Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membedakan Jenis Kelamin Lovebird Secara Akurat

Membedakan Jenis Kelamin Burung Lovebird


  Cara membedakan jenis kelamin burung lovebird bukan lah perkara yang sulit. Pada kesempatan kali ini saya akan mengajak kamu untuk mengetahui cara membedakan lovebird jantan dan betina ini. Untuk itu ikuti terus ulasan yang ada dibawah ini sampai selesai.

Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina

Disini saya akan berbagi pengetahuan saya dalam melihat perbedaan lovebird jantan dan betina. Semoga tulisan saya ini dapat dipahami dengan cepat.

1. Dari supit urang

                                    cara membedakan lovebird jantan dan betina


Supit urang merupakan tulang yang terletak di dekat dubur lovebird. Tulang supit urang dapat dirasakan dengan cara diraba secara perlahan. Terdapat dua tulang yang menonjol yang dapat kita rasakan. Biasanya burung lovebird jantan memiliki supit urang yang rapat serta keras dan juga tajam. ketika diraba pasti akan terasa tajam dan keras.

Sebaliknya pada lovebird betina, biasanya ketika diraba supit urang sedikit lebih renggang, lembek dan tidak setajam burung jantan. Cara ini memiliki persentase sekitar 60% kebenarannya, tak sedikit pula banyak orang yang terkecoh dengan supit urang ini. 

2. Berat badan

Cara membedakan lovebird jantan dan betina juga dapat dilakukan dengan merasakan berat badannya. Burung lovebird jantan umumnya memiliki berat badan yang ringan saat di genggam. Sebaliknya jika lovebird betina di genggam, maka berat badan akan terasa lebih berisi jika dibanding burung jantan. Cara ini memiliki persentase 50% atau fifty fifty. 

3. Bentuk ekor

                                    cara membedakan lovebird jantan dan betina    


Perbedaan lovebird jantan dan betina juga dapat dilihat dari pola ekor atau bentuk ekor si lovebird. Biasanya lovebird jantan memiliki bentuk ujung ekor yang lancip. Sedangkan bentuk ekor lovebird betina terlihat sedikit lebar. Lihat contoh pada gambar diatas.

4. Bentuk paruh

                                    cara membedakan lovebird jantan dan betina


Ada yang beranggapan bahwa membedakan lovebird jantan dan betina dapat dilihat dari bentuk paruhnya. Ciri lovebird jantan memiliki bentuk paruh lebih runcing dan juga kecil. Sebaliknya pada burung betina, paruh terlihat lebar dan tidak meruncing. Namun cara ini sangat sulit dilakukan oleh para pemula.

5. Lobang hidung

Membedakan lovebird melalui lobang hidung sangat sulit dilakukan. Sebab, cara tersebut tidak selalu tepat, bahkan sering meleset. Walaupun begitu banyak juga para penghobi yang melakukan cara ini dan dinilai cukup akurat. Akan tetapi bagi saya cara ini sangat sulit dilakukan.

6. Bentuk sayap

                                    cara membedakan lovebird jantan dan betina    


Cara yang satu ini bisa dibilang sangat mudah. Cukup memperhatikan lovebird ketika ia sedang tenang. Perhatikanlah pada ujung sayapnya, jika lovebird tersebut jantan biasanya memiliki sayap yang menyilang antara kiri dan kanan. Pada lovebird betina, posisi sayap nya terlihat rata. Namun ada yang beranggapan ketika sayap lovebird menyilang itu pertanda bahwa lovebird tersebut sedang dalam mental yang bagus.

7. Bentuk kepala

                                    cara membedakan lovebird jantan dan betina


Selanjutnya ciri lovebird jantan dan betina dapat diketahui dengan melihat secara detail bentuk kepalanya. Cara ini sering juga saya lakukan dalam melihat perbedaan lovebird jantan dan betina. Jika lovebird jantan, biasanya memiliki bentuk kepala yang rata. Sedangkan betina, terlihat lebih bulat. Butuh ketelitian dalam membedakan dengan cara yang satu ini.

8. Menggunakan cincin emas

                                    cara membedakan lovebird jantan dan betina


Ternyata cincin emas dapat membedakan jenis kelamin lovebid jantan dan betina. Caranya ikat cincin emas dengan menggunakan tali. kemudian pegang lovebird dan tempatkan cincin tepat diatas kepala lovebird. Nantinya ada reaksi dari cincin seperti penjelasan gambar diatas.

Melihat Perbedaan Lovebird Jantan dan Betina Dari Tingkah Laku

Selain dengan melihat dari ciri fisik. Kamu juga bisa membedakan lovebird jantan dan betina dengan cara hanya memperhatikan tingkah lakunya.

1. Membawa bahan sarang

cara membedakan lovebird jantan dan betina
Lobvebird betina sedang membawa sarang

Perilaku membawa bahan sarang bisa dijadikan patokan dalam menentukan jenis kelamin lovebird. Biasanya lovebird betina lebih aktif dalam membawa bahan sarang dibanding lovebird jantan. Burung jantan lebih banyak menghabiskan waktu diatas glodok/tempat bertelur.

2. Saat bertengger

                                        cara membedakan lovebird jantan dan betina


Saat lovebird sedang bertengger berduaan. Kamu bisa melihat bagian kaki lovebird saat bertengger. Biasanya lovebird berjenis kelamin jantan akan merapatkan kaki saat bertengger. Sebaliknya lovebird betina akan merenggangkan kakinya saat bertengger.

3. Ketika sedang overbirahi

cara membedakan lovebird jantan dan betina
Lovebird betina overbirahi

Overbirahi terjadi ketika lovebird ingin melakukan perkawinan dengan pasangannya. Lovebird jantan yang birahi ia akan terlihat menganggukan kepala serta menggaruk kepala sambil berbunyi tek tek tek. Sedangkan burung betina akan membuka sayap dan menaikan ekor seperti halnya sebuah pesawat. Cara ini ccukup akurat dan saya sangat mengandalkan cara ini dalam membedakan lovebird jantan dan betina.

4. Sifat menggigit

Sifat suka menggigit jari secara spontan lebih dominan dimiliki oleh lovebird betina dibanding lovebird jantan yang terlihat jarang sekali menggigit jari secara spontan pada saat dipegang.

5. Tes DNA

                                    cara membedakan lovebird jantan dan betina


Apabila kamu ingin melakukan cara ini, maka kamu akan mengeluarkan sedikit uang untuk melakukan tes DNA tersebut. Tes DNA memiliki keakuratan 99% dalam membedakan jenis kelamin lovebird maupun hewan lainnya.

Itulah cara membedakan jenis kelamin lovebird jantan dan betina yang bisa kamu jadikan sebuah patokan. Semoga kamu dapat memahami nya secara langsung. Sebab cara diatas sudah saya urai dengan sedetail mungkin.

Post a Comment for "Cara Membedakan Jenis Kelamin Lovebird Secara Akurat"