Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Rekomendasi Makanan Kura Kura Peliharaan Yang Baik

Makanan Kura Kura

 Taukah kamu, apa saja makanan kura kura yang baik dan yang paling disukainya ? Yuk temukan jawabannya dibawah ini. 

Kura kura merupakan salah satu golongan hewan reptil yang memiliki batok atau cangkang yang sangat keras dan juga kaku. Batok tersebut berfungsi sebagai tempat berlindung ketika hewan ini sedang dalam bahaya. 

Ada banyak sekali jenis kura kura yang bisa kamu pelihara, seperti kura kura brazil, sulcata, ambon, kura kura kecil hijau dan masih banyak jenis kura kura lainnya di Indonesia ini. Namun tau tidak, apa saja sih makanan yang disukai oleh hewan reptil ini ? Langsung saja yuk simak 10 makanan kura kura peliharaan yang baik untuk pertumbuhannya. 

Jenis Makanan yang Baik Untuk Kura Kura Peliharaan

Pada umumnya semua jenis kura kura itu makanannya hampir sama. Jadi kamu tidak perlu khawatir dalam pemberian makanan terhadapnya. Dan disini saya akan menjelaskan makanan apa saja yang bisa diberikan kepada hewan ini untuk menunjang pertumbuhannya.

1. Udang

udang

Di alam liar, udang merupakan salah satu makanan favorit kura kura air. Memberikan udang, dapat membuat tempurung kura kura menjadi lebih berwarna.

2. Ikan kecil

ikan kecil

Selain udang, ikan ikan kecil yang sering ditemui disawah maupun sungai juga menjadi makanan yang disukai oleh kura kura yang berhabitat di air. 

3. Kangkung

Sayuran kangkung

Kangkung merupakan tumbuhan yang sering dijumpai pada rawa rawa. Namun, kangkung ini merupakan makanan yang paling disukai oleh jenis kura kura Brazil dan juga kura kura ambon.

4. Jangkrik

serangga jangkrik

Walaupun sulit ditemui dialam liar, namun jangkrik banyak dijual di toko burung dimana pun berada. Pemberian jangkrik sangat baik bagi kura kura jenis Brazil dan juga kura kura ambon karena banyak mengandung protein. 

5. Pepaya

buah pepaya

Buah pepaya juga sangat disukai oleh kura kura Brazil. Berikan pepaya sebagai makanan selingan agar ia tidak bosan dengan makanan yang itu itu saja.

6. Cacing

cacing

Dialam liar, kura kura juga memangsa cacing yang ditemuinya. Baik itu cacing air maupun cacing tanah. Kamu bisa sesekali memberikan cacing kepada kura kura jenis apapun. 

7. Daging ayam

Jika kamu ingin memberi daging ayam kepada kura kura. Sebaiknya daging tersebut direbus tanpa bumbu terlebih dahulu. Sebab kura kura biasanya tidak akan mau makan kalau daging dalam keadaan mentah. Berikan daging sesekali saja, dikarenakan hewan ini kurang menyukai makanan berupa daging.

8. Pelet

Pelet pakan kura kura

Walaupun kamu sering menemui kura kura Brazil diberi makanan pelet. Namun pemberiannya tidak dianjurkan terlalu sering. Sebab pelet merupakan pakan buatan dan bukan merupakan makanan alami kura kura. Sebaiknya pemberiannya diselingi dengan makanan berupa sayuran maupun buah - buahan.

9. Ulat hongkong

ulat hongkong

Ulat hongkong merupakan pakan yang memiliki protein tinggi. Namun pemberianya tidak boleh terlalu sering karena sifatnya yang panas. Kamu bisa menjadikan ulat hongkong sebagai makanan tambahan untuk kura kura air maupun darat.

10. Tulang sotong

tulang sotong

Beberapa informasi yang saya temukan, tulang sotong baik diberikan kepada jenis kura kura Brazil sebagai sumber kalsium. Jika memang benar, maka kamu bisa dapatkan tulang sotong di toko burung terdekat. 

Itulah beberapa makanan kura kura yang perlu kamu ketahui. Berikan makanan secukupnya saja. Jika terlalu berlebihan maka dapat membuat air pada kolam cepat kotor. Sehingga dapat mempengaruhi kesehatan dan selera makannya.

Post a Comment for "10 Rekomendasi Makanan Kura Kura Peliharaan Yang Baik "