Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rahasia Lovebird Ngekek Panjang 1 Menit Tanpa Doping

Lovebird Ngekek Panjang

 Membuat lovebird ngekek panjang membutuhkan perawatan dan kesabaran bagi si pemilik. Namun, jika berhasil maka ini merupakan suatu usaha yang tidak sia - sia. Di luar sana banyak pemilik lovebird yang menginginkan burungnya dapat ngekek dengan panjang seperti lovebird yang melegenda yaitu kusumo.

Namun, tidak sedikit pula yang kecewa karena lovebirdnya tidak dapat ngekek dengan seperti yang di inginkan. Nah, bagi kamu yang baru pemula dalam memelihara lovebird. Ada beberapa rahasia yang harus kamu ketahui sebelum menginginkan lovebird ngekek panjang sampai 1 menit tanpa menggunakan doping.

Mau tau apa saja rahasianya, langsung saja simak ulasan yang ada dibawah ini.

Bongkar Rahasia Lovebird Para Jawara yang Ngekek Panjang Sampai 1 Menit Bahkan Lebih

Selain perawatan, ada banyak rahasia yang mungkin saja belum kamu ketahui bagaimana cara lovebird agar bisa mengeluarkan suara ngekek yang panjang. Untuk itu langsung saja simak rahasianya dibawah ini.

1. Garis keturunan

Hampir rata - rata lovebird yang mampu ngekek dengan panjang merupakan hasil dari keturunan yang juga memiliki suara ngekek yang panjang. Sebab indukan yang berkualitas tentu juga akan menghasilkan anakan yang berkualitas. Namun bukan berarti lovebird obyokan tidak bisa ngekek lebih panjang. 

Semua lovebird dapat ngekek dengan panjang. Namun durasinya saja yang sedikit berbeda. Dan prosesnya juga lumayan panjang dan membutuhkan kesabaran serta ketekunan yang ekstra.

2. Memasterkan dari lolohan

Memelihara lovebird dari lolohan saja tidak cukup kalau tidak diimbangi dengan pemasteran yang rutin. Pemasteran dengan menggunakan suara lovebird ngekek panjang sangat dianjurkan pada usia anakan atau masih lolohan. Namun banyak yang salah dalam penerapannya. 

Waktu pemasteran yang baik untuk lovebird anakan ialah pada saat setelah ia selesai diloloh. Lakukan pemasteran setiap 1 - 2 jam saja. Kemudian berikan jedah sampai ia diberi makan kembali, lalu masterkan lagi selama 1 - 2 jam. Ketika memasuki waktu tengah malam. Berhentikan pemasteran agar ia beristirahat dengan tenang.

Ketika shubuh tentu anakan sudah mulai lapar dan meminta makanan, bukan. Nah setelah memberi makan, maka jangan lupa memasterkannya lagi. Kenapa harus selesai makan ? Karena jika lovebird laper maka ia akan berkicau dan tidak fokus untuk mendengarkan suara pemasterannya.

Hal ini yang membuat burung tidak menangkap apa yang ia dengarkan selama ini. Jadi hindari memasterkan burung ketika sedang lapar.

3. Makanan

makanan burung lovebird

Makanan juga sangat berpengaruh untuk memancing burung menjadi rajin berkicau. Tidak hanya biji - bijian saja, lovebird juga membutuhkan makanan tambahan untuk memancing birahinya agar cepat naik. Adapun makanan tambahannya berupa jagung manis, kangkung dan juga toge. 

Kamu bisa memberikan salah satu makanan tambahan tersebut minimal 1 minggu dua kali. 

4. Kenali karakter burung

Apa pentingnya kita harus mengenali karakter lovebird ? Jadi begini, ketika kita sudah mengetahui apa keinginan dan kesukaannya. Tentu burung akan merasa nyaman dan senang ketika berada di sekitar kita. 

Burung yang sudah nyaman pada lingkungannya, akan setiap hari berkicau pagi, siang, sore bahkan malam sekalipun. Namun sayang, pengenalan karakter pada burung masih banyak yang belum mengetahuinya, khususnya bagi pemula.

Jadi begini, saya akan memberikan sedikit contoh sederhana dalam pengenalan karakter pada burung lovebird. "Jika sedang memandikan burung dengan menggunakan semprotan. Kamu bisa memperhatikan tingkah laku dari si burung tersebut''.

Jika pada saat dimandikan burung lasak/grabakan, maka ia tidak menyukai mandi dengan cara di semprot. Kamu bisa memberikan wadah khusus agar ia mandi dengan sendirinya kapan ia mau. Begitu juga berlaku untuk sebaliknya.

