Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ikan Discus : Cara Merawat, Makanan Dan Jenisnya

Ikan Discus

 Ikan discus merupakan ikan hias air tawar yang berasal dari perairan Amazon. Discus menjadi salah satu ikan yang paling populer untuk dijadikan sebagai ikan hias. Walaupun sangat populer, namun memelihara ikan ini tidak lah mudah. Butuh perawatan khusus agar ia tidak mudah mati saat dipelihara.

Cara Merawat Ikan Discus

Jika kamu baru pertama kalinya ingin memelihara ikan discus. Coba lah untuk mengikuti langkah - langkah dibawah ini. Agar kamu lebih memahami cara merawat discus dengan baik dan benar.

1. Sediakan Heater

Alat ini berguna untuk mengatur suhu air di dalam aquarium. Sebab, ikan discus membutuhkan suhu air berkisar antara 27 - 32° C untuk dapat bertahan hidup. Jadi tentunya kamu harus menyediakan alat ini sebelum memeliharanya.

2. Menggunakan Filter

Penggunaa filter sangat diperlukan untuk menjaga kebersihan air pada aquarium. Jika tidak menggunakan filter, maka ikan ini sangat mudah sekali untuk terserang penyakit.

3. Perhatikan pH Air

Selain harus memperhatikan suhu air aquarium. Pengukuran pH air juga perlu dilakukan. Ikan discus hias membutuhkan pH air yang ideal yaitu 6,5. Jangan sampai pH air diatas 7 ataupun dibawah 6 yang dapat mengakibatkan discus menjadi stres.

4. Pergantian Air

Walaupun sudah menggunakan filter. Pergantian air juga perlu dilakukan minimal 2 kali dalam seminggu. Hal ini bertujuan untuk melindungi ikan dari amonia. Pergantian air dilakukan dengan cara mengurasnya sebanyak 50% dari air yang terisi pada aquarium.

Setelah itu, isi kembali dengan air baru sebanyak 50%. Namun ingat, air baru harus lebih dingin dari air yang berada pada aquarium. Selain itu, perbedaan suhu antara air baru dan aquarium juga tidak boleh melebihi 2 - 4° celcius.  

5. Pemberian Kayu Apung

Memberi kayu apung pada aquarium yang berisi ikan discus, memiliki dampak yang positif. Selain membuat ikan merasa seperti dihabitat aslinya. Ternyata kayu apung juga dapat melunakan air dan menurunkan kadar pH agar sesuai dengan kondisi lingkungan.

6. Memberikan Hiasan 

Menambahkan hiasan seperti tumbuhan air akan membuat ikan merasa lebih nyaman dan tidak mudah stres. Ada banyak hiasan tumbuhan air yang dijual dipasaran dengan harga yang terjangkau.

7. Pelihara Lebih Dari Satu

Ikan discus merupakan ikan yang hidup  secara berkelompok kecil. Biasanya ikan ini ditemukan dalam kelompok kecil sekitar 5 - 6 spesies. Ikan ini juga tidak agresif dan bisa dicampur dengan ikan jenis lainnya. 

Makanan Ikan Discus

Ikan discus menyukai makanan yang sudah kering seperti pelet maupun flakes. Selain pelet, ikan ini juga menyukai makanan hidup seperti cacing sutra. Namun, sebagian penghobi memberikan pakan buatan seperti yang dibuat dari hati sapi. Akan tetapi pakan buatan ini dapat membuat aquarium menjadi lebih cepat kotor. Adapun makanan ikan discus lainnya berupa : 

  • Artemia
  • Kutu air
  • Cacing darah / Cacing beku
  • Jentik nyamuk

Tips Memberi Makanan Terhadap Ikan Discus

Setelah mengetahui makanan apa saja yang bisa diberikan untuk si ikan hias ini. Saya akan memberikan beberapa tips cara pemberian makan yang baik untuk ikan peliharaan ini. Langsung saja kamu bisa simak tips berikut ini :

1. Memberi Makan Secara Handfeeding

Pemberian makan secara langsung menggunakan tangan perlu kamu lakukan sesekali agar ikan menjadi lebih tenang. Pemberian secara handfeeding ini bisa dilakukan dengan cara memberinya makanan berupa cacing beku.

