Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Burung Kolibri Yang Ada Di Indonesia Dan Makanannya

Jenis Burung Kolibri

 Saat ini burung kolibri atau burung pemakan madu sudah sangat jarang ditemui disekitar halaman rumah. Padahal jenis burung kolibri ini sangat banyak di Indonesia. Ada sekitar tujuh jenis kolibri yang saya ketahui sampai dengan saat ini. 

7 Jenis Burung Kolibri Yang Ada Di Indonesia

Burung mungil ini juga banyak dipelihara oleh para penghobi burung. Jenis yang paling banyak diminati ialah kolibri ninja, kolibri wulung dan kolibri sepahraja. Ketiga burung kolibri tersebut merupakan yang paling banyak dipelihara dibanding jenis kolibri lainnya. Adapun jenis jenis burung kolibri tersebut ialah :

1. Kolibri Sepah raja

Kolibri Sepah raja
Picture : Wikipedia

Kolibri sepahraja ini biasanya sering terlihat sendirian dan terkadang juga terlihat berpasangan. Burung jenis ini suka mengunjungi pohon dadap/cangkring dan pohon berbunga lainnya. Sepahraja dikenal sebagai burung pemakan nektar bunga dan juga serangga kecil.

Burung ini dapat berkembang biak hampir sepanjang tahun. Jumlah telur nya biasanya 2 butir, dengan ciri - ciri berwarna merah jambu berbintik-bintik. Telur tersebut diletakkan di dalam sarang menggantung tidak jauh dari permukaan tanah, tepi hutan, atau belukar sekunder.

2. Kolibri Ninja

Kolibri ninja
nurdian.com

Kolibri ninja atau bisa juga disebut Konin ini, lebih menyukai kawasan pinggir hutan, tempat terbuka, dan perkebunan karet. Burung ini biasanya hidup sendirian atau berpasangan. Burung ini memakan biji-bijian kecil, nektar, buah-buahan, dan beberapa serangga. 

Kolibri ninja ini juga banyak dipelihara oleh para penghobi burung. Selain itu kolibri ini juga terdapat kelas khusus pada event kontes. Konin mampu berkembang biak 3 kali dalam 1 tahun. Jumlah telurnya biasanya hanya 2 butir saja. Dengan ciri - ciri berwarna coklat, yang diletakkan pada sarang seperti bentuk kantung yang menggantung. Untuk bahan sarangnya terbuat dari akar, letaknya tidak jauh dari permukaan tanah.

3. Kolibri kelapa

Kolibri kelapa
picture : rimboulubc.com

Burung kolibri kelapa memiliki ukuran tubuh lebih besar di banding kolibri lainnya. Ia dikenal sebagai burung penetap, baik itu di pekarangan terbuka, perkebunan kelapa, semak belukar, dan hutan mangrove. Burung ini juga memiliki sifat teritorial secara agresif. 

Bahkan ia juga tidak segan untuk mengusir burung kolibri lainnya dari pohon atau sumber makanan yang disukainya. Kolibri kelapa juga pemakan nektar bunga yang berbentuk terompet pada benalu, pisang, serangga seperti laba-laba kecil dan juga kembang sepatu. Ia juga mampu berkembang biak sepanjang tahun. 

4. Kolibri Merak/Gunung

Kolibri Merak/Gunung
Picture : raesandriya.blogspot.com

Kolibri Merak/Gunung ini biasanya terbang sendirian, berpasangan, atau dalam kelompok kecil. Jenis burung kolibri ini biasanya berada tidak jauh di atas kaki gunung. Kolibri merak sangat senang mendatangi pepohonan yang sedang berbunga dan tumbuhan yang merambat di hutan lebat, serta hutan bekas tebangan. 

Sama seperti kolibri lainnya, ia juga pemakan nektar, laba-laba, ulat, dan beberapa jenis serangga kecil lainnya. Pada masa perkembangbiakan umumnya jumlah telurnya hanya 1 butir saja. Dengan ciri telur berwarna crem berbintik cokelat yang diletakan pada sarang berbentuk kantung yang menggantung. 

Namun sangat sulit untuk menemukan sarang dari kolibri ini. Hal ini dikarenakan sarangnya cukup tinggi dari permukaan tanah.

5. Kolibri wulung

Kolibri wulung
Picture : abahtani.com

Kolibri wulung memiliki bentuk paruh yang berbeda dengan kolibri pada umumnya. Biasanya burung ini hidup sendirian atau berpasangan. Namun terkadang juga terlihat bergabung dengan jenis burung lainnya. Burung kolibri wulung sering dijumpai di pinggiran hutan, perkebunan kelapa, dan hutan cemara, untuk mencari serbuk sari untuk dimakan.

Burung ini memakan tepung sari, madu yang terdapat pada buah kecil, serangga kecil, dan ulat. Dalam setahun ia hanya berkembang biak 1 kali saja. Jumlah telurnya pun tidak banyak hanya 2 butir saja.

6. Kolibri Bakau

Kolibri Bakau
Picture : Omkicau.com

Kolibri ini sepintas terlihat seperti kolibri ninja. Mungkin ini yang disebut king konin. Kolibri bakau ini berhabitat di hutan mangrove, dan kebun kelapa di dekat pantai. Makanan burung ini juga sama seperti kolibri pada umumnya yaitu, tepung sari, nektar, dan serangga kecil. 

Sarang burung ini sering ditemui di rawa bakau. Jumlah telur biasanya 2 butir, dengan ciri berbintik cokelat yang diletakkan pada sarang berbentuk kantung dan menggantung. 

7. Kolibri Sriganti/Sogok ontong

Kolibri Sriganti/Sogok ontong
Picture : jalaksuren.net

Kolibri sogok ontong mungkin sering dijumpai pada disekitar rumah di sebuah pedesaan. Burung ini suka berkelompok kecil, dan termasuk burung yang cerewet ketika mendatangi suatu pohon. Kolibri Sriganti ini hidup dalam kelompok kecil, suka berpindah-pindah dari satu pohon, ke pohon lainnya.

Mereka juga senang mengunjungi pekarangan, semak pantai, dan hutan mangrove, atau mendatangi bunga loranthus, morinda, pohon pepaya, dan lain sebagainya. Makanan utamanya ialah nektar, serangga kecil, dan laba-laba kecil.

Kolibri ini memiliki sarang berbentuk kantung dari rumput yang tergantung pada dahan rendah dan terjalin dengan kapas alang-alang. Umumnya jumlah telurnya hanya 2 butir saja. Dengan ciri berwarna keputihan berbintik abu - abu putih.

Nah, itulah beberapa jenis burung kolibri beserta makanannya. Dikarenakan burung ini sudah sangat jarang ditemui, maka sebaiknya kita menjaga kelestariannya dengan tidak menjerat secara besar - besaran dihutan. 

Post a Comment for "Jenis Burung Kolibri Yang Ada Di Indonesia Dan Makanannya"