Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membedakan Kacer Jantan Dan Betina Yang Masih Trotol

Cara Membedakan Kacer

Membeli seekor kacer yang masih anakan, memang menjadi salah satu pilihan terbaik. Selain murah, nantinya burung tersebut dapat memiliki kualitas suara dan mental yang baik jika dilatih dengan benar. Namun yang jadi permasalahannya ialah bagaimana cara membedakan kacer jantan maupun betina yang masih trotol.

Sebab bagi para pemula hal ini menjadi suatu kekhawatiran jika salah dalam memilih jenis kelamin kacer. Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa burung kacer jantan lah yang memiliki kualitas suara yang bervariasi. 

Namun, jika kamu belum yakin dalam membedakan kacer anakan. Kamu bisa simak caranya dibawah ini.

Cara Membedakan Kacer Jantan dan Betina Masih Anakan / Trotolan

Membedakan kacer yang masih trotol membutuhkan pengalaman yang tinggi. Karena kacer anakan ini memiliki ciri fisik yang sangat sulit dibedakan. Berbeda dengan kacer yang sudah dewasa yang dimana memang perbedaannya sangat terlihat jelas secara visual.

Kalau burung kacer jantan dewasa memiliki ciri bulu hitam dan putih. Dimana pada bagian kepala, punggung atas sampai ekor bagian atas berwarna hitam pekat. Dan pada bagian dada, sayap (terdapat garis putih), sampai ekor bawah berwarna putih.

Sedangkan kacer betina dewasa memiliki ciri bulu bagian kepala hingga dada berwarna abu abu dan tidak sehitam kacer jantan. Sangat mudah jika membedakan jenis kelamin kacer ketika sudah berusia dewasa.

Kacer jantan trotol

Kacer jantan yang masih trotol, tentu memiliki beberapa ciri fisik yang bisa dilihat dengan sangat teliti. Adapun ciri tersebut diantaranya :

1. Bentuk kepala

Kacer jantan trotol

Secara umum trotolan kacer jantan memiliki bentuk kepala persegi. Dalam arti, jika diperhatikan maka bagian atas kepalanya akan terlihat datar atau ceper. Walaupun tidak 100% benar, namun cara ini memiliki keakuratan sekitar 70%. 

2. Paruh

Jika diperhatikan, paruh kacer anakan akan terlihat lebih pendek dibanding dengan betina. Selain itu, paruhnya juga berwarna hitam pekat pada bagian atas maupun pada paruh bagian bawah.

3. Warna bulu pada punggung

Kacer jantan trotol

Kemudian, coba kamu perhatikan warna bulu pada bagian punggungnya. Jika jantan, maka bulu punggung akan berwarna hitam yang sangat pekat. Sangat mudah jika pilihannya lebih dari satu ekor. Karena kamu dapat membandingkan dengan anakan lainnya.

4. Bulu dada

Kacer jantan trotol
Kacer trotol jantan

Jika diperhatikan pada bagian dada. Anakan kacer jantan memiliki ciri totolan berwarna hitam legam pada bagian dada. Hal ini berbeda dengan betina yang memiliki bulu dada yang sedikit kusam jika masih anakan.

5. Bentuk tubuh

Jika usia trotolan kacer lebih dari 3 minggu. Kamu bisa melihat dari bentuk tubuhnya. Jika jantan, maka memiliki bentuk tubuh yang ramping dan cara berdirinya tegak. Kamu bisa memperhatikannya ketika burung anakan sedang berjejer dengan anakan lainnya.

Nah setelah mengetahui poin penting dalam melihat perbedaan kacer trotolan jantan. Sekarang, kita akan membahas poin penting dalam membedakan kacer trotolan betina.

Kacer betina trotol

Kacer trotol betina memiliki perbedaan yang sebaliknya dari pada kacer jantan. Berikut perbedaannya :

1. Bentuk kepala

Kacer betina trotol
Bentuk kepala betina lebih kecil dan paruh yang besar

Dari segi bentuk kepala. Kacer betina yang masih trotol cenderung memiliki bentuk kepala yang bulat dan besar. Hal ini banyak diyakini oleh para kicau mania khususnya pecinta kacer.

2. Paruh

Kacer betina trotol
Bulu bagian bawah paruh terlihat kewarna abu abuan

Dibagian paruh sedikit lebih panjang dari pada jantan. Dan paruh tersebut berwarna hitam kusam dan tak sehitam pada paruh jantan. Terlihat ad beberapa warna abu-abu pada paruh betina yang masih trotol. 

3. Warna pada bulu punggung

Jika dilihat sekilas, agak sulit membedakan warna pada bulu punggung ini. Karena jika tidak teliti, kamu bisa saja salah menentukannya. Kacer betina trotol memiliki bulu punggung yang kusam dan tidak secerah warna hitam pada jantan.

4. Bulu dada

Kacer betina trotol
Bulu dada terlihat memiliki bercak keabu-abuan

Begitu juga pada bulu dada ini. Pada kacer betina anakan tentunya terdapat bintik hitam ke abu-abuan pada bulu dadanya.

5. Bentuk tubuh

Bentuk tubuh cenderung lebih bulat. Dan jika berdiri terlihat seperti menopang beban. Namun jika kacer berusia 3 minggu kebawah akan sulit membedakan dari bentuk tubuhnya. Sebab baik jantan maupun betina memiliki bentuk tubuh yang sama pada usia tersebut.

Itulah beberapa poin penting bagaimana cara membedakan kacer jantan dan juga betina yang masih trotol atau anakan. Semoga kamu dapat lebih mengerti dalam membedakan jenis kelamin kacer anakan setelah membaca artikel ini. antan maupun betina. 

Post a Comment for "Cara Membedakan Kacer Jantan Dan Betina Yang Masih Trotol"