Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri Ciri Sugar Glider Sakit, Stres Dan Cara Mengatasinya

Gambar : Hobibinatang.com

 Para pecinta sugar glider atau disingkat dengan SG tentunya tak inginkan hewan peliharaannya jatuh sakit. Nah, untuk itu sebagai pemiliki tentu kamu harus mengetahui ciri ciri sugar glider sakit dan stres. Sebab, hal ini dapat mengancam nyawa dari sih SG tersebut. 

Ada beberapa hal yang harus kamu ketahui agar bisa kamu tangani dengan tepat. Yuk simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Ciri Ciri Sugar Glider Sakit Dan Stres Beserta Penanganannya.

Sebagai pemilik kita harus mengetahui apa saja sih ciri ciri sugar glider ketika sakit. Sebab, hewan ini pandai sekali menyembunyikan penyakitnya dan pada ujungnya berakhir dengan kematian. Bagi pemula tentu hal ini bisa saja kecolongan dan kehilangan SG peliharaannya. Untuk itu kamu harus benar-benar paham akan ciri sugar glider ketika sedang sakit, seperti penjelasan dibawah ini.

1. Luka

Kamu harus lebih sering memperhatikan luka yang ada pada SG peliharaan. Luka bisa saja timbul akibat dari pertengkaran atau dari SG yang stres dan melukai dirinya sendiri. Jika menemukan luka pada tubuhnya, maka segera lah mengobatinya.

Kamu bisa mengobatinya dengan memberikan minyak urut, atau minyak penyembuh luka.

2. Tidak ingin makan/minum

SG yang sedang sakit biasanya ditandai dengan ketidak inginan untuk makan/minum. Bahkan ada juga yang mau meminum saja namun enggan untuk makan. Biasanya hal ini disebut dengan penyakit Hild leg paralysis. 

Cara mengatasi masalah ini sebenarnya cukup mudah. Kamu hanya perlu memberikan vitamin atau pakan yang mengandung kalsium dan fospor. Makanan tersebut seperti buah-buahan pisang dll. Kamu juga bisa menambahkan madu pada wadah minum dengan takaran yang tidak berlebihan.

3. Terdapat benjolan

Jika menemukan benjolan pada bagian tubuh manapun. Sebaiknya segera diatasi, sebab hal itu merupakan sebuah penyakit. Biasanya penyakit ini diakibatkan oleh kelebihan protein. Sebaiknya berikan makanan yang mengandung protein rendah seperti, pisang, pepaya, kelengkeng dan semangka. 

Kamu juga bisa menambahkan beberapa tetes madu pada wadah minumnya, agar dapat meningkatkan daya tahan tubuhnya.

4. Mata katarak

Ciri Ciri Sugar Glider Sakit
Gambar : sonntro.blogspot.com

Mata yang katarak disebabkan oleh makanan yang mengandung lemak yang tinggi. Ciri umumnya ialah terlihat bintik putih pada mata dan akhirnya membesar menutupi mata. Cara mengobati penyakit ini sangat lah sulit dan membutuhkan waktu yang lama. 

Namun kamu bisa memberikan pakan buah-buahan seperti saat mengobati benjolan pada tubuh SG. Dan selalu berikan pakan yang berprotein rendah.

5. Diare

Sugar glider sering sekali terkena penyakit diare ini. Hal ini diakibatkan karena sering memberi makanan berupa serangga. Sebaiknya kurangi pemberian serangga serta diselingi dengan buah-buahan. 

Untuk kasus ini, kamu cukup memberikan obat diare yang dapat kamu beli di toko hewan.

6. Rontok bulu

Ciri Ciri Sugar Glider Sakit
Gambar: hobibinatang.com

Jika terdapat kebotakan atau bulu kepala yang rontok. Hal ini bisa saja disebabkan karena kurangnya nutrisi ataupun kandang yang kotor. Sebab, kandang yang jarang dibersihkan dapat menimbulkan jamur dan bakteri penyakit. 

Cara mengatasinya kamu bisa membersihkan area bulu yang rontok dengan air hangat yang sudah dicampur dengan sabun cair detol. Dan rajinlah untuk membersihkan kandangnya setiap hari.

