Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merawat Sugar Glider Joey, Pemula Wajib Baca !

Cara Merawat Sugar Glider Joey

 Hai, bagaimana kabar kalian ? Kini kita ketemu lagi di sesi pembahasan yang berbeda. Pada kesempatan ini, saya akan membahas tentang cara merawat sugar glider joey. Tentu kamu taukan, primata kecil dan imut ini memiliki banyak penggemar juga loh di Indonesia.

Oh iya, kamu sudah tau belum. Bahwa yang dimaksud sugar glider joey disini bukan tentang jenis, yaa. Akan tetapi istilah joey ini mengarah kepada usia dari hewan tersebut. Lebih jelasnya, joey ini diartikan bahwa sugar glider masih berumur 0-3 bulan. 

Hewan sugar glider berasal dari daerah Papua dan juga Australia. Hewan dengan nama ilmiah Petaurus Brevicep ini memiliki keunikan yaitu dapat meloncat dari pohon ke pohon dengan cara melebarkan tangannya. Sugar Glider ini tergolong hewan moody, jadi kamu harus benar-benar memperhatikan pada saat memeliharanya.

Bagaimana cara perawatan sugar glider ? Simak ulasan dibawah ini yuk.

Cara merawat Sugar Glider joey Yang Harus Pemula Ketahui

Pada umumnya sugar glider joey yang baru lahir akan berada di kantung induknya dan menyusui selama 2 bulan. Setelah 2 bulan biasanya anak sugar glider akan keluar dari kantung induknya. Dan pada kondisi ini SG (sugar glider) anakan berumur 0 hari pada saat pertama ia keluar dari kantung/pouch. 

Dalam kondisi ini SG joey tetap menyusui dengan induknya selama 2 bulan ke depan. Dari umur 0-19 hari mata SG anakan ini masih dalam kondisi tertutup. Matanya akan terbuka sekitar berumur 20 hari, dihitung dari pertama ia keluar dari kantung/pouch. Ketika memasuki umur 1,5 bulan biasanya SG joey sudah mulai bisa makan dengan sendirinya. Jika SG benar sudah bisa makan sendiri, kamu boleh saja memisahkannya dari induknya.

Bagaimana cara perawatan sugar glider setelah bisa makan sendiri ? Baik, saya akan memberikan tipsnya dibawah ini.

1. Sediakan kandang sugar glider

kandang sugar glider

Jika kamu sudah mempunyai kandang bisa langsung skip pembahasan no 1 ini. Bagi yang belum punya, saya sarankan membeli kandang terlebih dahulu. Ada banyak sekali di marketplace yang menjual kandang SG dengan dilengkapi tempat bermain serta kantung tempat ia beristirahat/sembunyi.

2. Rutin membersihkan kotoran dalam kandang

Rata-rata kandang yang dijual memiliki baki untuk menampung kotoran hewan. Nah, tugas kamu adalah rajin membersihkan kotoran agar SG tidak mudah sakit. 

3. Menyediakan mainan 

Seperti yang sudah saya jelaskan di point no 1. Sugar glider ini sangat suka bermain. Maka kamu harus menyediakan tempat bermain atau kantung untuk persembunyiannya. Adapun tempat bermain bisa kamu berikan beberapa tangkai dari kayu yang aman, seperti jenis eucalyptus, manzanita atau kayu pohon apel. 

Adapun mainan tersebut dapat menghindari SG dari stres yang dapat berakibat timbulnya bibit penyakit. Untuk itu sangat disarankan sekali memberikan stimulasi bermainnya.

4. Pemberian makan dan minum

Untuk pemberian makan sugar glider, saya sudah membahas nya dengan lengkap diartikel yang berjudul Makanan Sugar Glider Bayi Hingga Dewasa Baik Untuk Kesehatan. Disana kamu dapat mengetahui makanan apa saja yang boleh diberikan dan juga makanan yang tidak boleh diberikan pada SG kamu. Selain itu, kamu jangan lupa untuk mengganti minum nya setiap hari atau setiap saat sudah habis. 

5. Memandikannya

Sugar glider umumnya dapat mandi dengan sendirinya. Namun kamu juga bisa memandikan atau membersihkan badannya secara sederhana. Yaitu dengan cara mengelap badannya menggunakan tisu basah non alkohol.

6. Miliki 2 ekor sugar glider

Cara Merawat Sugar Glider Joey
Gambar : bobobox.co.id

Jika kamu saat ini memiliki SG 1 ekor saja. Maka sebaiknya kamu mulai menambah SG 1 ekor lagi. Sebab, hewan ini hidupnya berkoloni/kelompok. Mereka juga butuh bersosialisasi antar jenis, agar ia tidak mudah stres.

Saya rasa sudah cukup pembahasan kita mengenai cara merawat sugar glider joey diatas. Dan bagi kamu yang sangat minim pengetahuan dalam perawatan sugar glider. Kamu bisa bergabung dengan komunitas SG di sosmed agar dapat menambah pengetahuan serta pengalaman mereka yang sudah lama terjun kedalam dunia SG ini.

Adapun yang harus kamu ketahui dan perhatikan adalah mengenai ciri ciri sugar glider sakit yang sudah saya jelaskan pada artikel berikut ini : Ciri ciri sugar glider sakit, stres dan cara mengatasinya.

Post a Comment for "Cara Merawat Sugar Glider Joey, Pemula Wajib Baca !"