Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

14 Makanan Ikan Hias Kecil Yang Bagus Dan Alami

Makanan Ikan Hias
Gambar oleh Cecep Risnandar dari Pixabay

 Apa saja makanan ikan hias yang bagus untuk ikan yang berukuran kecil ? Ada banyak jenis pakan ikan kecil yang bisa kamu berikan. Pakan tersebut bisa berupa makanan alami dan juga berupa pelet. Untuk mengetahuinya, silahkan baca artikel ini sampai selesai.

Makanan Ikan Hias Selain Pelet

Pakan ikan yang alami sangat baik untuk pertumbuhan ikan - ikan kecil, seperti neon tetra, guppy, cupang dan lain sebagainya. Selain itu, pakan ini juga dapat membuat warna tubuhnya menjadi lebih berwarna. Apa saja pakan alami tersebut, berikut daftarnya :

1. jentik

jentik

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi ketika mendengar namanya. Ya, jentik merupakan anak nyamuk yang dapat kita temui pada genangan air atau parit sekitar rumah. Jentik merupakan pakan ikan hias yang banyak dicari oleh para penghobi ikan hias kecil, terutama ikan cupang.

Sebab, jentik ini memiliki kandungan protein yang tinggi dalam membantu proses reproduksi ikan hias. Tidak hanya itu, jentik juga merupakan salah satu makanan favorit ikan kecil juga loh.

2. Kutu air

kutu air

Bagi pecinta ikan cupang dan ikan kecil lainnya. Kutu air diyakini  dapat membuat warna tubuhnya menjadi cerah dan lebih berwarna. Hal ini dapat mempengaruhi harga jual dari ikan itu sendiri. Untuk itu, seringlah memberikan kutu air kepada ikan hias kecil yang sedang kamu pelihara. 

3. Artemia

artemia

Artemia ini merupakan pakan utama larva ikan atau udang yang masih berukuran yang sangat kecil. Sangat cocok jika kamu memberikan artemia kepada anak ikan hias yang sedang kamu ternak. Sebab pakan ini memiliki kandungan asam lemak tak jenuh dan protein yang sangat tinggi untuk membantu pertumbuhan ikan ikan kecil.

4. Cacing sutra

cacing sutera

Cacing sutra merupakan makanan ikan hias yang paling mudah di dapat. Hampir setiap toko ikan hias menjualnya. Kamu dapat memberi cacing sutra sebagai pakan pengganti pelet. Khasiat dari cacing sutra ini sama dengan kutu air yaitu dapat membuat warna ikan menjadi lebih cerah.

Merek Makanan Ikan Hias yang Bagus Untuk Ikan Kecil

Selain pakan alami yang sudah dijelaskan diatas. Kamu juga bisa memberikan makanan berupa pelet yang mudah di dapat di toko ikan terdekat. Ada banyak sekali merk yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini yang termasuk makanan ikan hias buatan dengan berbagai merk.

1. Pelet

Pelet merupakan pakan ikan yang sudah umum digunakan sebagai pakan utama. Selain mudah di dapat, pelet juga memiliki banyak kandungan protein serta nutrisi. Nah sekarang ini sudah banyak nih berbagai merk pelet yang dijual di pasaran. 

Mau tau apa saja merk makanan ikan hias yang bagus berupa pelet. Berikut daftarnya ...

Takari vit

takari vit

Takari vit pelet merupakan pakan ikan yang berukuran sangat kecil. Sangat cocok jika diberikan pada ikan ikan yang memiliki ukuran kecil. Takari vit memiliki keunggulan berupa :
  • Pakan bernutrisi lengkap.
  • Meningkatkan pertumbuhan zat.
  • Mencerahkan warna.
  • Tidak mencemari air aquarium.
  • Meningkatkan stamina ikan.

Betta guppy

betta guppy

Betta Vit Super adalah makanan khusus ikan hias kecil seperti ikan guppy, cupang, molly dan lain sebagainya. Makanan ini sangat disukai oleh ikan ikan kecil, sebab memiliki ukuran yang sangat mini. Selain itu, pakan ikan hias ini juga dapat membangkitkan selera makan ikan. 

Mutiara tropical

Mutiara tropical

Mutiara tropical merupakan jenis makanan ikan berbentuk butiran-butiran kecil untuk ikan tropis kecil dan spesies dengan mulut kecil. Pakan ini dibuat dengan komposisi ekstrak udang kecil yang banyak untuk meningkatkan kilau tubuh ikan.

Selain itu makanan yang satu ini dapat meningkatkan sistem pencernaan ikan agar dapat bertahan dari polusi air. Tak hanya itu saja, mutiara tropical juga diperkaya dengan vitamin C untuk membantu sistem kekebalan tubuh dan mencegah ikan dari stres.

Agaru

Agaru

Pakan Ikan Agaru dikenal sebagai pakan maskoki berkualitas PREMIUM. Pakan ikan standart Jepang ini sangat baik untuk pertumbuhan dan mencerahkan warna ikan maskoki. Sangat cocok diberikan untuk semua jenis ikan maskoki. Adapun manfaat dari pakan ini ialah ... 
  • Tidak membuat air cepat kotor.
  • Meningkatkan nafsu makan Ikan.
  • Membuat tubuh Ikan menjadi lebih Elok, dibagian sirip dan sisik.

