Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makanan Burung Hantu Celepuk, Serak Jawa Dan Juga Anakan

Makanan Burung Hantu
Picture : deviantart.com

 Burung hantu merupakan salah satu golongan burung buas yang suka memakan daging. Ia dikenal sebagai burung yang aktif berburu pada malam hari (nokturnal). Selain pemakan daging, makanan burung hantu lainnya dapat berupa reptil kecil dan berbagai jenis serangga yang ditemuinya.

Rantai Makanan Pada Burung Hantu

Sebelum membahas lebih jauh, mari kita lihat rantai makanan yang ada dibawah ini.

rantai makanan pada burung hantu
Dimulai dari produsen hingga ke konsumen
yang berada di posisi paling atas

Dijelaskan bahwa rantai makanan merupakan sebuah proses perpindahan energi melalui sebuah peristiwa makan memakan antara mahluk hidup yang prosesnya terjadi secara berurutan atau linier. Dimulai dari produsen hingga ke konsumen yang berada di posisi paling atas.

Jika kita lihat gambar diatas, maka burung hantulah yang memiliki tahta paling tinggi dari rantai makanan tersebut.

1. Makanan burung hantu celepuk

burung hantu celepuk

Burung hantu celepuk merupakan hewan yang suka berburu dari tempat bertengger yang semi terbuka. Umumnya, mereka tinggal pada pohon-pohon tua yang memiliki lubang untuk mereka bertinggal.

Biasanya pada pohon tersebutlah mereka sering menemui mangsanya seperti serangga, ular kecil, kelelawar, tikus, burung kecil, katak, tokek, dan berbagai jenis reptil kecil lainnya.

2. Makanan burung hantu tyto alba/serak jawa/barn owl

burung hantu tyto alba/serak jawa/barn owl

Burung hantu tyto alba merupakan hewan yang sangat disukai oleh para petani. Sebab burung hantu ini sering sekali membantu para petani dalam membasmi hama tikus. Uniknya burung hantu ini memiliki 3 sebutan yang berbeda yaitu tyto alba, serak jawa dan juga barn owl. 

Selain memakan tikus sawah, burung tyto alba ini juga suka memakan daging. Tak hanya itu saja, ada makanan lain yang disukainya diantaranya :
  • Tupai
  • Burung kecil
  • Anak ayam
  • Burung puyuh
  • Ikan segar 

3. Makanan burung hantu anakan

Nah jika kamu menemui atau sedang memelihara burung hantu dari anakan. Ada beberapa makanan yang bisa kamu berikan kepada burung hantu anakan tersebut, diantaranya
  • Jangkrik
  • Tikus putih kecil
  • ikan lele kecil
  • Ulat jerman
Untuk pemberian ulat jerman sebaiknya jangan terlalu banyak. Karena jika dikonsumsi terlalu banyak akan menimbulkan rasa panas pada burung.

Cara Memberi Makan Burung Hantu

Selain makanannya, kamu juga harus tau bagaimana cara pemberian makanan kepada burung hantu yang sedang dipelihara. Agar pemberian makan dapat dilakukan dengan tepat. Sebaiknya lakukan langkah berikut ini.

1. Beri makanan dalam kondisi mentah

Berikan makanan kepada burung hantu dalam kondisi mentah. Sebab burung hantu sangat menyukai makanan secara alami dan tidak diolah. Berikan juga beberapa potong daging segar atau ikan lele yang masih segar.

2. Waktu pemberian makan

Berikan makanan terhadap burung hantu sehari 2 kali saja. Kamu bisa memberikan pada waktu pagi dan malam hari. Letakan makanan dibawah dan biarkan burung hantu menyambarnya.

3. Berikan makanan secukupnya 

Kamu bisa memberikan beberapa potong daging ayam untuk sekali makan saja. Sesuaikan pemberian makan dengan usia burung hantu yang kamu pelihara. Jika burung dewasa, kamu bisa memberikan sebanyak 3 - 5 potong dalam sekali makan. Jika masih anakan kamu cukup memberikan 1 - 2 potong daging.

Jika kamu berikan serangga kepada burung hantu anakan. Sebaiknya berikan 10 ekor dalam sekali makan. Selain itu kamu juga bisa memberikan 1 ekor ikan lele sebagai makanan tambahannya.

4. Sediakan minum pada wadah khusus

Berikan juga minum air bersih dalam sebuah wadah khusus. Burung hantu juga sama dengan burung lainnya yang membutuhkan asupan cairan untuk mencegahnya dari dehidrasi.

5. Berikan makanan kesukaannya

Sesekali kamu harus memberikan makanan yang biasa ia dapat dialam liar. Baik itu burung kecil, burung puyuh, tikus putih maupun serangga lainnya. Namun ingat, pemberian makanan ini bisa kamu berikan pada burung hantu yang sudah dewasa.

Selesai sudah pembahasan kali ini tentang makanan burung hantu beserta cara pemberian makanannya. Jika ingin memelihara burung hantu, sebaiknya peliharalah saat masih anakan. Sebab ketika dewasa ia akan jinak dan tidak terlalu agresif kepada kita. 

Post a Comment for "Makanan Burung Hantu Celepuk, Serak Jawa Dan Juga Anakan"