7. Area mata berair dan gatal

Jika menemukan sugar glider menggaruk-garuk matanya hingga berair. Maka kamu harus lebih curiga. Kemungkinan sugar glider kamu sedang mengalami sakit pada matanya. Cara mengatasi hal ini kamu bisa memberikannya obat tetes mata khusus hewan yang dapat dibeli di toko hewan terdekat. 

Setelah membahas ciri ciri sugar glider sakit, saatnya kini kamu harus tau penyebab apa saja yang membuat sugar glider menjadi stres. Seperti yang sudah dijelaskan dibawah ini. 

8. Nafsu makan berkurang 

Nafsu makan berkurang bukan semata-mata SG mengalami kesakitan saja. Hal ini bisa juga karena ia sedang mengalami stres. Umumnya ini terjadi pada sugar glider joey/anakan. Jika sudah begini kamu harus mencari solusi agar ia mau makan kembali. 

9. Memakan kotoran sendiri

Salah satu tanda sugar glider kamu sedang mengalai stres ialah ditandai dengan memakan kotoran sendiri. Hal ini juga sering dialami oleh para pecinta sugar glider di tanah air. 

10. Berubah menjadi galak

Ciri Ciri Sugar Glider Stres
Gambar : hobibinatang.com

Jika menemukan SG anda yang tiba-tiba saja galak/menggigit. Itu bisa saja dia dalam keadaan stres. Biasanya hal ini disebabkan karena ia baru saja berpindah tangan dari pemilik sebelumnya. Dan hal ini perlu adaptasi terhadap lingkungannya yang baru.

11 Menyakiti dirinya sendiri

Ciri ciri sugar glider stres selanjutnya ialah ia akan menyakiti dirinya sendiri dengan cara menggigit bagian anggota tubuhnya. Pecinta sugar glider biasanya menyebutnya dengan self mutation.

12. Memakan anaknya sendiri

Bagi indukan yang stres berat, ia bisa saja memakan anaknya sendiri. Hal ini bisa diakibatkan karena SG hamil di usia dini. Maka hindari perkawinan yang belum cukup umur, karena ini bisa saja membuatnya menjadi stres. 

Itulah ciri ciri sugar glider stres yang sering terjadi pada umumnya. Terus apa saja penyebabnya ? Banyak faktor yang mempengaruhi SG menjadi stres, diantaranya :

Adaptasi dengan lingkungan baru

SG yang stres bisa saja karena baru saja pindah pemilik dan membutuhkan adaptasi yang baru. Maka dari itu kamu harus menempatkannya di tempat yang tidak terlalu ramai atau bising. Agar SG dapat dengan tenang dan nyaman. Selain itu kamu juga harus sering berinteraksi dengannya, agar ia mengenali pemiliknya yang baru.

Kesepian/tidak ada teman

Gambar : hallopet.id

SG yang kesepian atau tidak memiliki teman dalam satu kandang bisa berakibat sangat fatal. Sebab hewan ini suka bersosialisasi terhadap sesama jenis nya. Dialam liar ia juga hidup berkelompok. Jadi kamu harus memberikannya teman agar ia tidak menjadi stres.

Sakit yang berkepanjangan

Hewan ini sangat pandai menyembunyikan penyakitnya. Jika kita tidak sadar bahwa ia sedang dalam keadaan sakit. Bisa saja hal ini membuatnya menjadi stres karena sakit yang di derita tak kunjung sembuh. Maka dari itu kamu harus lebih perhatian terhadapnya.

Makanan yang tidak sesuai

Faktor makanan bisa saja menyebabkan ia menjadi stres. Makanan yang tidak sesuai atau mengganti makanan favoritnya secara mendadak bisa membuatnya menjadi stres loh. Maka jangan sering mengganti makanan favoritnya secara mendadak ya.

Selesai sudah pembahasan kali ini tentang ciri ciri sugar glider sakit dan stres beserta cara mengatasinya. Semoga ini menjadi ilmu bagi para pemula yang baru saja terjun dalam memelihara sugar glider ini. Apabila artikel ini sangat bermanfaat, kamu bisa menshare nya di akun sosial media kamu. Terimakasih dan sampai jumpa dipembahasan lainnya.

Oh iya jangan lupa juga untuk membaca cara merawat sugar glider joey, juga ya !!!

Post a Comment for "Ciri Ciri Sugar Glider Sakit, Stres Dan Cara Mengatasinya"