Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Jenis Kura Kura Hias Yang Memiliki Penampilan Menarik

Kura kura hias

 Bagi kamu yang suka dengan hewan reptil, memelihara kura - kura bisa menjadi pilihan terbaik. Ada banyak sekali jenis kura - kura hias yang bisa kamu pelihara dengan berbagai corak dan bentuk yang menarik. Selain itu, merawat hewan ini juga tidak begitu sulit. Kamu hanya perlu menyediakan tempat yang sesuai dengan kebiasaan hidupnya. 

Bagi kamu yang penasaran, dengan berbagai jenis kura - kura hias. Bisa langsung simak ulasan yang ada dibawah ini.

Jenis Kura Kura Hias Dengan Penampilan yang Menarik

Walaupun kura - kura memiliki banyak sekali jenis dan spesies . Namun ada beberapa jenis yang menurut konten hewan sangat menarik perhatian. Apa sajakah itu ? Langsung saja liat daftarnya di bawah ini.

1. Burmese star tortoise

Burmese star tortoise

Kura - kura burmese merupakan salah satu hewan reptil yang berasal dari hutan Myanmar. Kura - kura darat ini sangat menyukai makanan berupa tumbuh - tumbuhan maupun buah - buahan, seperti sawi putih, kangkung, timun, labu siam, pepaya, mangga, ubi jalar, sawi hijau, kaktus centong dan wortel.

Namun sayang, harga reptil ini bisa dikatakan cukup mahal. Untuk ukuran 7 cm saja harganya bisa mencapai puluhan juta per ekornya. 

2. Sulcata tortoise

Sulcata tortoise

Sulcata merupakan jenis kura - kura yang memiliki umur yang cukup panjang. Selain itu, ia juga sangat mudah beradaptasi pada lingkungan yang baru. Reptil yang satu ini merupakan hewan herbivora yang makanan utamanya ialah sayur - sayuran dan juga rerumputan.

Untuk makanannya sendiri yaitu rumput jerami maupun gandum. Dan berbagai jenis buah - buahan dan sayuran seperti anggur, labu, kaktus centong, daun mint dan daun murbei.

3. Kura - kura trachemys venusta

trachemys venusta

Jenis kura - kura ini merupakan spesies dari kura-kura milik keluarga Emydidae. Reptil ini dapat ditemukan di belahan Meksiko tenggara hingga Kolombia barat laut. Bagi saya, kura - kura ini memiliki motif cangkang yang cukup menarik. Adapun ciri - cirinya sebagai berikut.

  • Corak lingkaran di karapas melebar.
  • Lingkaran hampir memenuhi satu scute.
  • Pada bagian tengah plastron, corak memudar dan hanya menyisakan corak seperti garis ganda.

Kura - kura ini memiliki harga jual yang bisa dibilang cukup mahal. Untuk ukuran 3,5 cm saja dihargai sebesar 500 - 700 ribuan.

4. Kura - kura dada merah

Kura - kura dada merah

Kura - kura dada merah merupakan salah satu jenis reptil yang banyak dipelihara. Seperti namanya, kura - kura ini memiliki ciri yang ditandai dengan warna merah pada dada. Saat usia dewasa, hewan ini dapat tumbuh hingga mencapai 30 cm. 

Kura - kura ini memiliki sifat semi-aquatic yang dimana ia dapat hidup di air tawar maupun darat. Namun, di alam liar ia biasa hidup di air tawar seperti sungai, danau, laguna dan kolam.

Untuk makanannya sendiri, ia dapat diberikan makan berupa cacing beku, sutra, ulat hongkong, ikan kecil, udang dan juga pelet. 

5. Kura - kura picta belly

Kura - kura picta belly

Kura - kura picta belly merupakan salah satu jenis reptil yang dapat hidup di dua alam, baik itu perairan maupun daratan. Di alam liar kura - kura ini sering memangsa ikan - ikan kecil maupun udang. Jika dipelihara, biasanya ia akan diberi makan berupa pelet maupun cacing sutra dan cacing beku.

6. Leopard tortoise

Leopard tortoise

Leopard tortoise merupakan salah satu jenis kura darat yang berasal dari africa dan merupakan hewan yang tidak menyukai kelembapan. Reptil ini termasuk sensitif terhadap lembab udara karena dapat membuatnya menjadi sakit. 

Jadi ketika dipelihara juga harus membutuhkan sebuah usaha yang ekstra, salah satunya menyediakan tempat yang kering dan juga hangat.

7.  Cherry head tortoise

Cherry head tortoise

Di alam liar, kura jenis ini biasanya hidup di sepanjang sungai dekat tepi hutan di Negara Brazil. Seperti namanya,  kura ini memiliki warna merah atau orange pada bagian kepala maupun juga kakinya. Jenis ini juga dikenal memiliki indera penciuman yang baik. Dan mereka biasanya dapat merasakan sentuhan sekecil apa pun itu. 

Selain itu, kura - kura ini tidak begitu terlalu teritorial terhadap lingkungannya. Akan tetapi saat memperebutkan betina, kura - kura jantan bisa menjadi agresif dan saling melukai satu sama lain. 

8. Hermanni tortoise

Hermanni tortoise

Jenis ini termasuk ke dalam kura - kura kecil yang memiliki masa hidup hingga 75 tahun lamanya. Saat dewasa ia hanya dapat tumbuh berkisar 7 - 9 cm saja. Di alam liar, biasanya reptil ini berburu makanan berupa serangga , siput dan beberapa bangkai. 

Namun saat dipelihara, ia juga dapat diberikan makanan berupa sayuran maupun buah - buahan seperti brokoli, kubis, kembang kol, timun, wortel, anggur,  melon dan strawberi dalam jumlah yang terbatas. 

Baca juga10 Rekomendasi Makanan Kura Kura Peliharaan Yang Baik 

Itulah 8 jenis kura - kura hias yang memiliki penampilan menarik versi konten hewan. Bagaimana menurutmu ? 



Post a Comment for "8 Jenis Kura Kura Hias Yang Memiliki Penampilan Menarik"