76 cm. ciri ciri burung cendrawasih ini memiliki warna bulu yang sangat beragam, berupa hitam, ungu, perunggu dan hijau. 

Habitat burung cendrawasih astrapia nigra

pegunungan tamarau, habitat burung cendrawasih

Burung ini termasuk salah satu burung endemik dari daerah Papua Barat. Cendrawasih ini berhabitat di daerah pegunungan dengan ketinggian 1700-2250 meter, terutama di daerah pegunungan tamarau.

Dari 5 jenis burung cenderawasih diatas. Cendrawasih manakah yang menurut kamu memiliki penampilan yang sangat menarik dan indah ? Jawab di kolom komentar ya .... 

Post a Comment for "5 Jenis Burung Cenderawasih Yang Berhabitat Di Tanah Papua"