Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merawat Ikan Koi Dikolam Maupun Aquarium Agar Tidak Mati

Cara Merawat Ikan Koi

 Bagi sebagian orang, merawat ikan koi merupakan suatu pembawa hoki bagi yang memeliharanya. Ikan yang disebut berasal dari Jepang ini tidak lah begitu sulit untuk dipelihara. Namun bukan berarti cara merawatnya mudah. Jika tidak paham, bisa saja ikan koi yang kamu pelihara tidak dapat berumur panjang.

Jika dipelihara dengan baik, ikan air tawar ini mampu hidup selama 25 - 35 tahun lamanya, hmm lama juga ya... Nah, bagi kamu yang ingin memelihara ikan ini di kolam ataupun aquarium. Saya akan memberikan panduan cara merawat ikan koi ini agar tidak mudah mati. Langsung saja yuk, simak panduannya dibawah ini.

Memelihara Ikan Koi di Kolam Kecil

Ikan koi di kolam

Karena ikan koi merupakan ikan hias yang sangat sensitif dengan keadaan lingkungannya. Maka ada beberapa aspek yang perlu kamu ketahui jika ingin dipelihara dalam sebuah kolam.

Hal yang harus diperhatikan sebelum memasukan koi ke dalam kolam baru

1. Perhatikan kualitas air kolam

Karena hal ini merupakan salah satu penentu dalam merawat ikan koi. Idealnya suhu air pada kolam harus berada pada suhu 24 - 26 derajat celcius. Selain itu pH air harus berada pada angka 7,2 - 7,4. 

2. Kolam harus terhindar dari zat kimia

Biasanya kolam yang baru saja di semen tentu terdapat zat kimia yang berbahaya bagi ikan koi. Sebaiknya rendam terlebih dahulu kolam tersebut dengan air selama 2 - 3 minggu atau sampai tumbuh lumut disekitar dinding kolam.

Setelah itu, ganti air kolam dengan yang baru dan biarkan selama 5 - 7 hari. Lalu kuras kembali dan isi dengan air yang baru. Nah, disini kamu sudah bisa meletakan ikan koi pada kolam. Namun untuk antisipasi, sebaiknya tempatkan ikan 1 ekor terlebih dahulu. Jika keesokan harinya ikan terlihat sehat, maka kolam tersebut siap digunakan.

3. Memasang filter dikolam

Memasang filter dikolam koi sangat diperlukan untuk menjaga kualitas air pada kolam. Selain itu filter juga dapat mengurai racun ammonia dari sisa proses pencernaan ikan.

Setelah hal tersebut sudah dilakukan dengan benar, maka selanjutnya kamu hanya perlu merawatnya dengan baik dan benar. Adapun yang perlu diperhatikan dalam merawatnya ialah sebagai berikut.

  • Jangan memberikan pelet secara berlebihan, karena hal ini dapat membuat air kolam menjadi cepat kotor. Sebaiknya berikan makanan pelet secukupnya saja. 

  • Kuras air kolam seminggu sekali, agar kebersihan air selalu terjaga.

  • Sesuaikan jumlah ikan koi dengan ukuran kolam, agar ikan dapat tumbuh secara optimal.

  • Jangan lupa memberikan oksigen pada kolam, sebab ikan koi sangat membutuhkan oksigen agar dapat bertahan hidup lebih lama.

  • Jika memungkinkan, letakan beberapa bunga teratai pada kolam sebagai tempat berteduh ikan dari terik sinar matahari. 

Cara Merawat Ikan Koi di Aquarium

Ikan koi di aquarium

Sebenarnya ikan koi tidak cocok jika dipelihara pada sebuah aquarium. Karena ikan ini dapat tumbuh dengan besar dan akan mempersulit ruang geraknya. Namun jika tetap ingin memeliharanya pada aquarium. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya.

  1. Sediakan aquarium yang berukuran cukup besar agar ikan dapat leluasa bergerak bebas.
  2. Belilah ikan koi yang berukuran kecil karena ini sangat tepat jika dipelihara pada aquarium.
  3. Sediakan filter dan juga aerator sebagai oksigen di dalam aquarium. 
  4. Berikan penutup atas pada aquarium untuk mengantisipasi ikan melompat keluar.
  5. Jangan langsung memindahkan ikan yang baru dibeli pada aquarium. Sebaiknya apungkan kantong plastik yang berisi ikan koi selama 10 - 20 menit sebelum memasukannya. Hal ini bertujuan agar koi dapat menyesuaikan suhu air yang berada di aquarium.

Setelah ikan sudah berada dalam aquarium. Selanjutnya berilah makan dengan pelet secukupnya agar sisa makanan tidak mencemari air yang berada di aquarium. Dan jangan lupa pula untuk selalu membersihkan air setidaknya seminggu sekali. 

Tips Saat Membeli Ikan Koi Baru

Ikan Koi Baru

Jika kamu ingin membeli ikan koi baru untuk menambah koleksi di dalam kolam ataupun aquarium. Sebaiknya perhatikan juga beberapa hal berikut ini.

  1. Belilah ikan ditempat terpercaya, baik itu pada kios ikan hias yang ternama dikota maupun langsung dengan peternaknya.
  2. Hindari memilih ikan yang sering mengambang dipermukan dan terlihat lesu.
  3. Jika ingin menambah koleksi ikan, sebaiknya koi yang baru dibeli di karantina  selama beberapa hari terlebih dahulu untuk memastikan bahwa ia terhindar dari bibit penyakit. Sebab penyakit koi ini sifatnya menular dan dapat menyerang ikan - ikan yang sehat sekalipun.
  4. Sebelum memasukan koi ke tempat yang baru. Jangan lupa untuk mengapungkan kantong plastik yang berisi koi selama 10 - 20 menit agar ia dapat menyesuaikan dengan suhu air yang baru.

Nah itulah beberapa cara merawat ikan koi beserta tips saat membeli ikan koi baru. Semoga dengan artikel ini dapat membantu kamu yang baru saja terjun dalam hal memelihara ikan hias jenis koi ini. 

Jika dipelihara dengan mengikuti panduan diatas. Mudah - mudahan ikan koi yang kamu pelihara dapat bertahan hidup lebih lama dan tidak mudah mati.

Post a Comment for "Cara Merawat Ikan Koi Dikolam Maupun Aquarium Agar Tidak Mati"