Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara Mengobati Kucing Mencret Dan Tidak Mau Makan

Cara Mengobati Kucing Mencret

 Gejala kucing mencret sudah sangat umum terjadi pada semua jenis kucing peliharaan. Gejala ini biasanya disebut dengan diare. Ada banyak faktor yang menyebabkan diare pada kucing, salah satunya ialah ketidak sesuaian makanan yang diberikan kepadanya.

Selain itu, terdapat juga beberapa faktor lain yang dapat membuat kucing mengalami diare, diantaranya :

1. Pemberian Susu

Susu yang di khususkan untuk manusia tidak boleh diberikan kepada kucing peliharaan, apalagi kucing domestik. Sebab pemberian susu yang salah, dapat menyebabkan kucing kamu mengalami gangguan pencernaan dan memicu diare.

Jika memang kucing tersebut menyukai susu, maka berikanlah susu yang memang dikhususkan untuk kucing.

2. Alergi  

Alergi pada makanan maupun minuman tertentu dapat memicu kucing menjadi mencret. Karena pencernaannya sangat sensitif, sebaiknya hindari perubahan pemberian makanan yang secara tiba - tiba.

3. Adanya Bakteri dan Virus

Bakteri dan virus dapat menyerang kucing kapan saja dan dimana saja. Serangan bakteri ini dapat menyebabkan kucing mengalami diare, kurangnya nafsu makan dan juga dehidrasi. Biasanya bakteri timbul akibat dari makanan dan minuman yang kebersihannya tidak terjaga.

Setelah mengetahui beberapa penyebab kucing mencret. Mungkin masih banyak yang belum mengetahui bagaimana sih ciri - ciri kucing yang mengalami diare. Berikut ciri - cirinya...

Ciri - Ciri Kucing Mengalami Diare

Pada umumnya kucing yang sedang diare ditandai dengan beberapa ciri seperti berikut ini :

  1. Terdapat kotoran yang menempel pada bagian bulu dekat area anus. Biasannya hal ini terdapat pada kucing yang berbulu panjang/lebat.
  2. Kotorannya cair tidak seperti biasanya.
  3. Kucing lemas dan hilang nafsu makan (beberapa kasus kucing juga mengalami muntah).

Cara Mengatasi Kucing Mencret Serta Hilang Nafsu Makan

Setelah mengetahui penyebab dan beberapa ciri - cirinya. Nah, sekarang kita harus menanganinya dengan cepat agar kucing tidak mengalami keadaan yang lebih parah. Ada beberapa cara yang dianjurkan oleh dokter hewan dan juga yang sering dilakukan oleh para pecinta kucing. Seperti yang sudah saya rangkum dibawah ini.

1. Ganti Makanan 

Jika kucing mengalami diare setelah mengganti makanan. Bisa saja ia alergi terhadap makanan tersebut. Untuk itu, segera mengganti makanan dengan yang lainnya atau mengganti dengan makanan yang sebelumnya diberikan.

Namun jika terpaksa ingin mengganti makanan, sebaiknya lakukan secara perlahan dengan memberikan perbandingan antara makanan baru dengan yang lama. Kamu bisa memberikan dengan perbandingan 1:3 (1 makanan baru dan 3 makanan lama). Lakukan selama 1 - 2 hari dan lihat perkembangannya.

Jika kucing tidak mengalami gejala diare, maka pemberian pakan baru bisa ditingkatkan dihari - hari berikutnya. 

Baca juga9 Makanan Kucing Terbaik Dan Murah Yang Bagus Menyehatkan

2. Berikan Makanan yang Rendah Serat

Makanan yang memiliki kadar serat kasar sekitar 3% sangat cocok diberikan kepada kucing yang sedang mengalami mencret. Untuk itu, belilah makanan khusus untuk kucing yang memiliki pencernaan sensitif. 

Biasanya pemberian makanan dengan serat kasar rendah sangat ampuh mengatasi diare karena sangat mudah dicerna.

3. Berikan Obat Cacing

Di beberapa kasus juga terkadang kucing yang mengalami diare disebabkan oleh parasit cacing. Hal ini juga ditandai dengan hilangnya nafsu makan terhadap kucing peliharaan. Untuk itu tidak ada salahnya jika kucing diberikan obat cacing sebagai penanganan pertama.

4. Berikan Asupan Cairan yang Cukup

Kucing yang mengalami diare membutuhkan asupan cairan yang cukup agar tidak menjadi dehidrasi. Untuk itu, sediakan selalu air bersih sebagai asupan cairannya. Kamu juga bisa mengganti asupan cairannya dengan makanan basah yang dicampur dengan 1 - 2 sendok air biasa atau kaldu sapi maupun kaldu ayam.

5. Berikan Rebusan Tempe

Pernahkah kamu mendengar tempe untuk kucing diare ? Jika belum pernah, tidak ada salahnya jika kamu mencobanya. Sebagian orang mengatasi kucing mencret dengan memberikan rebusan tempe terhadap kucing. 

Jika kucing enggan memakannya, kamu bisa mencampurnya di dalam makanannya. 

6. Memberikan Obat Diare

dokter hewan

Jika ingin memberikan obat diare. Sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter hewan. Sebab pemberian obat ini harus mengikuti anjuran dokter agar tidak terjadi kesalahan dalam pemberiannya.

Itulah 6 cara mengobati kucing mencret yang bisa kamu lakukan dirumah. Jika keadaan kucing tak kunjung membaik, sebaiknya periksakanlah ke dokter hewan agar dapat penanganan yang tepat. 

Post a Comment for "6 Cara Mengobati Kucing Mencret Dan Tidak Mau Makan"