Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Jenis Ikan Channa Yang Bagus Dipelihara Pada Aquarium

Jenis Ikan Channa
Channa Aurantimaculata

Ikan channa merupakan salah satu golongan ikan predator air tawar yang memiliki banyak jenis yang tersebar di seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia. Saat ini, beberapa jenis ikan channa sudah banyak dipelihara sebagai ikan hiasan karena memang memiliki corak warna tubuh yang menarik. 

Itulah sebabnya mengapa ikan channa ini memiliki harga jual yang bisa dibilang mahal. Nah, bagi kamu yang penasaran. Apa saja sih jenis ikan channa yang bagus untuk dipelihara pada aquarium ? Ikutin terus artikel ini ya....

Penjelasan Singkat Mengenai Jenis dan Asal Dari Ikan Channa

Ikan Channa merupakan saudara dekat dari ikan gabus yang sering kita temui di sungai maupun rawa. Namun ikan ini memiliki corak yang beragam pada tubuhnya. Selain itu, bentuk tubuhnya bulat memanjang bahkan bisa mencapai 1,5 meter. Dalam bahasa Inggris, ikan ini disebut dengan sebutan snakehead (kepala ular). Karena memang bentuk kepalanya seperti hewan ular pada umumnya.

Di alam liar, predator ini suka memangsa ikan - ikan kecil, katak dan serangga yang ada disekitarnya. Namun ia juga tidak segan melukai manusia yang berenang terlalu dekat ketika ia sedang menjaga anak-anaknya. 

Ikan channa memiliki daerah penyebaran yang cukup luas di wilayah Asia dan juga Afrika tak terkecuali Indonesia bagian barat  (Khususnya di wilayah Sumatera, Kalimantan dan juga pulau-pulau sekitarnya). Selain dijadikan ikan hias karena coraknya yang indah. Ikan ini juga sangat enak dijadikan santapan seperti digulai, sop atau juga bisa dibakar. 

Apa Saja Jenis Ikan Channa yang Cocok Dipelihara Pada Aquarium

Bagi kamu yang ingin memelihara ikan ini sebagai ikan hias aquarium. Saya memiliki beberapa rekomendasi jenis yang bagus dengan corak menarik seperti channa maru yellow sentarum, asiatica, pulchra, blue maru, andrao, barca, gachua, dan masih banyak lagi jenis lainnya. Langsung saja yuk, simak penjelasannya dibawah ini.

1. Ikan channa maru yellow sentarum

Ikan channa maru yellow sentarum

Salah satu jenis ikan hias yang lagi hits ialah channa maru yellow sentarum. Ikan ini memiliki corak seperti bunga teratai pada tubuhnya. Sehingga menjadikannya salah satu ikan yang cantik untuk dipelihara. Panjang tubuhnya bisa mencapai sekitar 75 cm ketika dewasa. 

Daerah penyebarannya pun cukup luas di wilayah Asia Tenggara salah satunya di Indonesia. Tepatnya di Kalimantan bagian Barat. Namun ingat, jika ingin memelihara ikan ini, sebaiknya jangan dicampur dengan ikan lainnya. Sebab ia sangat agresif kepada ikan yang berada didekatnya.

2. Channa asiatica

Ikan channa asiatica

Channa asiatica merupakan salah satu gabus hias yang sering juga disebut dengan Chinese snakehead dan green snakehead. Sesuai dengan nama sebutannya, ikan ini berasal dari lembah sungai Chang Jiang (Yangtze) provinsi Guangxi, China. Ikan asiatica dapat tumbuh hingga mencapai 35 cm. Ia juga merupakan spesies sangat agresif pada jenis ikan lain dan bahkan spesiesnya sendiri.

3. Channa pulchra

Ikan channa pulchra

Channa pulchra merupakan salah satu jenis channa terkecil yang berasal dari Myanmar. Ikan ini hanya dapat tumbuh mencapai 30 cm saja. Jadi kamu tidak perlu repot-repot menyediakan aquarium yang terlalu besar. Selain itu ikan ini termasuk mudah dalam perawatannya. 

