Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Syarat Hewan Qurban Berdasarkan Syariat Islam

Syarat Syarat Hewan Qurban

 Apa saja syarat syarat hewan qurban ? Memasuki hari raya idul adha, semua umat muslim seluruh dunia akan melakukan ibadah berqurban. Bagi kamu yang ingin berqurban pada tahun ini, sebaiknya ketahui dahulu syarat berqurban disini.

Syarat Hewan Qurban Menurut Syariat Islam

Ada beberapa ketentuan hewan qurban yang wajib diketahui agar ibadah qurban yang dilakukan sah. Apa saja itu, berikut ulasannya.

1. Jenis hewan qurban

Kambing

kambing qurban

Kambing salah satu hewan yang paling banyak dijadikan sebagai hewan qurban. Jika memilih kambing sebagai hewan qurban. Maka satu ekor kambing qurban hanya untuk satu nama orang yang ingin berqurban.

Kambing yang ingin diqurbankan minimal harus berusia dua tahun. Hal ini telah di sepakati oleh para Ulama. Dikarenakan pada usia tersebut kambing qurban memiliki daging lebih banyak dan tebal.

Domba

domba qurban

Domba juga termasuk hewan ternak yang banyak dipilih untuk di qurbankan. Domba memiliki hitungan yang sama dengan kambing, yaitu satu ekor domba untuk satu nama orang yang ingin berqurban.

Untuk usia domba sendiri, boleh diqurbankan ketika mencapai usia minimal satu tahun atau domba tersebut telah berganti gigi.

Hadits tentang syarat hewan qurban

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Muslim dari Jabir, Rasulullah SAW bersabda: “Jangan kamu menyembelih untuk qurban melainkan yang telah berganti gigi kecuali jika sukar didapat, maka boleh berumur satu tahun (yang masuk ke dua tahun) dari kambing/domba.” (HR. Muslim)

Sapi

sapi qurban

Walaupun harga nya mahal, tetapi sapi juga banyak dijadikan sebagai hewan qurban. Biasanya, satu ekor sapi qurban bisa untuk tujuh nama orang yang ingin berqurban. Sapi yang ingin dijadikan qurban harus mencapai usia dua tahun. Dimana pada usia tersebut sapi memasuki usia remaja dan memiliki daging yang lebih banyak.

Unta

Unta qurban

Unta lebih banyak dijadikan qurban di Jazirah Arab dan hal ini sangat lazim digunakan sebagai hewan qurban. Usia unta qurban berbeda dengan kambing, domba, dan sapi. Unta yang dijadikan qurban memiliki batas usia minimal lebih dari lima tahun.

Dikarenakan usia tersebut merupakan usia yang tepat bagi unta untuk diqurbankan. Satu ekor unta bisa untuk tujuh hingga sepuluh nama orang yang ingin berqurban.

2. Hewan yang sehat 

Hewan yang ingin di qurbankan harus lah sehat dan gemuk. Dalam hal ini Rasulullah SAW telah merinci beberapa hal hewan yang tak boleh di qurbankan. 

Agar dapat memenuhi syarat dalam berqurban. Maka janganlah memilih hewan yang buta sebelah matanya, hewan yang pincang, hewan yang dalam keadaan sakit, hewan yang kurus tak berlemak dan tidak mempunyai sumsum tulang.

Tetapi ada beberapa cacat pada hewan yang tidak menghalangi sahnya ibadah berqurban. Hewan yang dikebiri dan hewan yang pecah tanduknya tetap sah dijadikan sebagai hewan qurban.

3. Hewan yang bukan milik orang lain

Hewan yang di qurbankan tidak akan sah jika bukan milik sendiri. Artinya ibadah berqurban akan menjadi tidak sah jika hewan didapat dari hasil mencuri. 

Selain itu hewan yang di gadai oleh seseorang juga tidak sah jika dijadikan sebagai hewan qurban. Dan hewan titipan yang masih terkait dengan hak seseorang juga tidak sah dijadikan hewan qurban.

4. Waktu penyembelihan hewan qurban

Hewan qurban harus disembelih pada waktu yang telah ditentukan syari'at. Waktu yang tepat dalam penyembelihan hewan qurban yaitu dilakukan setelah sholat Idul Adha.

Dan batas akhir penyembelihan hewan qurban adalah terbenam nya matahari pada tanggal 13 Dzulhijjah. Dimana 13 Dzulhijjah tersebut merupakan hari keempat dari hari awal idul adha.

Itu lah syarat syarat hewan qurban yang sesuai dengan syariat islam. Semoga ibadah qurban yang telah kita lakukan diterima oleh ALLAH SWT, AMIIN...

Post a Comment for "Syarat Hewan Qurban Berdasarkan Syariat Islam"