Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Burung Cipoh Dan Fakta Menarik Burung Si Jago Siul

Jenis Burung Cipoh

 Jenis Burung cipoh - Penghobi burung tentu sudah sangat familiar dengan burung kecil mungil ini. Saya pribadi juga memelihara burung ini. Suara burung cipoh yang khas membuat banyak penghobi yang ingin memeliharanya. Walaupun ukuran tubuhnya kecil, tetapi suara yang dimiliki nya terdengar keras dan merdu.

Burung sirtu/cipoh memiliki nama ilmiah Aeghitinidae yang berasal dari daratan India dan Asia Tenggara. Burung yang juga memiliki nama sirtu dan serpu ini dapat dijumpai pada kawasan hutan, perkebunan dan padang rumput. Sesekali ia juga masuk ke pemukiman warga untuk mencari makan. 

Ada 4 jenis burung cipoh yang tersebar di wilayah India dan Asia Tenggara. Untuk di pulau Sumatera sendiri, jenis yang paling familiar adalah burung sirtu ekor hitam. Dari ukuran, burung ini memiliki ukuran tubuh yang sama. Yang membuatnya beda ialah terletak pada bagian ekor yang bewarna hitam.

Menarik nya setiap jenis burung cipoh memiliki suara yang berbeda beda. Di Indonesia, jenis yang paling diminati ialah cipoh kacat. Karena burung ini memiliki peforma yang menawan serta suara yang sangat merdu. 

Jenis Jenis Burung Cipoh yang Ada di Kawasan Asia Tenggara

Cipoh Kacat 

cipoh kacat, sirtu kacat, serpu kacat
Cipoh Kacat

Cipoh kacat tidak hanya tersebar di Indonesia saja. Akan tetapi ada juga beberapa tersebar di kawasan Asia Tenggara seperti : Malaysia dan Philipina. Cipoh/sirtu kacat memiliki ukuran sekitar 14 cm pada usia dewasa. 

Ciri ciri cipoh kacat memiliki bulu warna kuning kehijau hijauan serta terdapat warna hitam dan putih pada bagian sayap. Habitat yang disukainya ialah pada kawasan perkebunan serta alam terbuka terkadang juga di temukan di daerah pegunungan.

Sirtu Ekor Hitam

cipoh ekor hitam, sirtu ekor hitam, serpu ekor hitam
Cipoh ekor hitam

Selain cipoh kacat, jenis burung cipoh lainnya yang ditemui di Indonesia ialah burung cipoh ekor hitam. Cipoh ekor hitam memiliki panjang tubuh sekitar 13 cm. Sedikit lebih kecil dari cipoh kacat. 

Burung ini juga tersebar di Asia Tenggara, terutama Indonesia dan Malaysia. Ciri ciri sirtu ekor hitam ialah berwarna hijau tua dengan garis putih pada sayap, serta ekor yang bewarna hitam.

Cipoh Ekor Putih

cipoh ekor putih, sirtu ekor putih, serpu ekor putih
Cipoh ekor putih

Seperti namanya cipoh ekor putih memiliki ciri khas dimana ekor burung ini memiliki warna putih. Sayangnya, burung ini hanya dijumpai di Srilanka dan India. Penampilannya mirip dengan burung cipoh yang ada di Indonesia. namun spesies ini memiliki tepi berwarna putih pada bulu ekornya. 

Cipoh Besar

cipoh besar, sirtu besar, serpu besar
Cipoh besar

Cipoh besar memiliki warna kuning yang lebih mencolok dibandingkan jenis burung cipoh sebelumnya. Burung ini tidak ditemukan di Indonesia, melainkan ditemukan di Negara Malaysia, Laos, Cina, Kamboja, Vietnam dan Thailand. 

Ciri khas dari cipoh besar terlihat dari warna bulu kuning terang di bagian bawah paruh, leher, perut dan dada hingga ke bawah ekor. Sedangkan di bagian atas kepala, tengkuk dan sayap burung ini memiliki warna hijau zaitun.

Setelah mengetahui jenis burung sirtu diatas. Ternyata burung cipoh ini memiliki fakta menarik yang mungkin anda belum mengetahuinya. Langsung saja simak ulasan dibawah ini.

1. Terdapat 4 jenis burung cipoh yang tersebar di kawasan India dan Asia Tenggara

Burung cipoh hanya terdapat 4 jenis yang tersebar dikawasan India dan Asia Tenggara. Hanya 2 jenis cipoh saja yang terdapat di Indonesia, yaitu cipoh kacat dan sirtu ekor hitam.

2. Memiliki banyak panggilan di Indonesia.

Di Indonesia sendiri burung ini memiliki banyak nama panggilan yang berbeda - beda pada setiap daerah. Di sumatera utara sendiri tepatnya di Medan burung ini terkenal dengan sebutan sirpu/serpu.  Di daerah luar sana ada yang menyebut nya dengan nama sirtu, cipoh, cito, sirdum, dan serdong (ini hanya nama-nama yang saya ketahui saja).

3. Burung yang pemalu.

Nah, burung sirtu memang sangat pemalu. Tak heran ketika melihat manusia burung ini langsung ngacir lalu kemudian bersembunyi. Hal ini yang membuat ia sulit untuk dijinakan. Kecuali dipelihara sejak kecil atau lolohan

4. Memiliki siulan.

Suara siulan yang khas, membuat para pecinta burung sangat mudah mengenalinya. Ia memiliki suara seperti halnya sedang bersiul. Siulannya dapat memancing burung lain agar berbunyi. Siulan ini terdengar merdu di alam liar. Tetapi ketika burung ini dipelihara dari hasil pikatan, suara siulannya sangat jarang tedengar. Kecuali kita memelihara nya sejak anakan atau yang disebut lolohan.

5. Melakukan atraksi pada saat musim kawin.

Ketika memasuki musim kawin, burung cipoh jantan akan melakukan atraksi seperti menegakan bulunya sambil melayang di udara sambil berputar putar, lalu mendekati burung cipoh betina yang menarik perhatiannya. Seperti sedang caper gitu lah.

Selesai juga pembahasan mengenai jenis burung cipoh dan sejumlah fakta menariknya. Semoga dapat menambah pengetahuan untuk kita semua. Terimakasih

Post a Comment for "Jenis Burung Cipoh Dan Fakta Menarik Burung Si Jago Siul"