Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Makanan Kelinci Yang Boleh Dan Tidak Boleh Diberikan

Makanan kelinci

Bagi para pemula, mungkin sayuran wortel merupakan salah satu makanan utama bagi kelinci. Padahal wortel bukan lah suatu makanan utamanya, melainkan hanya sebagai pakan tambahan saja. Selain wortel, ada banyak makanan kelinci yang bisa kamu berikan, seperti rumput dan juga pelet khusus kelinci.

Agar kelinci cepat besar, ada beberapa makanan yang sangat baik untuk menunjang pertumbuhannya. Namun, ada juga beberapa makanan kelinci yang pemberiannya harus dibatasi atau tidak diberikan sama sekali. Untuk itu, saya sudah mengulas semuanya dibawah ini.

Jenis Makanan Kelinci yang Bagus Untuk Pertumbuhan

Agar kelinci dapat tumbuh kembang dengan baik. Kamu dapat memberikan makanan yang memiliki protein yang cukup untuk pertumbuhannya. Adapun makanan yang bagus dijadikan sebagai makanan utamanya ialah sebagai berikut :

Rumput

Rumput gajah
Rumput gajah

Rumput merupakan pakan utama yang paling bagus untuk diberikan kepada kelinci. Ada beberapa jenis rumput yang boleh kamu berikan diantaranya, rumput alfafa, timothy, rumput gajah, rumput teki dan jerami yang banyak diperjualbelikan sebagai makanan kelinci.

Rumput juga sangat baik untuk diberikan kepada kelinci yang masih usia 2 bulan atau 3 bulan. Karena jenis makanan sangat mudah dicerna dan paling aman diberikan kepada kelinci anakan.

Namun, kamu juga harus pastikan rerumputan tersebut bebas dari bahan pestisida.

Pelet kelinci

Pelet kelinci

Selain rumput, pelet juga bisa dijadikan sebagai makanan utama untuk kelinci peliharaan khususnya anggora. Pelet mengandung banyak nutrisi dan protein yang cukup untuk pertumbuhan kelinci. 

Pelet khusus kelinci sangat mudah di temukan pada toko - toko hewan terdekat. Dan tersedia juga pada marketplace yang ada di Indonesia.

Selain kedua pakan diatas. Ada juga beberapa makanan selingan yang bisa kamu berikan pada kelinci namun dengan jumlah yang terbatas. Apa saja itu ? Berikut daftar jenis makanannya :

1. Wortel

wortel untuk kelinci

Banyak yang belum tau bahwa memberikan wortel yang berlebihan dapat memicu terjadinya obesitas pada kelinci. Hal ini disebabkan karena wortel memiliki kandungan glukosa yang sangat tinggi. Selain itu, tekstur yang cukup keras juga dapat merusak bagian gigi pada kelinci.

Kamu dapat memberikan wortel sesekali saja sebagai pakan selingannya. Jangan jadikan sayuran ini sebagai pakan utamanya. Namun demikian, daun pada wortel sangat aman di komsumsi oleh kelinci.

2. Kangkung

Kangkung

Selain wortel, kangkung juga salah satu makanan yang pemberiannya harus dikurangi. Walaupun kangkung memiliki manfaat anti stres pada kelinci. Namun jika dijadikan sebagai pakan utama, maka dapat membahayakan sistem pencernaannya. 

Sayuran ini mengandung oksalat yang dapat mengikat kalsium. Apabila kandungan tersebut banyak terdapat pada pencernaanya, maka kelinci akan kekurangan kalsiumnya. 

Jika ingin diberikan sebagai pakan tambahan/selingan, maka kangkung harus dilayukan terlebih dahulu. Namun tetap jaga kebersihannya dan pastikan terhindar dari pestisida. Jika kebersihan kangkung tidak terjaga, maka bakteri yang ikut terkomsumsi dapat menyebabkan diare pada kelinci tersebut.

3. Sayur kol

Sayur kol

Sayuran kol memiliki kandungan gas yang cukup tinggi yang dapat membuat perut kelinci menjadi kembung. Sebaiknya berikan sayuran ini dalam jumlah terbatas dan jangan berikan sesering mungkin.

4. Kentang

kentang

Walaupun memiliki kandungan pati yang cukup tinggi. Kentang masih diperbolehkan untuk diberikan kepada kelinci namun hanya sebagai pakan selingan saja. Bukan untuk dijadikan sebagai utamanya. Namun ingat jangan sesekali memberikan daun kentang karena cukup berbahaya bagi si kelinci.

Selain makanan diatas, ada beberapa makanan kelinci yang sama sekali tidak dianjurkan untuk diberikan karena dapat membahayakan kesehatannya. Apa saja itu ? langsung saja simak ulasan dibawah ini.

Jenis Makanan yang Tidak Boleh Diberikan Kepada Kelinci

1. Selada bokor

Selada bokor

Sayuran ini tidak dianjurkan untuk diberikan kepada kelinci sebagai makanan selingan maupun tambahan. Sebab  sayuran ini merupakan salah satu penyebab terjadinya diare pada kelinci. Hal ini di dasari karena tingginya kadar air yang ada pada selada bokor ini.

2. Bawang

bawang, chives, lokio

Bawang putih, merah dan jenis sayuran chives maupun lokio sangat tidak diperbolehkan untuk makanan keinci. Karena jenis sayuran ini dapat membuat kelinci kehilangan sel darah merah. Hal ini tentu saja dapat merenggut nyawa hewan tersebut.

3. Alpukat

alpukat

Mungkin banyak yang sudah tau bahwa alpukat merupakan salah satu makanan yang tidak boleh diberikan kepada kelinci. Pemberian alpukat dapat membuat kelinci menjadi obesitas yang beresiko mempersingkat masa hidupnya.

4. Cokelat

cokelat

Jangan pernah sesekali memberikan cokelat terhadap kelinci kesayangan kamu. Pemberian cokelat dapat memberikan efek samping pada sistem saraf dan stimulasi jantung yang dapat membuat kelinci menjadi kejang.

5. Roti

roti

Memberikan roti terhadap kelinci sebaiknya juga harus dihindari. Sebab jika terkomsumsi maka dapat menumbuhkan bakteri clostridium yang berlebihan di sekum kelinci. Dan hal ini dapat berakibat fatal terhadap hewan kesayangan mu.  

Baca jugaCara Merawat Kelinci Anggora Dan Lokal Dengan Baik

Itulah beberapa jenis makanan kelinci yang boleh dikomsumsi dan yang tidak boleh untuk dikomsumsi kepada kelinci. Jika menurut kamu ada yang kurang dari pembahasan diatas, boleh menambahkannya di kolom komentar, ya.





    

Post a Comment for "Jenis Makanan Kelinci Yang Boleh Dan Tidak Boleh Diberikan"