Asahi

Asahi

Asahi merupakan salah satu merk pakan ikan untuk segala jenis ikan hias kecil. Dalam 1 kemasan terdapat pelet yang berwarna merah bercampur hijau. Makanan ini mengandung nutrisi lengkap yang dapat menjaga kesehatan ikan.

Selain itu, pakan ini juga tidak membuat air aquarium kamu mengeruh. Asahi sangat cocok untuk Ikan seperti, Mas koki, cupang, louhan, manfish, guppy, platis, black molly, komet, discuss, koi, neon tetra, black ghost

2. Flake

Flake merupakan jenis makanan yang berbentuk seperti lembaran. Jenis makanan ini umumnya akan mengapung di permukaan air. Adapun merk dari pakan ini ialah ...

Haifeng alife magic-i excel flakes

Haifeng alife magic-i excel flakes

Pakan ini berbentuk flakes atau lembaran yang diformulasikan untuk ikan hias kecil seperti cupang, molly, guppy, dan tetra. Adapun keunggulan dari makanan hias buatan ini berupa :
  • Protein 41%, lemak 4%.
  • Pakan tinggi nutrisi untuk ikan hias kecil seperti cupang, molly, guppy, dan tetra.
  • Mengandung protein nabati dan hewani yang optimal untuk pertumbuhan ikan.
  • Diformulasikan dalam bentuk flakes agar sesuai untuk ikan kecil.
  • Pakan mengapung sehingga mudah dijangkau.
  • Tidak membuat air keruh.
  • Dilengkapi astaxanthin sebagai color enhancer.
  • Mengoptimalkan pertumbuhan.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh.

Tetra rubin flakes

Tetra rubin flakes

Tetra rubin flakes merupakan makanan ikan lengkap dalam bentuk serpihan dengan penambah warna alami. Pakan ini mengandung bahan formula BioActive yang berfungsi menjaga sistem kekebalan tubuh ikan. Selain itu juga mengandung prebiotik untuk pencernaan dan konversi makanan yang baik.

Itulah beberapa contoh makanan ikan hias yang berbentuk serpihan/flakes yang perlu kamu ketahui. Namun jenis pakan ini memiliki harga yang juga terbilang cukup mahal jika di bandingkan dengan makanan berbentuk pelet.

3. Granule

Granule merupakan jenis makanan yang berbentuk butiran-butiran halus. Pakan ini cocok diberikan kepada jenis ikan hias kecil seperti tetra, guppy, betta (cupang), red nose dll. Adapun beberapa merk dari makanan ikan granule ini yaitu ...

Topka tropical granule deluxe

Topka tropical granule deluxe

Makanan ikan ini memiliki bentuk seperti butiran butiran kecil yang di formulasikan untuk ikan ikan kecil. Pakan ini mengandung astaxanthin, spirulina, udang segar dan juga vitamin C. Pakan ikan kecil ini memiliki manfaat seperti mencerahkan warna ikan, membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat mencegah ikan menjadi stres.

Pakan larva/burayak

Pakan larva/burayak

Sama seperti pakan yang di atas. Pakan larva/burayak ini bisa dijadikan solusi ketika kamu sedang memiliki banyak larva ikan hias kecil. Sehingga larva ikan tersebut dapat mencerna makanan dengan baik. Makanan ini mengandung asam amino esensial yang dapat membantu ikan tumbuh dengan cepat dan sehat. Adapun nutrisi yang di dapat berupa protein 42%, lemak 8%, abu 13%.

4. Tablet

Khusus yang satu ini tidak merupakan makanan ikan. Tetapi ini sebuah asupan vitamin mineral untuk mencegah ikan dari bakteri penyakit yang ada pada suatu tempat. Adapun merk yang sering dipakai oleh pecinta ikan hias adalah sebagai berikut...

Mineral tablet plus SG fish

Mineral tablet plus SG fish

Mineral tablet plus merupakan sebuah terobosan baru di dunia perikanan yang mengandung natrium, kalsium, magnesium, cloride, sulfate dan vitamin C yang penting untuk tumbuh kembang serta kesehatan ikan. Suplemen ikan hias ini memiliki manfaat yang berguna membantu pemulihan ikan yang sakit seperti kuncup, white spot, jamur dan sisik nanas. 

Setelah mengetahui jenis makanan ikan hias kecil baik itu yang alami maupun makanan buatan. Disini saya juga akan memberikan beberapa tips dalam memilih makanan yang baik untuk ikan kecil yang sedang kamu pelihara.

Tips Memilih Makanan Ikan Hias

  1. Pilihlah makanan yang sesuai dengan kebutuhan ikan.
  2. Jika kamu tidak rajin membersihkan aquarium, sebaiknya pilih makanan yang tidak mudah mencemari air aquarium.
  3. Berilah pakan ikan hias alami beberapa minggu sekali. (Jika mudah mendapatkannya).
  4. Jika terdapat banyak bakteri pada air, sebaiknya beri vitamin mineral untuk mencegah ikan terkena penyakit. 
  5. Jika ikan kamu ingin terlihat lebih berwarna, pilihlah makanan yang memiliki kandungan untuk mencerahkan warna pada ikan.

Selesai sudah pembahasan kali ini tentang jenis makanan ikan hias baik itu alami maupun pakan yang bermerk. Jika artikel ini sangat bermanfaat, kamu bisa membantunya dengan cara share ke media sosial yang kamu miliki. Terimakasih ...

Post a Comment for "14 Makanan Ikan Hias Kecil Yang Bagus Dan Alami"