Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memahami Istilah Seri Burung Kenari F1, Afs, Af Dan Loper

Istilah Seri Burung Kenari

 Bagi para pemula, tentunya sangat asing jika mendengar istilah seri burung kenari F1, afs, af hingga loper. Nah, untuk itu di artikel ini saya akan menjelaskan istilah - istilah tersebut agar kamu lebih memahaminya.

Istilah Seri Burung Kenari F1, Afs, Af dan Loper

Mengapa adanya istilah tersebut pada burung kenari ? Istilah tersebut ditujukan untuk membedakan kualitas dari burung kenari. Sehingga kenari yang memiliki kualitas yang bagus, maka harga jualnya pun sangat tinggi. 

Dari mana asal istilah tersebut ? Dari perkawinan silang antara burung kenari import dan lokal, begitu juga dengan seterusnya. Jika masih bingung, kamu bisa membaca keterangan dibawah ini.

1. Istilah kenari f1

Istilah kenari f1
Gambar : kacer.co.id
Istilah huruf "F'' merujuk pada kata filial yang artinya keturunan. Jadi istilah F1 pada kenari merupakan keturunan pertama dari perkawinan silang antara kenari import dan lokal. Jenis kenari import bisa berupa yorkshire, american singer, holland, kenari merah, border dll.

Jadi, anak dari perkawinan silang tersebut itu lah yang mendapat julukan F1. Namun, jika ingin mendapatkan anakan dengan istilah F2. Maka tinggal mengkawin silangkan antara burung kenari import dengan kenari F1. Dan begitu seterusnya.

2. Seri kenari af dan afs

Seri kenari af dan afs
Kenari af/hargaburung.id
Apa yang dimaksud dengan kenari AF ? Kenari af merupakan anakan dari hasil perkawinan silang antara burung kenari F1 dengan kenari lokal. Bagaimana dengan jenis kenari afs ? Untuk istilah kenari afs di dapat dari perkawinan antara F1 dan F1.

3. Kenari loper

Kenari loper
Kenari loper
Kenari loper merupakan jenis kenari yang paling banyak di pelihara oleh para kicau mania. Sebab kenari ini dapat dijumpai di setiap toko burung dimana pun berada. Harganya juga yang paling murah diantara jenis kenari lainnya. 

Istilah loper sendiri di ambil dari hasil kawin silang antara kenari af dengan kenari lokal. Anakan dari perkawinsilangan tersebutlah yang diberi nama loper (lokal super)

Bagaimana, apakah kamu sudah mengerti dengan istilah seri burung kenari diatas ? Jika sudah, saya akan memberikan pemahaman tentang perbedaan dari semua seri yang ada diatas. Yuk baca ulasannya dibawah ini.

Perbedaan Seri Burung Kenari Seri F, Afs, Af dan Loper

Kenari seri F sangat begitu spesial bagi para pecinta kenari dibandingkan seri af, afs maupun loper. Apa yang membuatnya begitu spesial ? Ada banyak faktor mengapa seri f pada kenari begitu spesial. Salah satunya karena merupakan keturunan langsung dari kenari Import yang memiliki harga serta kualitas yang bagus.

Selain itu, seri F ini juga memiliki postur tubuh besar, kaki yang panjang, volume suara lebih keras dan nafas lebih panjang. Kenari ini sangat cocok jika diikut sertakan dalam kontes kicau. 

Untuk seri kenari Af maupun Afs, keduanya sulit untuk dibedakan secara visual dan kualitas. Afs sendiri merupakan kenari Af Super yang dimana istilah tersebut dihasilkan dari perkawinan sesama seri kenari (jika bingung, lihat kembali ulasan diatas). Jadi, jika ingin memiliki kenari dengan seri Afs, sebaiknya membeli langsung dengan peternak terpercaya.

Karena perbedaan keduannya hanya bisa dilihat dari indukan kenari tersebut. Selain itu harga kenari Afs umumnya lebih mahal jika dibandingkan dengan seri Af. Jika dibandingkan dengan seri F maka Af maupun Afs memiliki postur tubuh sedikit lebih kecil saja.

Berbeda dengan kenari loper. Jenis kenari ini memiliki peminat yang sangat banyak, karena harganya sangat terjangkau. Bagi pemula disarankan untuk memelihara kenari loper ini terlebih dahulu. Walaupun harga lebih murah, namun bukan berarti kenari ini tidak memiliki kualitas. Hanya saja kamu harus lebih teliti untuk memilih kenari mana yang memiliki kualitas terbaik.

Karena kenari ini merupakan keturunan terendah, maka ia memiliki ciri yang sangat mudah dikenali. Salah satunya ialah tubuh yang lebih kecil serta ramping, memiliki kepala kecil dan kaki sedikit pendek. Namun ada juga beberapa yang memiliki ukuran tubuh profesional seperti seri af dan afs.

Dari segi suara, kenari ini umumnya memiliki volume suara kecil dan nafas lebih pendek. Namun tidak semua jenis loper memiliki suara kecil. Ada juga beberapa yang memiliki suara keras dan nafas lebih panjang. Namun untuk mendapatkannya, hanya sebuah keberuntungan pada saat membelinya saja.

Baca juga6 Cara Mengobati Burung Kenari Sakit Dan Penyebabnya

Itulah beberapa perbedaan kenari seri F, Afs, Af dan loper. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kamu dalam mengenal istilah seri burung kenari yang sering diucapkan oleh para pemain kenari senior.

Post a Comment for "Memahami Istilah Seri Burung Kenari F1, Afs, Af Dan Loper "