Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menjodohkan Burung Murai Batu Betina Yang Galak

Cara Menjodohkan Murai Batu

 Banyak orang yang bertanya, khususnya para pemula mengenai bagaimana cara menjodohkan murai batu yang galak ketika saat di sandingkan dengan pasangan ? Dan kali ini konten hewan akan memberikan tips agar murai batu cepat jodoh saat di sandingkan.

Harganya yang terbilang cukup mahal, menjadikan salah satu alasan mengapa murai batu banyak yang menangkarnya. Selain itu harganya juga selalu stabil di pasaran. Beternak murai batu juga menjadi salah satu langkah yang bagus dalam meningkat kan populasi nya. Mengingat populasinya di alam liar sudah mulai berkurang. 

Mengatasi Murai Batu Betina yang Galak Pada Saat Dijodohkan

Setiap orang yang melakukan penangkaran, pastinya memiliki beberapa kendala, salah satunya ialah pada saat menjodohkan murai batu betina yang galak. Jika menemukan yang seperti ini pastinya akan terasa lebih sulit. Sebab jika salah satu indukan murai galak. Maka proses penjodohannya bisa berakhir kegagalan.

1. Mengumbar dikandang ternak

Ketika murai batu betina mendominasi dalam penjodohan. Hal yang pertama sekali yang harus dilakukan ialah mengumbar murai batu jantan di kandang penangkaran tersebut. Untuk burung betina terlebih dahulu dimasukan ke dalam kandang biasa. Kemudian kandang yang berisi burung betina tadi di letakan ke dalam kandang penangkaran yang sudah berisi burung jantan. 

Menjodohkan Burung Murai Batu Yang Galak
Murai jantan dalam kandang penangkaran yang berisikan
murai betina (gambar: infoagribisnis.com)

Tujuan nya agar burung jantan lebih mendominasi wilayahnya. Penjodohan murai batu seperti ini dilakukan apabila burung jantan takut terhadap si betina. Dengan begini nanti nya si jantan akan rajin berkicau. Sehingga perlahan lahan akan berani untuk mendekatkan diri ke burung betina yang berada di sekitarnya.

Ketika melakukan penjodohan seperti ini. Maka amati lah perilaku si burung jantan. Bila sudah mulai sering berdekatan atau tidur berdekatan dengan kandang si burung betina. Kemungkinan besar kedua burung tersebut sudah mulai berjodoh. Dan burung betina pun sudah bisa di lepas dari kandang biasa ke kandang penangkaran.

2. Menggunakan metode keramba mandi

Sebelum menggunakan metode ini, pastikan bahwa murai batu jantan sedang mengalami drop mental. Sehingga memudahkan proses penjodohan nantinya. Pertama kita siapkan keramba mandi kemudian isi dengan air bersih sampai penuh. Lalu masukan terlebih dahulu burung betina ke dalam keramba mandi yang telah diisi air tadi. Setelah itu masukan juga burung jantan ke dalam keramba mandi yang telah diisi burung betina dan lakukan pemantauan dari kejauhan.

"Apabila kedua burung tersebut bertengkar serius, sebaiknya langsung dipisah agar kedua nya tidak mengalami luka yang serius" Jika tidak sedang bertengkar, maka lakukan penyemprotan secara perlahan terhadap kedua burung sampai benar - benar basah. Tujuannya agar keduanya menjadi lebih tenang.

Selanjutnya masukan kedua burung tersebut ke kandang yang bulat. Kemudian angin-anginkan di bawah dan tidak perlu di gantung. Setelah selesai di angin-anginkan maka kedua burung tersebut selanjutnya di masukan di kandang penangkaran.

3. Penyekatan dalam satu kandang penangkaran

Cara menjodohkan murai batu ini hampir sama dengan cara No 1 diatas. Yang membuat cara ini berbeda adalah menyekat kandang penangkaran untuk menghindari pertengkaran apabila salah satu burung murai batu tersebut galak. 

Dengan cara ini kita dapat memantau perkembangan kedua burung yang ingin di jodohkan. Dengan metode ini nantinya burung jantan dan betina saling mengenal dan tidak berkelahi saat burung disatukan. 

4. Menempelkan kandang setiap hari

Jika menginginkan cara menjodohkan murai batu yang simple. Maka bisa melakukan dengan cara mendekatkan kedua kandang burung setiap harinya. Pantau selalu gerak gerik kedua burung yang ingin dijodohkan. 

Tanda awal burung murai batu yang akan berjodoh bisa di amati ketika burung ini lagi tidur. Jika kedua burung ini tidur saling berdekatan, kemungkinan besar kedua burung ini bisa disatukan dalam satu kandang penangkaran. 

Baca jugaPerbedaan Antara Murai Batu Import Dan Lokal

Cara menjodohkan murai batu betina yang galak diatas bisa kamu terapkan ketika ingin penjodohan murai batu berjalan lancar. Semoga artikel ini bisa membantu teman-teman yang baru saja ingin memulai bisnis dalam berternak burung Murai batu. Salam sukses selalu...

Post a Comment for "Cara Menjodohkan Burung Murai Batu Betina Yang Galak"