Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Jenis Jenis Burung Lovebird Termahal Beserta Harganya

Jenis Burung Lovebird

 Berbicara tentang jenis burung lovebird memang tidak ada habisnya. Lovebird sudah banyak terjadi mutasi warna dari harga yang termurah hingga termahal sekalipun. Bagi pemain pemula tentu masih belum paham akan jenis dari burung cinta yang satu ini.

Di Indonesia ada beberapa jenis lovebird yang masih memiliki harga jual yang bisa dibilang mahal sampai saat ini. Jenis tersebut diantaranya lovebird biola, euwing, pale fallow, misty, halfsider dan masih banyak lagi jenis mutasi lainnya.

Jenis Burung Lovebird Termahal Dan Harganya Saat ini

Walaupun harga burung lovebird jatuh saat ini. Akan tetapi ada beberapa jenis yang harganya masih lumayan untuk perekornya. Mau tau jenis lovebird apa saja, simak ulasan dibawah ini.

1. Lovebird pale fallow

Lovebird pale fallow

Jenis burung lovebird termahal saat ini di Indonesia di pegang oleh jenis pale fallow. Mutasi warna yang terdapat pada jenis ini memiliki khas tersendiri. Lovebird pale fallow atau yang biasa disebut pf ini secara umum memiliki ciri bermata merah. Namun tidak semua burung mata merah itu jenis pf. Contoh nya seperti lutino, walaupun ia memiliki mata merah namun ia tidak tergolong dari jenis pf.

Burung ini merupakan hasil dari perubahan genetik mutasi dan perubahan pigmentasi pada bulu. Adapun nama lain dari jenis ini berupa Recessive cinnamon, buttercup, yellowhead dan yellowtail. Nama-nama tersebut sering terdengar untuk menyebut istilah burung lovebird jenis pale fallow.

Untuk harganya saat ini terbilang masih tinggi. Untuk satu ekor saja harganya mencapai puluhan juta tergantung dari kualitas warna dari burung itu sendiri.

2. Lovebird euwing

Lovebird euwing

Lovebird euwing merupakan salah satu hasil dari mutasi warna yang sangat populer saat ini. Mutasi warna untuk jenis euwing ini banyak sekali, seperti : euwing mauve, euwing olive, euwing pb, euwing biola, euwing blue/vio dan masih banyak mutasi warna euwing lainnya. Lovebird euwing sendiri memiliki ciri khas pada bagian sayap yang berbentuk seperti huruf V gelap.

Kata euwing sendiri terdiri dari kata eumelanin dan wing yang berarti bagian sayap terdapat faktor gelap. Hal ini lah yang membedakan jenis euwing dengan jenis lovebird lainnya. Untuk harga lovebird euwing saat ini berkisar mulai dari ratusan hingga jutaan rupiah tergantung dari kualitas lovebird itu sendiri.

3. Lovebird biola

Lovebird biola

Jenis burung lovebird paling mahal selanjutnya ada biola. Lovebird ini pernah berjaya di masanya. Pada waktu itu harga perpasang untuk lovebird ini bisa mencapai harga 50-an juta. Namun saat ini berbeda, untuk jenis lovebird biola dengan kualitas rendah hanya di bandrol dengan harga ratusan ribu saja. 

Lovebird biola memiliki ciri umum seperti bulu bagian kepala berwarna merah/orange yang cerah. Selain itu warna punggung nya bewarna hijau cerah. Namun saat ini sudah banyak mutasi lovebird biola seperti biola edge, bio pb (biola parblue), bio blue dan masih banyak lainnya.

4. Parblue

Lovebird Parblue

Lovebird parblue atau yang dikenal dengan singkatan PB ini termasuk salah satu lovebird favorit saya, hehehe. Hal yang saya sukai dari lovebird ini ialah warna pada bulunya yang memberikan kesan mewah. Saat ini jenis parblue memiliki mutasi warna dengan nama parblue creamino, parblue blorok, parblue pastel, parblue bio, parblue vio dan lain sebagainya. 

Berbicara tentang harga, lovebird parblue hanya dibanderol berkisar ratusan ribu rupiah saja. Jarang sekali harga parblue mencapai jutaan untuk saat ini. Kalau pun ada, mungkin itu merupakan hasil dari mutasi dari lovebird euwing.

5. Dakori grade A

Lovebird Dakori grade A

Keberadaan lovebird yang satu ini terbilang cukup langka. Maka tak heran jika ia masuk ke dalam salah satu burung loverbird termahal hingga saat ini. Harga perpasang untuk jenis ini masih dibilang sangat mahal. Bisa mencapai jutaan rupiah.

Ciri umum dakori grade A memiliki warna hitam pekat seperti topeng pada bagian kepala. Lalu memiliki bulu berwarna full kuning cerah pada bagian dada tanpa ada cemong sedikitpun. Dan memiliki memiliki warna hijau kegelapan di area punggung dan juga sayap.

6. Lovebird halfsider (HS)

Lovebird halfsider (HS)

Halfsider merupakan salah satu jenis yang sangat langka dan sulit di dapat. Hal ini dikarenakan, mutasi ini hanya sebagai keberuntungan bagi para peternak. Tidak semua para peternak yang bisa mendapatkan anakan dengan warna warni ini. 

Keunikan dan kelangkaanya ini lah yang membuat pembeli ingin membayarnya dengan harga yang cukup mahal.

7. Lovebird yellow face

Lovebird yellow face

Sebenarnya saya tidak ingin membahas ini. Sebab jenis lovebird ini belum ada di Indonesia. Lovebird yang dikenal dengan sebutan AYF (australian yellow face) ini masih dalam pengembangan di negara Australia. Namun jika di prediksi ke depan, bisa saja lovebird ini masuk ke Indonesia dengan harga yang fantastis. Sebab, ini merupakan mutasi terbaru yang paling di nanti oleh para pecinta lovebird.

Hanya itu lah beberapa jenis burung lovebird yang termahal hingga saat ini. Selain jenis diatas, harga lovebird lainnya sudah banyak mengalami penurunan drastis. Bahkan ada yang menyentuh harga puluhan ribu saja. 

Oia, bagi kamu yang belum paham dalam membedakan jenis kelamin lovebird. Kamu bisa mengunjungi link berikut ini : Cara Membedakan Jenis Kelamin Lovebird Secara Akurat

Post a Comment for "7 Jenis Jenis Burung Lovebird Termahal Beserta Harganya"