Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makanan Sugar Glider Baby Hingga Dewasa Dan Saat Hamil

Makanan Sugar Glider

''Apa saja sih yang menjadi makanan sugar glider yang masih berumur 3 bulan hingga dewasa ?'' Mungkin pertanyaan semacam ini sering ditanyakan oleh para pemula yang baru belajar merawat hewan berkantung ini. Nah, dibawah ini saya akan membahas berbagai menu makanan apa saja yang disukai oleh sugar glider.

Menu Makanan Sugar Glider Bayi Hingga Dewasa dan Ketika Saat Hamil

Di alam liar, hewan sugar glider ini dapat memakan apa saja yang mereka temui, seperti serangga, buah-buahan, telur burung, sayuran dan juga nektar. Namun saat dipelihara, kita juga harus bisa memberikan variasi makanan agar ia tidak merasa bosan dengan makanan yang begitu monoton. 

Apa saja variasi menu makanan yang bisa kita beri ? Langsung saja kamu lihat ulasan dibawah ini.

Makanan sugar glider bayi/joey

Kamu bisa merawat sugar glider bayi pada saat ia sudah keluar dari kantung induknya, istilahnya ialah OOP (Out Of Pouch). Namun ketika sugar glider joey baru saja keluar dari kantung induknya, ia tetap masih menyusui pada induk sampai berumur 2 bulan kedepan. 

Tetapi, jika kamu ingin langsung memisahkan dengan induknya tidak masalah. Asal kamu dapat menangani dan juga memberikan makanan yang tepat. Namun cara ini tidak dianjurkan bagi para pemula. Akan tetapi jika ingin belajar memberi makan anakan sugar glider. Kamu bisa memberinya susu formula atau juga bubur bayi sebagai makananya. 

Caranya bisa menggunakan suntikan yang sudah dibuang jarumnya. Lakukan pemberian makan sesering mungkin, agar anakan tersebut tidak kelaparan. Saat memasuki umur kurang lebih 2 bulanan. Kamu bisa mulai mengajarkan memakan makanan yang lunak terlebih dahulu. 

Makanan tersebut bisa berupa pisang, pepaya maupun sayur-sayuran. Setelah berumur 3 bulanan, kamu bisa memberikan potongan serangga agar ia belajar untuk memakan serangga. Berikan serangga berupa jangkrik maupun ulat hongkong yang telah dipotong kecil - kecil.

Makanan sugar glider dewasa

Ketika sugar glider memasuki usia dewasa. Kamu bisa memberikan beberapa variasi makanan agar ia tidak bosan. Namun jangan lupa juga selalu menyediakan makanan favoritnya. Adapun makanan favoritnya, berupa :

1. Pisang


Buah pisang merupakan salah satu makanan favorit sugar glider. Selain itu buah pisang memiliki kandungan protein yang cukup memenuhi kebutuhannya. Kamu dapat memberikannya secara utuh maupun dalam keadaan sudah terpotong - potong.

2. Pepaya


Seperti yang kita ketahui, bahwa pepaya memiliki kandungan vitamin A, E dan C serta memiliki kandungan protein yang cukup memenuhi kebutuhan SG. Sebelum memberikan pepaya, jangan lupa untuk membuang bijinya terlebih dahulu. 

3. Anggur


Buah anggur juga bisa kamu berikan pada SG minimal seminggu sekali. Kamu bisa memberikannya dengan keadaan sudah dipotong kecil dan juga bebas dari biji. 

4. Apel


Jika kamu ada apel dirumah, tidak ada salahnya memberikan sedikit kepada hewan peliharaan kamu ini. Kamu bisa memberikan sepotong apel tanpa harus mengupas kulitnya terlebih dahulu.

5. Melon


Jika ingin memberi melon sebaiknya kupas terlebih dahulu kulitnya. Lalu kamu bisa memotongnya kecil-kecil sebelum diberikan kepada sugar glider kesayangan. 

6. Madu


Madu merupakan salah satu makanan terfavorit SG saat berada di alam liar. Madu memiliki kandungan  fruktosa dan glukosa, yang ternyata lebih baik dari pada gula. Pemberian madu bisa kamu campur dengan buah maupun makanan khusus pada kemasan. Dan bisa juga langsung dicampurkan pada minumannya.