Kamu bisa memberikan makanan berupa pelet, cacing sutra, udang, ikan kecil dan juga serangga seperti cere dan jangkrik. Yang perlu kamu ketahui ialah ikan ini tidak seagresif ikan channa pada umumnya. Ia bahkan lebih bersahabat dengan hiasan aquarium sekitar, seperti tanaman hias dan lain sebagainya. 

4. Channa andrao

channa andrao

Channa andrao, sekilas nama ''andrao'' seperti nama orang pada umumnya. Namun hal ini benar adanya. Nama ''andrao'' sendiri diambil dari nama penemu ikan jenis ini yaitu Andrew Rao. Ikan ini dapat ditemukan pada daerah rawa-rawa lefraguri, bagian barat Bengal dan juga di dataran anak sungai brahmaputra.

Jika dilihat dari nama habitatnya, sudah ketebak ikan channa yang satu ini berasal dari India. Yang juga merupakan salah satu ikan channa terkecil yang hanya dapat tumbuh sekitar 15 cm saja saat dewasa.

5. Channa barca

channa barca

Jenis ikan yang satu ini sempat viral lantaran harganya yang bisa dibilang fantastis. Ikan yang mampu tumbuh hingga 90 cm ini dibanderol dengan harga yang mencapai puluhan juta rupiah. Bahkan kabarnya harganya bisa melampauin harga motor Nmax, loh. Maka tak heran jika jenis ini merupakan salah satu ikan channa termahal saat itu.

Ikan ini juga berasal dari lembah sungai Brahmaputra bagian atas dan beberapa daerah lainnya di India. Sama seperti jenis channa pada umumnya, channa barca juga sangat agresif jika ada jenis ikan lain yang memasuki wilayahnya.

6. Channa auranti

channa auranti

Channa auranti jika dilihat sekilas mirip sekali dengan channa maru. Namun keduanya memiliki corak yang berbeda satu sama lainnya. Ikan ini mampu tumbuh mencapai sekitar 40 cm saja. Dan dapat ditemukan pada daerah yang memiliki curah hujan yang deras. 

Channa auranti ini merupakan ikan yang sangat agresif dan bahkan mau melompat keluar dari aquarium. Jadi, jika memelihara ikan ini, jangan lupa untuk selalu menutup bagian atas aquarium ya...

7. Channa gachua

Channa gachua

Channa gachua merupakan gabus gunung yang tersebar luas di wilayah Indonesia, diantaranya Sumatera, Jawa hingga Kalimantan. Ikan ini dapat dijumpai di hilir sungai dan sumber mata air parit persawahan yang jernih. Tak kalah dengan jenis channa lainnya. Gabus hias ini juga memiliki corak yang bervariasi. Sehingga membuat para peminatnya pun semakin banyak.

8. Channa melanoptera

Channa melanoptera

Channa melanoptera merupakan gabus yang berasal dari Pulau Kalimantan. Ikan ini dapat tumbuh mencapai panjang 65 cm jika dipelihara dalam aquarium. Namun di alam liar, ia hanya dapat tumbuh mencapai 30 sampai 40 cm saja. Jenis ikan channa hias ini memiliki warna biru tua yang membuat tubuhnya begitu indah mempesona. 

Ikan ini juga tidak terlalu agresif seperti jenis lainnya. Walaupun begitu, tetap saja ia tidak bisa dicampur dengan jenis  snakehead lainnya.

Itulah beberapa jenis ikan channa yang bagus dan juga memiliki corak yang cantik. Sangat cocok jika dijadikan sebagai ikan peliharaan aquarium dirumah. Diantara jenis ikan diatas, manakah yang menjadi ikan pilihan kamu ? 

Post a Comment for "8 Jenis Ikan Channa Yang Bagus Dipelihara Pada Aquarium"