Dari contoh diatas. Maka kamu sudah mengetahui salah satu dari karakter burung. Jadi kamu hanya perlu mengikuti kemauannya agar ia merasa nyaman dan tidak tertekan. Kamu hanya perlu menyediakan wadah untuk tempat ia mandi nantinya.

Nah begitulah salah satu contoh mengenali karakter burung. Semoga kamu sudah memahaminya.

5. Pola perawatan

Pola perawatan menjadi kunci dari rahasia ini. Banyak yang merasa merawat burung sudah benar, tapi kenapa tak kunjung rajin ngekek panjang, ya ? Jadi begini, pola perawatan yang berubah dapat membuat mood burung menjadi berubah tentunya. 

Ketika kita bertanya kepada sang pemilik burung jawara tentang perawatan burungnya. Pastinya mereka akan menjawab perawatan yang ''konsisten". Ketika mereka menjabarkan pola perawatannya. Apakah perlu kita tiru ? Tentu tidak bisa. Sebab karakter burung mereka dengan kita sangat berbeda.

Ketika kita melakukan pola perawatan dengan cara kita sendiri. Jangan pernah sesekali merubahnya dengan cara yang dilakukan orang lain. Hal ini lah yang dapat merubah mood burung bahkan yang lebih parah burung menjadi malas berkicau.

Contohnya begini, ''yang tadinya burung kita tidak suka mandi dengan cara disemprot sekarang malah kita mandikan dengan cara seperti itu karena mengikuti pola perawatan burung jawara''. Hasilnya apa ? Tentu burung yang kita miliki merasa tidak nyaman, karena harus menghindar dari semprotan air yang sering kita lakukan.

Jadi hindarilah hal yang seperti ini agar burung tetap nyaman dengan pola perawatan yang biasa kita terapkan. Ketekunan dan kesabaran dalam merawat lovebird menjadi salah satu kunci sukses agar lovebird dapat seperti yang kita harapkan. 

6. Terapi khusus

Terapi pengumbaran dengan metode kandang ayun
Terapi pengumbaran dengan metode kandang ayun

Jika ingin melakukan terapi, sebaiknya dilakukan sedini mungkin atau pada saat awal membeli lovebird. Tujuannya ialah agar burung nantinya terbiasa dengan terapi yang sudah diterapkan. Ada banyak cara terapi yang bisa kamu lakukan untuk mendongkrak peforma ngekeknya, diantaranya :

  • Pengumbaran dikandang yang cukup besar
  • Penjemuran yang berlebihan
  • Pengembunan pada shubuh hari (dilakukan setiap hari)
  • Mandi malam ketika cuaca tidak sedang hujan (tidak disarankan bagi burung yang tidak suka dimandikan)
  • Mandi hujan (tidak disarankan bagi burung yang tidak suka dimandikan)

Kamu bisa memilih salah satu terapi diatas dan lakukan terapi minimal seminggu atau dua minggu sekali. Lakukan terapi dengan jeda waktu yang singkat terlebih dahulu. Agar burung tidak drop nantinya.

7. Usia burung

Usia juga menjadi faktor penting untuk melatih burung agar dapat ngekek dengan panjang. Kamu bisa memeliharanya dari loloh ataupun saat burung usia maksimal 4 bulanan. Karena di usia tersebut, burung masih bisa dilatih agar mampu ngekek panjang bahkan sampai bermenit - menit.

Baca jugaCara Membedakan Jenis Kelamin Lovebird Secara Akurat

Itulah beberapa rahasia lovebird ngekek panjang tanpa menggunakan doping sekalipun. Nah bagaimana jika semua pola perawatan sudah konsisten, makanan kesukaanya selalu diberikan dan juga terapi selalu rutin dilakukan. Namun lovebird tidak juga dapat ngekek sampai bermenit - menit tanpa jeda ?

Jika semua usaha sudah kita lakukan dengan maksimal namun lovebird juga tidak mampu ngekek sampai 1 menit lamanya. Maka itu bukan salah dari perawatan, melainkan dari kemampuan burungnya itu sendiri. 

Jika kamu memiliki pendapat yang berbeda dari pembahasan mengenai rahasia lovebird ngekek panjang ini. Bisa menambahkannya di kolom komentar, ya . . .

Post a Comment for "Rahasia Lovebird Ngekek Panjang 1 Menit Tanpa Doping"