7. Sayur kol


Sayur kol bisa kamu berikan sebagai makanan selingan setelah buah-buahan. Cara penyajian nya cukup mudah. Kamu hanya perlu memotong kecil secara memanjang, lalu berikan pada SG peliharaan kamu.

8. Wortel

Gambar : thepetsavvy.com

Wortel terbukti memiliki kandungan serta vitamin yang sangat baik bagi kesehatan, terutama mata. Kamu bisa berikan wortel secara mentah dengan memotongnya secara tipis. Sebelum diberikan alangkah baiknya dibersihkan terlebih dahulu. Agar terhindar dari kuman.

9. Jagung manis


Jagung kerap menjadi santapan sugar glider ketika berada diperkebunan. Kamu bisa memberikan jagung minimum seminggu sekali agar ia merasa senang. Namun pemberiannya jangan terlalu banyak. Sebab jagung memiliki kandungan Fosfor yang cukup tinggi yaitu sekitar 11% dalam setiap 100 gram jagung. Kamu cukup memberikan 10 biji jagung dalam sekali seminggu.

10. Pir


Selain apel, buah pir juga sangat baik jika diberikan kepada sugar glider. Pir ini memiliki banyak sekali kandungan air. Sehingga ini dapat mencegah SG dari dehidrasi.

11. Ulat hongkong

Gambar : pinterest.com

Serangga yang satu ini, merupakan salah satu makanan favoritnya juga loh. Namun ingat, memberikan ulat hongkong tidak boleh berlebihan. Cukup memberikan 1-5 ekor saja dalam waktu 1-2 kali dalam seminggu. 

12. Jangkrik


Jangkrik menjadi salah satu makanan sugar glider di alam liar. Sekarang ini jangkrik tidak sulit untuk ditemukan. Karena kamu bisa membelinya di toko burung terdekat. Pemberian jangkrik sebaiknya 4 - 10 ekor per 2 - 4 kali dalam seminggu saja.

13. Belalang


Jika menemukan belalang. Kamu bisa juga memberikannya kepada sugar glider. Belalang ini memiliki kandungan gizi berupa protein, vitamin, asam lemak esensial dan juga mineral.

14. Makanan kemasan

Pakan kemasan sugar glider

Selain makanan sugar glider alami. Kamu juga bisa memberikan pakan khusus kemasan berupa pelet. Ada banyak makanan sugar glider yang di jual di marketplace, maupun petshop terdekat. Kandungan yang ada di pakan kemasan sudah cukup lengkap untuk sebagai makanan harian sugar glider.

Makanan Sugar Glider Saat Hamil

Jika kamu memiliki induk sugar glider yang sedang hamil. Kamu dapat memberikan makanan tambahan berupa ulat hongkong dan jangkrik. Selain itu, kamu juga harus memberikan menu makanan lainnya yang memiliki kandungan nutrisi dan protein yang cukup untuk memenuhi kebutuhannya selama ia hamil.  

Setelah mengetahui semua jenis makanan sugar glider. Ada beberapa hal lain yang harus kamu perhatikan agar SG kamu selalu dalam keadaan sehat dan tidak mudah sakit. 
  1. Menjaga selalu kebersihan air minum.
  2. Bersihkan selalu sisa pakan setiap hari.
  3. Selang seling pemberian buah dan sayur.
  4. Jangan lupa selalu sediakan serangga.
  5. Kurangi makanan yang memiliki lemak berlebih.
  6. Hindari makanan yang mengadung zat kimia.
  7. Jangan menambah vitamin apapun dalam air minum.
Selain itu, tidak semua jenis makanan dapat diberikan pada sugar glider, contohnya seperti dibawah ini :
  • Makanan kucing
  • Bawang putih atau merah
  • Biji buah-buahan
  • Makanan yang mengandung bahan pengawet
  • Daging
  • Milet
  • Makanan yang diberi garam
  • Buah yang ada pada kaleng
  • Makanan yang mengandung zat kimia
  • Cokelat dan keju
  • Makanan yang mengandung kafein
  • Makanan yang digoreng

Jangan pernah sesekali mencoba untuk memberikan makanan yang dilarang diatas kepada hewan berkantung ini. Karena makanan tersebut dapat membuat ia menjadi sakit dan bahkan berujung pada kematian.

Post a Comment for "Makanan Sugar Glider Baby Hingga Dewasa Dan Saat Hamil"