Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Cara Merawat Hamster Untuk Pemula Agar Cepat Jinak

Cara Merawat Hamster

 Bagi para pemula, sebelum memelihara hamster. Sebaiknya ketahui terlebih dahulu bagaimana cara merawat hamster agar tidak mudah mati. Hewan pengerat ini memiliki beberapa ras dan varietas yang berbeda, bervariasi dalam ukuran dan juga karakternya. Untuk mengetahuinya silahkan baca artikel yang berjudul Jenis Jenis Hamster Yang Populer Di Indonesia

Biasanya, hamster dapat hidup hingga dua tahun. Namun ada juga beberapa jenis yang dapat hidup lebih lama. Hamster sering menjadi hewan peliharaan bagi anak - anak. Namun, kebutuhan mereka sebenarnya sangat kompleks dan dapat dengan mudah sakit apabila mendapat penanganan yang kurang tepat.

Cara Merawat Hamster Dengan Memenuhi Kebutuhannya

Tidak ada satu cara 'sempurna' untuk merawat semua jenis hamster. Karena setiap hamster memiliki cara penanganan yang berbeda - beda. Namun kamu harus mengambil langkah - langkah yang wajar untuk memastikan bahwa kamu dapat memenuhi semua kebutuhan mereka.

Untuk itu kamu harus mengetahui dulu fakta mengenai hewan hamster ini. 

Hamster Senang Menjelajah

Hamster menggunakan kumisnya untuk membantu mendeteksi objek untuk menjelajahi lingkungan mereka. Hewan ini sangat aktif dan suka bermain. Untuk itu kamu harus menyediakan tempat bermain yang dapat dibeli di toko hewan.

Hamster Aktif di Malam Hari

Hamster memiliki mata yang besar dan retina yang dapat berfungsi melihat dengan baik pencahayaan yang kurang intens.

Tidak Semua Hamster Ramah

Yang harus kamu ketahui ialah tidak semua jenis hamster ini ramah terhadap sentuhan tangan manusia. Contohnya hamster jenis campbell. Mereka bisa saja langsung menggigit ketika terkejut atau ketika sedang lapar.

Memelihara jenis ini sangat tidak disarankan untuk anak - anak. Karena dapat membahayakannya. 

Setelah mengetahui beberapa fakta dari hamster. Tentu kamu sudah memahami sedikit mengenai karakter dari hewan ini. Nah, sekarang yang harus kamu ketahui ialah ''Apa saja yang dibutuhkan untuk memelihara hamster?'' Dan bagaimana cara merawatnya. Simak ulasannya dibawah ini.

1. Pemilihan Kandang

kandang hamster

Hamster membutuhkan rumah yang nyaman sebagai tempat menjelajah dan bermain. Pemilihan kandang hamster juga harus disesuaikan dengan berapa banyak hamster yang ingin kamu pelihara. Biasanya rumah hamster ini sudah dilengkapi tempat bermain. Namun, kamu bisa menambahkannya dengan membelinya secara terpisah.

Baca jugaJenis kandang hamster yang bagus beserta harganya

2. Memilih Jenis Hamster yang Ingin Dipelihara

jenis hamster

Untuk lebih lengkapnya. Kamu bisa membaca di artikel yang sudah saya sebut diatas. Di pembahasan itu, kamu dapat memahami jenis hamster beserta karakter dari masing - masing hewan pengerat ini.

3. Tempatkan di Ruangan yang Nyaman

Kamu bisa menempatkan hamster di kamar atau diruangan yang jauh dari ventilasi atau jendela berangin. Hal ini untuk memastikan mereka berada di lingkungan yang terkendali suhu yang aman. 

4. Jangan Langsung Mencoba Mengambilnya

Picture : wikihow.com

Jika kamu baru saja membeli hamster ditoko. Jangan langsung memegangnya atau mencoba mengambilnya. Bisa saja ia langsung menggigit tangan kamu hingga terluka. Namun ada jenis hamster yang memang sangat aman untuk dipegang, yaitu jenis hamster syrian.

Jika kamu memelihara jenis lainnya. Sebaiknya tunggu beberapa hari agar ia mengenali kamu sebagai tuan barunya.

5. Mencoba Perlahan Memberi Makan Secara Langsung

Setelah 3 hari, kamu bisa mencoba perlahan untuk memberikan makanan secara langsung. Caranya dengan memberikan beberapa butir biji jagung yang diletakan di tangan. Lalu biarkan mereka mengambil langsung makanan yang telah kamu beri.

Lakukan cara ini sesering mungkin agar hamster cepat jinak terhadap kamu. Dan sesekali berikan elusan halus terhadap mereka agar ia semakin nyaman jika berada di dekat kamu.

6. Ketahui Makanan Apa Saja yang Dapat Diberikan

Cara Merawat Hamster

Pemberian makanan hamster juga tidak boleh sembarangan. Untuk mengetahui lebih lengkapnya silahkan membaca artikel yang berjudul 8 Makanan Hamster Biar Cepat Besar Berprotein Tinggi.

Selain memberi makana.n, kamu juga harus memberikan minum dengan menggunakan botol minum khusus hamster. Namun tenang saja, ketika membeli kandang untuk hamster, botol minum tersebut sudah berada satu paket di dalam kandang.

Jika tidak ada, kamu bisa menanyakan langsung kepada penjual perihal botol minum tersebut.

7. Berikan Serutan Kayu di Dasar Kandang

Karena kencing hamster dapat mengeluarkan bau yang kurang sedap. Maka pemberian serbuk kayu ini dibutuhkan sebagai peredam agar tidak bau. Namun kamu juga harus rutin mengganti serbuk ketika sudah mulai tercium bau pada kandang. 

8. Rutin Membersihkan Kandang

Cara Merawat Hamster

Seringlah membersihkan kotoran dan sisa makanan yang berada di dalam kandang. Terutama sisa makanan dari jagung yang dapat mengundang semut untuk mendatangi kandang hamster tersebut.

Tak hanya itu, kamu juga perlu mencuci dan membersihkan kandang beserta tempat bermainnya minimal seminggu sekali dengan menggunakan sabun. Tujuannya ialah agar hewan mungil ini terhindar dari kuman dan bakteri penyakit.

9. Luangkan Waktu Untuk Bermain Bersamanya

Kamu bisa mengajaknya bermain diluar kandang dengan syarat tidak ada hewan pengganggu disekitarnya, seperti kucing. Sebaiknya berikan sekat agar ia tidak bisa lolos kedaerah yang sulit dijangkau. 

Namun kamu harus berhati - hati dengan jenis roborovski. Karena hewan paling kecil ini dapat berlari sangat kencang yang sulit untuk ditangkap.

10. Berikan Pasangan Agar Dapat Berkembang Biak

Picture : Wikihow.com

Setelah sudah mulai paham cara merawat hamster. Maka kamu bisa memberikan pasangan terhadap hamster yang telah di pelihara sebelumnya. Pasangkan lah hamster dengan sejenisnya. Dan jangan langsung digabung karena dapat terjadinya perkelahian. 

Berikan sekat namun tetap dapat melihat satu sama lainnya. Setelah beberapa hari sekat bisa di lepas dan pantau selalu perkembangannya. Jika terlihat akur, kemungkinan hamster tersebut dapat berjodoh dan akan segera melakukan perkawinan.

Jika mengikuti panduan cara merawat hamster diatas. Mudah - mudahan hewan mungil kamu dapat dengan cepat beradaptasi dengan lingkungan yang baru dan jinak terhadap orang disekitarnya. 

Post a Comment for "10 Cara Merawat Hamster Untuk Pemula Agar Cepat Jinak"