Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Pakan Ayam Supaya Cepat Besar Dan Gemuk

Cara Membuat Pakan Ayam Supaya Cepat Besar

 Cara membuat pakan ayam supaya cepat besar tentu membutuhkan beberapa racikan bahan pakan. Sebab jika kamu tidak mengetahui cara mengolahnya, tentu hal ini bisa saja membuat gizi ayam menjadi tidak seimbang. Untuk itu diperlukan racikan yang pas untuk menyeimbangi protein serta gizinya.

Namun yang perlu kamu ketahui ialah, setiap jenis ayam memiliki pakan racikan yang berbeda-beda. Dalam hal ini, kamu harus tau pakan ayam apa yang cocok untuk ayam peliharaan kamu. Seperti yang sudah saya ulas dibawah ini !!!

Cara Membuat Pakan Ayam Supaya Cepat Besar Dan Sehat

Pertama, saya akan membahas bagaimana cara meracik pakan untuk ayam kampung. Bagi kamu yang sedang memelihara ayam kampung dari anakan, bisa mencoba racikan pakan dibawah ini :

Pakan ayam kampung agar pertumbuhannya cepat

Pakan ayam kampung

Jika ingin ayam peliharaannya sehat dan gemuk. Maka berikanlah makanan yang berkualitas dan memiliki banyak kandungan protein, vitamin dan juga mineral. Adapun cara membuat pakan ayam kampung supaya cepat besar ialah sebagai berikut.

Siapkan bahan berupa :
  • Jenis jagung kuning (yang telah digiling) 50%
  • Dedak halus yang masih fresh/baru 25%
  • Tepung ikan 1-2 sdm
  • Daun-daunan (daun pepaya, singkong, bayam, sawi dan daun kubis) Seperlunya.
  • Beras pecah 25%

Cara membuat pakan ayam kampung :

Setelah semua bahan telah disiapkan. Maka kamu bisa mencampurkan semua bahan menjadi satu. Untuk daun-daunan sebaiknya di potong kecil-kecil sesuai dengan ukuran mulut ayam. Jika kondisi daerah sangat dingin dipagi hari. Sebaiknya campur pakan dengan air hangat pada saat memberi makan di pagi hari.

Pakan ayam pedaging

Pakan ayam pedaging

Khusus ayam pedaging. Kamu bisa menambahkan konsentrat ayam pedaging yang banyak dijual di toko unggas. Konsentrat sendiri merupakan pakan yang memiliki kandungan serat kasar rendah. Selain itu konsentrat juga bermanfaat untuk meningkatkan mutu gizi pakan sehingga mempercepat pertumbuhan dan perkembangan ternak. Adapun campuran untuk pakan konsentrat berupa :
  • Konsentrat 39 kg
  • Bekatul 5,5 kg
  • Jagung 55 kg
  • Premix 0,5 kg

Cara membuat pakan ayam pedaging :

Karena ini untuk ayam stater atau anak ayam. Maka kamu harus menggiling semua bahan diatas menjadi tepung. Lalu aduk hingga merata dan pakan siap digunakan.

Pakan ayam petelur

pakan ayam petelur

Sama halnya dengan pakan ayam pedaging diatas. Makanan ayam petelur stater juga bisa ditambahkan dengan konsentrat ayam petelur. Namun harus juga ditambahkan beberapa bahan pakan tertentu seperti jagung, dedak padi atau tepung batu pada takaran tertentu. Sehingga pakan ini menghasilkan kandungan gizi yang sama seperti pakan komplit. Adapun rasio pencampuran nya sebagai berikut :
  • Konsentrat ayam petelur 30%
  • Jagung halus 50%
  • Dedak padi 15%

Cara mengolahnya :

Kamu hanya perlu menggiling semua bahan sampai menjadi tepung agar dapat dicerna oleh ayam petelur anakan yang sedang kamu ternak.

Racikan Pakan Ayam Bangkok Agar Cepat Besar

Dengan meracik pakan ayam bangkok, tentunya memiliki keuntungan serta kelebihan tersendiri. Apa saja sih keuntungan dari meracik pakan ayam bangkok ini. Lihat penjelasan dibawah ini :

Hemat biaya = Sebab kamu dapat mengkombinasikan beberapa alternatif pakan yang ada.

