Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara Mengobati Burung Kenari Sakit Dan Penyebabnya

Kenari Sakit

 Kenari sakit - Menganalisa penyebab kenari sakit memang sangat sulit dilakukan oleh para pemula. Jika salah dalam menganalisisnya, maka penanganannya juga tentu salah pastinya. Akibatnya burung kenari bisa saja mati karena ke tidak pahaman sebagai pemilik dalam mengatasi situasi yang sedang dialami burung.

Dipembahasan ini saya akan memberikan sebuah informasi yang sangat berguna bagi para pemula. Ulasan yang akan saya berikan dibawah ini yaitu mengenai penyebab penyakit kenari dan cara mengobatinya. Dengan mengetahuinya lebih awal, maka nantinya kamu dapat menangani kenari yang sedang sakit dengan langkah - langkah yang benar. 

Tidak hanya itu, diakhir penutupan nanti. Saya juga akan memberikan sebuah tips untuk mencegah kenari dari serangan penyakit. Tidak perlu berlama - lama, langsung saja kita masuk ke topik utama kita yaitu ... 

Penyakit Burung Kenari dan Cara Mengobatinya. 

Ada banyak sekali kasus penyakit yang sering dialami oleh burung kenari. Hal ini sering sekali dialami oleh teman - teman kenari mania. Diantaranya berupa sakit nafas, sakit mata, lemas, saraf, bubul dan penyakit nyilet.  Nah untuk itu mari kita simak apa saja penyebab dan bagaimana cara mengobatinya. 

1. Bakteri E.coli

Bakteri E.coli pada burung

Mungkin nama ini masih terdengar aneh bagi sebagian orang. Namun bakteri E.coli ini sangat berbahaya jika menyerang burung kenari anda. Burung yang terkena penyakit ini biasanya mengalami sesak pada pernafasan. Alhasil jika tidak ditangani dengan cepat, maka burung bisa saja langsung mati dalam waktu beberapa hari.

Penyebab Penyakit E.coli

Kasus E.coli ini memang jarang sekali terdengar dan menyerang burung kenari. Namun dari beberapa informasi yang saya dapat. Penyebab kenari terkena bakteri E.coli ini adalah melalui penularan, keturunan, wadah pakan/minum yang kotor dan sangkar yang dipakai secara bergantian tanpa melalui pensterilan terlebih dahulu. 

Cara Mengobati Penyakit E.coli Pada Burung Kenari

Jika kenari terserang bakteri ini. Maka penanganan yang cepat dan tepat harus segera dilakukan. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan menyendirikan burung dan jangan berdekatan dengan burung lainnya. Kemudian berikan selalu minum dengan air yang sudah matang (jangan air mentah).

Lalu tambahkan multivitamin pada wadah minum setiap harinya. Setelah itu, jangan lupa juga untuk menjemurnya di pagi hari sekitar +- 15 menit saja. Lalu untuk sementara waktu sebaiknya jangan memandikan burung sampai ia benar - benar telah pulih.

2. Kaki Bengkak (bubulan)

kenari terkena bubulan

Penyakit bengkak pada kaki sering terjadi kepada burung kenari yang jarang atau tidak pernah dikrodong sama sekali pada malam hari. Salah satu penyebab utamanya ialah gigitan oleh nyamuk. Kenari sangat sensitif terhadap gigitan nyamuk pada kakinya. Jika tergigit, maka kaki akan mengalami pembengkaan.

Selain itu, serangan bakteri juga dapat mengakibatkan kaki burung kenari menjadi bengkak. Alhasil, kakinya akan terlihat seperti jamuran dan burung pun akan sulit untuk bertengger.

Cara Mengobati Penyakit Bubul Pada Kenari

Langkah awal sediakan kandang/sangkar yang sudah steril atau bersih. Lalu masukan kenari ke kandang yang telah di sterilkan tersebut dan pisahkan dari burung lainnya. Kemudian oleskan salep anti jamur yang dapat dibeli di toko burung terdekat. 

Lakukan pengolesan 3x1 sehari agar kakinya cepat pulih. Dan jangan lupa juga untuk mensterilkan wadah pakan dan minumnya. Berikan minum dengan air matang lalu tambahkan beberapa tetes multivitamin agar burung tidak lemas.

Oh iya, sebelum mengoleskan salep pada kaki. Terlebih dahulu kakinya dibersihkan dengan menggunakan air hangat, ya...

3. Penyakit Snot

penyakit snot pada kenari

Snot memang jarang sekali terjadi pada burung kenari. Namun bukan tidak mungkin kenari tidak bisa terkena snot. Penyakit snot bisa datang kapan saja karena memang penyakit ini sifatnya sangat menular. Burung yang terkena snot akan mengalami mata berair dan sedikit membengkak. 

