Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Jenis Burung Jalak Asli Dari Indonesia

Jenis Jenis Burung Jalak

 Burung jalak merupakan burung ocehan yang dapat meniru suara burung lain. Saat ini ada 5 jenis jenis burung jalak yang berasal dari Indonesia. Ada beberapa diantaranya masuk ke dalam daftar dilindungi. Hal ini dikarenakan populasi di alam liar semakin berkurang.

Di alam liar, burung jalak kebanyakan bersarang di lubang-lubang pohon. Ia relatif mudah dijinakkan. Maka tak heran jika banyak yang memeliharanya sebagai burung ocehan dirumah. 

5 Jenis Burung Jalak yang Perlu Diketahui.

Setiap jenisnya, burung jalak memiliki karakter dan ciri yang jelas sangat berbeda - beda. Namun semua jenis jalak merupakan burung yang pintar meniru suara burung lainnya. Bahkan beberapa diantaranya juga dapat meniru suara manusia walaupun hanya 1 - 2 kata saja.

Bagi kamu yang belum mengetahui dari macam - macam burung jalak. Bisa membaca ulasan yang ada dibawah ini.

1. Jalak kebo/hitam

jalak kebo

Jalak kebo merupakan burung ocehan yang sangat populer akan kepintarannya dalam menirukan suara burung lainnya. Selain itu, burung ini sangat mudah dipelihara dan mudah juga untuk dijinakan. Di alam liar burung ini biasanya di jumpai pada punggung kerbau. Sebab ia biasanya memakan serangga, lalat, dan kutu yang ada pada kerbau. 

Jalak kebo cenderung berkelompok, kadang terlihat bisa mencapai 5 - 8 ekor dalam satu kelompok. Untuk daerah penyebarannya sendiri cukup luas diantaranya berada di pulau Bali, Sumatera, Kalimantan, dan Pulau Jawa.

2. Jalak Nias

jalak Nias

Burung jalak nias merupakan saudara kembar dari jalak kebo. Walaupun dilihat sekilas terlihat sama, tetapi keduanya berbeda. Postur tubuh jalak nias sedikit lebih besar dari pada jalak kebo. Burung ini terbilang cukup unik, karena sangat beragam dari semua bagian tubuh hingga warna bulunya. 

Secara alami burung ini mampu belajar menirukan suara agar dapat bertahan hidup. Peminatnya terbilang lebih banyak dari pada jalak kebo. Hal ini dikarenakan kepintarannya yang dapat dengan cepat menirukan suara burung lain dan bahkan bisa juga menirukan suara manusia. 

3. Jalak suren

jalak suren

Jalak suren termasuk burung yang memiliki harga jual yang bisa di bilang cukup mahal jika di banding dengan jalak kebo dan jalak Nias. Jenis burung jalak ini disebut memiliki kualitas suara yang cukup baik dibanding jalak lainnya. 

Selain itu ia juga termasuk burung yang sangat pemberani dan sama sekali tidak takut dengan hewan yang memiliki tubuh lebih besar darinya. Dialam liar, ia sering sekali mencari makan di sawah, ladang, padang rumput atau jenis tanah terbuka lainnya. 

4. Jalak putih

Jalak putih

Jalak putih atau juga disebut dengan jalak berdada putih ini memiliki keistimewaan warna bulunya yang begitu indah. Di sekitar kelopak mata terdapat lapisan berwarna kuning cerah yang kalau dilihat semacem sebuah topeng. Sama seperti jalak pada umumnya burung ini juga mampu menirukan suara burung lainnya. 

Suara yang dihasilkan burung ini cukup keras dan mampu mengeluarkan bunyi yang bervariasi. Jika ingin memelihara burung jalak putih ini sebaiknya pilihlah yang berjenis kelamin jantan, karena mampu mengeluarkan power suara lebih di banding jalak yang berjenis kelamin betina. 

Burung ini biasa beterbangan di hutan, rawa-rawa, dan bahkan di areal persawahan. Tetapi sekarang ini keberadaannya sudah sangat langka dan jarang sekali untuk ditemui. Hal ini juga disebabkan karena habitatnya di tempat - tempat yang cukup tinggi. Sehingga susah untuk menemukan sarang dari jalak putih ini.

5. Jalak Bali

Jalak Bali

Burung ini merupakan satwa endemik asli dari Pulau Bali. Burung Jalak Bali ini termasuk salah satu satwa yang di lindungi oleh pemerintah Indonesia. Populasinya di alam liar sudah sangat sedikit. Namun, sudah banyak penghobi yang menangkarkannya. Sehingga membuat populasinya menjadi bertambah. 

Diantara semua jenis burung jalak yang ada. Burung jalak Bali ini lah yang memiliki harga jual yang sangat tinggi. Selain itu, juga memiliki postur yang paling besar. Tak hanya itu, burung ini juga memiliki penampilan yang eksotis. Adanya rambut/jambul yang cukup panjang membuat daya tarik tersendiri. 

Post a Comment for "Jenis Jenis Burung Jalak Asli Dari Indonesia"