Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merawat Hewan Peliharaan Yang Baik Disekitarmu

Cara Merawat Hewan Peliharaan.

 Bagaimana cara merawat hewan peliharaan yang berada disekitar kita ? Ada banyak cara yang bisa kita lakukan agar hewan yang berada dilingkungan sekitar menjadi salah satu peliharaan yang dapat kita rawat dengan baik. Contoh yang paling umum adalah kucing dan burung. Kedua hewan ini dapat kita temui dimana saja. Dan tentunya kita dapat memeliharanya, asalkan dirawat dengan sebaik mungkin.

Tiga Cara Merawat Hewan Peliharaan Disekitar

Disini kita ambil contoh seekor kucing. Hewan ini selalu berada disekitar kita walaupun kita tidak memeliharanya. Jadi, apabila kamu ingin merawat kucing tersebut. Lakukan tiga langkah ini agar ia dapat menjadi hewan peliharaan kamu. 

1. Selalu Memberi Makan

Rata - rata kucing yang selalu datang menghampiri rumah kita tujuannya yaitu mencari makan. Tidak ada salahnya jika kita memberinya sedikit makanan atau sisa makanan yang kita punya. Sebab, kucing juga membutuhkan makan dan ia akan selalu mendatangi rumah untuk mencari sisa makanan.

Jika kamu memberi makan sesering mungkin. Maka ia akan selalu lebih sering berada didalam lingkungan rumah kamu berada. Dan ia akan selalu menunggu untuk diberi makan oleh mu. Jadi, insting hewan ini sangat peka. Ia akan selalu mengingat orang yang sering memberi ia makan.

2. Sering berinteraksi

Gambar oleh Anastasia Gepp dari Pixabay 

Berinteraksi disini bukan selalu mengajak bicara. Namun kamu bisa sesekali membelai atau mengelus bagian kepala yang memang disukai oleh kucing. Hal ini bertujuan agar ia tidak menjadi takut terhadap orang yang mungkin baru ia temui. Kamu dapat melakukan interaksi ini pada saat memberikan makanan terhadapnya.

3. Jangan Kasar

Terkadang kucing dapat membuat ulah yang menjengkelkan. Ntah itu mengambil makanan tanpa sepengetahuan kita, maupun pup sembarang di sekitar halaman rumah. Hal ini terkadang membuat sebagian orang kesal dan terkadang berlaku kasar terhadapnya. Sebaiknya hindari perlakuan kasar terhadap hewan tersebut.

Sebab, hal ini dapat membuatnya menjadi trauma dan takut ketika melihat orang yang sudah berbuat kasar terhadapnya. Jika tidak menyukai dengan tingkah lakunya, maka bisa mengusirnya dengan cara yang halus tanpa harus mengkasarinnya. 

Cara Merawat Hewan Peliharaan Yang Baik

Kalau tadi saya sudah membahas bagaimana cara merawat hewan peliharaan yang berada disekitar kita. Maka saya juga akan membahas, cara merawat hewan yang sedang kita pelihara seperti ikan, kelinci ,burung, ayam dan hewan peliharaan lainnya. 

Sebenarnya di blog ini saya sudah membahas bagaimana cara perawatan hewan yang sudah disebutkan diatas. Kamu bisa mencarinya melalui menu dengan judul yang berada diatas. Namun, ada beberapa poin yang harus diketahui dalam memelihara hewan dengan baik.

1. Mencukupi Kebutuhannya

Saat kita memelihara hewan, tentu hal yang wajib dipenuhi ialah kebutuhan dari hewan tersebut. Hal ini dapat meliputi makanan / minuman, tempat tinggal, vitamin dan lain sebagianya. Jika tidak dapat memenuhi kebutuhannya, sebaiknya hindari untuk memeliharanya.

2. Menjaga Kebersihan Tempat Tinggalnya

Agar kesehatannya selalu terjaga, kita juga harus rajin membersihkan kotoran yang berada didalam kandang / sangkar dan aquarium / kolam. Menjaga kebersihannya sama saja dengan melindunginya dari gejala penyakit.

3. Sering Melakukan Interaksi

Gambar oleh Zigmars Berzins dari Pixabay 

Jika memelihara hewan seperti anjing, kucing, burung, sugar glider dan hewan lainnya yang membutuhkan interaksi. Maka luangkanlah sedikit waktu untuk berinteraksi terhadapnya. Agar hewan tersebut lebih mengenal siapa tuannya,

Itulah beberapa poin penting bagaimana cara merawat hewan peliharaan yang berada disekitar maupun yang memang sengaja kita pelihara. Berilah perlakuan baik terhadap hewan, karena ia juga makhluk hidup yang juga membutuhkan asupan pakan agar dapat bertahan untuk hidup.

Post a Comment for "Cara Merawat Hewan Peliharaan Yang Baik Disekitarmu"