Jika burung kamu ada yang terkena snot, maka isolasikan lah ia di suatu tempat yang jauh dari burung lainnya. Sebab snot ini sangat mudah sekali menular. Dan jangan lupa juga untuk menstrilkan kandang yang digunakan oleh burung.

Cara Mengobati Penyakit Snot

Walaupun gejalanya terlihat dari mata, namun sebenarnya ini bukanlah sakit pada mata. Menurut info yang saya ketahui dari komunitas burung. Snot ini merupakan sebuah penyakit pernafasan. Namun gejala yang paling kelihatan ialah pada matanya. 

Untuk mengobatinya, kamu hanya perlu memberikan vitamin khusus yang banyak dijual di toko burung. Lalu, teteskan juga obat mata pada matanya sebanyak 1 tetes setiap harinya. Dan jangan lupa juga untuk menjemurnya pada pagi hari selama 10 menit saja.

4. Berak Kapur

cara mengatasi berak kapur pada kenari

Gejala penyakit ini bisa dilihat dari kotoran burung yang cair berwarna putih seperti serpihan kapur dan kondisi burung yang lemas serta lesu. Kenari yang terkena ini juga akan mengalami penurunan nafsu makan. Jadi harus segera diobati jika tidak ingin kehilangan burung kesayangan kamu, nih.

Cara Mengobati Kenari Berak Kapur

Untuk mengatasi hal ini, kamu hanya perlu membersihkan kandang, wadah pakan/minum, tangkringan dengan bahan antiseptik. Setelah steril lalu pindahkan kenari ke kandang tersebut dan asingkan dari burung yang lain. Berikan multivitami dan makanan yang bergizi cukup.

Jangan lupa juga untuk selalu memberikan minum dengan air yang matang. Pantau terus keadaannya sampai burung dapat kembali dengan normal dan nafsu makan menjadi meningkat.

5. Kutuan

mengatasi kenari terserang kutu

Penyebab utama burung terkena kutu ialah melalui penularan. Burung yang kutuan akan selalu menggaruk bagian bulunya bahkan bisa sampai mengalami kerontokan. Selain itu, burung juga tidak sering berkicau akibat rasa gatal yang dialaminya.

Cara Mengobati Kenari Kutuan

Pertama pastikan terlebih dahulu apakah benar burung terserang kutu. Kamu dapat menjemurnya dibawah terik matahari dan nantinya kutu akan terlihat berjalan di sekitar tubuh burung. Jika sudah pasti ada kutunya, kamu bisa membedakin seluruh tubuhnya dengan menggunakan bedak khusus kutu burung.

Bedakin seluruh bagian badan agar kutu mengalami keracunan bedak tersebut. Setelah itu biar kan beberapa detik, lalu sisihkan bulu - bulunya agar kutu tersebut berjatuhan. Lakukan langkah ini sampai kutu sudah tidak terlihat lagi.

6. Cacingan

pengobatan kenari kutuan

Bukan pemiliknya saja yang bisa cacingan, namun burung juga sering terkena hal seperti ini. Burung kenari yang cacingan ditandai dengan hilangnya nafsu makan dan kondisi burung yang lemas. Bahkan ada beberapa kasus, kotoran burung mengeluarkan cacing - cacing yang halus. 

Jika kenari kamu mengalami hal seperti yang sudah dijelaskan di atas. Maka segeralah melakukan penanganan yang tepat, agar kenari kembali sehat.

Cara Mengobati Kenari yang Cacingan

Penyakit cacingan pada kenari sangat mudah untuk di obati. Kamu bisa memberikan obat cacing yang sudah banyak dijual pada toko burung. Biasanya obat tersebut berupa cairan yang akan dicampur dengan air minumnya.

Baca jugaMemahami Istilah Seri Burung Kenari F1, Afs, Af Dan Loper 

Tips Mencegah Kenari Dari Serangan Penyakit

Tips berikut ini bukan hanya untuk burung kenari saja. Namun juga berguna untuk semua jenis burung peliharaan yang sedang kita rawat dirumah maupun di penangkaran. Adapun tipsnya berupa :
  1. Selalu menjaga kebersihan kandang/sangkar burung.
  2. Mengganti air minum dengan yang baru setiap harinya.
  3. Sempatkan menjemur burung pada pagi hari.
  4. Jauhkan burung dari burung lain yang sedang terkena penyakit.
  5. Berikan multivitamin sesering mungkin.
Itulah beberapa tips beserta penyebab kenari sakit dan cara mengobatinya. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu para pemula dalam mengobati burung kenari yang sedang sakit.

Post a Comment for "6 Cara Mengobati Burung Kenari Sakit Dan Penyebabnya"