Nutrisi yang cukup = Dengan memberi pakan buatan sendiri, tentunya kamu mengetahui porsi nutrisi dari pakan yang telah diracik.

Menjadikan pakan seimbang = Disini kamu bisa menyeimbangkan pakan yang bermutu tinggi dan juga bermutu rendah dengan cara mengkombinasikan kedua pakan tersebut.

Setelah mengetahui kelebihan serta keuntungan meracik pakan ayam sendiri. Sekarang kamu harus tau, cara membuat pakan ayam bangkok supaya cepat besar dan tentunya sehat.

Pakan anak ayam bangkok umur 0-14 hari

Pada saat anak ayam baru menetas. Hal yang harus kamu perhatikan adalah pemberian multivitamin pada wadah minum nya. Serta memberikan pakan berupa dedak halus yang biasa diberikan pada ayam pedaging. Pada tahap ini anak ayam tentunya belum dapat mencerna makanan secara sempurna. 

Pakan anak ayam bangkok umur 15 hari - 1 bulan

Ketika anak ayam sudah memasuki umur 2 minggu. Kamu bisa memberikan pakan berprotein, lemak dan juga serat. Adapun pakan tersebut berupa jagung halus, bakatul dan juga tepung ikan. Campurlah pakan tersebut dengan perbandingan jagung halus 2, bekatul 3 dan tepung ikan 1 (2:3:1). 

Pakan ayam bangkok 1-3 bulan

Pakan voer ayam 591

Memasuki usia 1 bulan keatas. Anakan ayam bangkok bisa kamu berikan pakan berupa voer yang dapat dibeli di toko unggas terdekat. Biasanya para peternak ayam bangkok memberikan voer sesuai dengan usia. Adapun jenis voer tersebut berupa voer 591 untuk usia 1 bulan, 592 usia 2 bulan dan 593 usia 3 bulan. Voer tersebut sudah memiliki protein dan gizi yang sesuai untuk pertumbuhan ayam bangkok. 

Selain itu, kamu dapat mencampur voer tersebut dengan beberapa bahan dibawah ini.
  • Ampas tahu
  • Tepung ikan
  • Menir jagung
  • Nasi yang sudah basi
  • Susu bayi yang sudah kadaluarsa
Beberapa bahan diatas bisa kamu kombinasikan dengan voer yang telah kamu beli agar hemat pengeluaran.

Pakan ayam bangkok 3 bulan keatas

Pada masa ini ayam membutuhkan asupan gizi yang banyak dan harus terpenuhi. Kamu bisa menghemat biaya dengan menggunakan pakan ayam bangkok 594 dengan nasi atau beras merah. Pemberian pakan bisa kamu sesuaikan dari usia ayam bangkok tersebut. Semakin usia nya mendekati 6 bulan maka porsi pemberian makan bisa diperbanyak. 

Pakan ayam bangkok dewasa (6 bulan keatas)

Ketika ayam sudah mulai dewasa. Kamu bisa memberikan makanan yang lebih keras, seperti jagung kuning, beras merah, gabah, nasi, bekatul dan juga berupa kacang-kacangan. Pada masa ini ayam bangkok membutuhkan energi lebih dan pembentukan otot yang lebih kuat. Sebab ayam ini memiliki sifat petarung yang tangguh. 

Jika ingin menghemat biaya. Kamu bisa juga mengkombinasikan beberapa makanan denga  voer dengan kode yang lebih tinggi. Kamu bebas memberikan pakan tersebut dalam bentuk basah maupun kering. Namun jika cuaca daerah tempat tinggal kamu pada  pagi hari bersuhu sangat dingin. Kamu bisa merendam pakan dengan air hangat lalu berikan ke ayam bangkok pakan rendaman tersebut. Hal ini dapat membuat selera makan ayam meningkat.

Itulah beberapa cara membuat pakan ayam supaya cepat besar dari konten hewan. Semoga dapat menambah ilmu pengetahuan bagi kamu yang sedang memulai bisnis ternak ayam baik itu dirumah ataupun disuatu tempat khusus. 

Post a Comment for "Cara Membuat Pakan Ayam Supaya Cepat Besar Dan Gemuk"