2. Mengatur Porsi Makan

Pemberian pakan kepada ikan juga harus diatur dengan pola yang baik. Ikan discus termasuk salah satu ikan hias yang harus sering diberi makan. Namun ingat, jika memberi pelet sebagai makanannya. Sebaiknya berilah makanan secukupnya agar tidak mencemari aquarium ketika makanan tersebut tersisa.

3. Memberi Makanan Hidup Minimal Seminggu Sekali

Jika memutuskan menggunakan pakan utama berupa pelet. Tidak ada salahnya untuk memberikan makanan hidup minimal seminggu sekali. Hal ini bertujuan agar ikan tetap memiliki sifat alaminya untuk memakan makanan hidup seperti cacing sutra. Selain itu, makanan hidup juga memiliki kandungan protein dan nutrisi yang sangat baik untuk discus. Serta dapat membuat warna tubunya menjadi cerah.

Jenis Ikan Discus

Ikan discus memiliki banyak sekali jenis yang dibedakan dari warna maupun corak pada tubuhnya. Bagi kamu yang belum paham akan jenis ikan ini, bisa menyimak langsung pembahasan yang ada dibawah ini mengenai jenis jenis ikan discus. 

Discus Leopard

Discus Leopard

Discus ini dinamakan leopard karena memiliki corak yang hampir sama dengan macan tutul. Ikan ini juga termasuk salah satu jenis ikan discus yang memiliki harga jual yang cukup mahal. Selain itu ia juga memiliki garis vertikal pada wajah, namun terlihat samar.

Discus Red Melon

Discus Red Melon

Discus red melon tidak memiliki corak sedikitpun pada bagian tubuhnya. Ia hanya memiliki warna merah dan kuning kemerahan pada bagian wajahnya. 

Blue Diamond

discus Blue Diamond

Ikan ini juga tidak memiliki sedikitpun corak yang menempel pada tubuhnya. Ia hanya memiliki warna biru yang kontras apabila terkena cahaya lampu aquarium. 

Discus Checkerboard Pigeon

Discus Checkerboard Pigeon

Berbeda dengan jenis leopard. Discus checkerboard pigeon memiliki corak merah yang merata disekujur tubuhnya. Bahkan corak tersebut juga terlihat pada bagian wajahnya. Selain itu, ikan ini juga memiliki warna dasar putih yang menarik.

Golden Yellow

discus Golden Yellow

Discus ini juga salah satu jenis yang tidak memiliki corak sama sekali. Namun ia memiliki warna kuning cerah yang dapat memanjakan mata jika dipelihara pada aquarium.

Discus Turquoise

Discus Turquoise

Jenis turquoise ini memiliki beberapa varian warna dasar yaitu merah dan orange. Ikan ini juga memiliki corak garis yang hampir menutupi seluruh bagian tubuhnya. 

Red Marlboro

discus Red Marlboro

Jika dilihat sekilas, discus red marlboro terlihat sama dengan jenis red melon. Namun, red marlboro memiliki warna merah yang cerah pada sekujur tubuhnya. Jenis ini juga memiliki beberapa varian diantaranya : muka putih, muka kuning, merah solid dan merah dengan sedikit corak pada sirip atas maupun bawah.

Discus Snakeskin 

Discus Snakeskin

Discus ini dinamai snakeskin dikarenakan memiliki corak tubuh berbintik yang memenuhi seluruh tubuhnya. Banyak orang yang menganggap bahwa corak tersebut seperti layaknya sisik ular. Hal ini lah yang membuat ia dijuluki sebagai snakeskin.

Itulah beberapa pembahasan mengenai cara merawat ikan discus. Serta mengenali jenis discus yang saat ini sedang populer sebagai ikan hias aquarium. Saatnya tinggal menentukan discus mana yang akan kamu jadikan sebagai ikan hias peliharaan.

Post a Comment for "Ikan Discus : Cara Merawat, Makanan Dan Jenisnya"